Ada beberapa macam profil wirausaha:

1.    Woman entrepreneur. Wirausahawan Perempuan.

Banyak wanita yang terjun dalam bidang bisnis dengan alasan mau menekuni bidang seperti ingin memperlihatkan kemampuan kinerjanya, membantu ekonomi rumah tangga, frustasi terhadap pekerjaannya. 


2.   Minority Entrepreneur. Wirausahawan minoritas.

Kaum   minoritas   terutama   di   negara   kita   Indonesia   kurang   memiliki kesempatan  kerja  di  bidang  pemerintahan.   Mereka  berusaha   menekuni kegiatan  bisnis  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Para  perantau  dari  daerah tertentu yang menjadi kelompok minoritas pada suatu daerah, mereka juga giat mengembangkan bisnis.

3. Immigrant Entrepreneurs. 

Wirausahawan imigran Kaum pendatang yang memasuki suatu daerah biasanya sulit memperoleh pekerjaan formal. Mereka lebih leluasa mencari pekerjaan yang bersifat non formal   yang   dimulai   dari berdagang  kecil-kecilan  sampai  berkembang menjadi perdagangan tingkat menengah.

4. Part  Time  Entrepreneurs.  

Wirausahawan  paruh  waktu  Memulai  bisnis dalam mengisi waktu lowong atau part time merupakan pintu gerbang untuk berkembang menjadi usaha besar. Bekerja part time tidak mengorbankan pekerjaan di bidang lain misalnya seseorang pegawai mencoba mengembangkan hobinya untuk berdagang atau mengembangkan suatu hobi yang  menarik.  Apabila  bisnis  ini  lebih  maju,  pegawai  itu  berhenti  dari pegawai  dan  beralih  profesi  kebisnis  yang  disenangi  yang  merupakan hobinya.

5. Home Based Entrepreneur. 

Wirausahawan di Rumah Banyak ibu-ibu yang memulai kegiatan bisnis rumah tangga, misalnya ibu-ibu pandai membuat kue atau aneka masakan, mengirim kue-kue ke toko di sekitar tempat tinggalnya. Usaha tersebut makin lama makin maju. Juga usaha catering yang dimulai dari rumah tangga  yang  hobi  memasak,  kemudian  usaha  tersebut  berkembang melayani pesanan untuk pesta.

6. Family Owned Business. 

Bisnis Keluarga, Suatu  bisnis   yang   melbatkan dua  atau  lebih   angggota  keluarga  yang mengendalikan keuangan perusahaan.

Sebuah keluarga membuka berbagai jenis dan cabang usaha. Mungkin usaha keluarga yang telah dirintis oleh bapaknya, setelah maju dibuka cabang baru yang dikelola oleh ibu.

Kedua perusahaan ini maju dan membuka beberapa cabang lain yang mungkin jenis usaha berbeda atau lokasinya berbeda. Usaha ini dikembangkan dan dikelola oleh anak-anaknya.

Dalam keadaan sulitnya lapangan kerja, banyak perusahaan yang memberhentikan pegawai,  banyak pengangguran dimana-mana, perusahaan banyak yang ditutup sehingga kegiatan semacam ini perlu dikembangkan, mungkin dapat membantu saudara-saudara yang PHK atau pengangguran. 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama