Facebook SDK

Tujuan Pengendalian Dalam Sistem Buku Besar Dan Pelaporan hampir sama dengan tujuan dalam siklus SIA lainnya yang didiskusikan dalam bab-bab sebelumnya:

  1. Semua pembaruan ke buku besar diotorisasi dengan benar.
  2. Semua transaksi buku besar yang dicatat, valid.
  3. Semua transaksi buku besar yang valid dan diotorisasi, telah dicatat.
  4. Semua transaksi buku besar dicatat secara akurat.
  5. Data buku besar dijaga dari kehilangan atau pencurian.
  6. Aktivitas sistem buku besar dilakukan secara efisien dan efektif.

Dokumen dan catatan yang didesain dengan baik memainkan peranan penting dalam mencapai tujuan ini. Entri data secara on-line oleh bendahara dan kontroler, seperti yang diperlihatkan pada artikel sebelumnya, memfasilitasi pencatatan ayat jurnal buku besar secara efisien dan akurat. Dalam situasi semacam ini, menggunakan pengendalian aplikasi yang tepat, seperti pemeriksaan validitas dan pemeriksaan field (format), meningkatkan akurasi entri data. Mencatat orang yang mengisi dan meninjau formulir tersebut, akan memberikan bukti bahwa ayat jurnal telah diotorisasi dengan benar.

Memberikan nomor cetakan ke semua ayat jurnal, akan memfasilitasi pemeriksaan semua transaksi yang telah dicatat. Membatasi akses ke program buku besar akan makin mengurangi risiko transaksi yane tidak sah.

Tabel 15-1 Ancaman dan Pengendalian dalam Buku Besar dan Pelaporan Proses/ aktivitas 


Tabel 15-1 mencantumkan berbagai ancaman dan eksposur (exposures) utama dalam sistem pelaporan keuangan dan buku besar, bersama dengan prosedur pengendalian yang dapat diterapkan untuk menguranginya. Oleh karena sistem buku besar dan pelaporan hanya melibatkan aktivitas pemrosesan informasi, terdapat lebih sedikit ancaman daripada dalam siklus SIA lainnya. Lagipula, ancaman dalam sistem buku besar dan pelaporan terutama berhubungan dengan perusakan, penghilangan, atau penghancuran data. Mari kita sekarang mempelajari prosedur pengendalian yang dapat digunakan untuk menangani ancaman-ancaman ini.


Ancaman 1: Kesalahan dalam Memperbarui Buku Besar

Kesalahan yang dibuat sewaktu memperbarui buku besar dapat mengarah pada pembuatan keputusan yang tidak benar berdasarkan informasi salah yang terdapat dalam laporan kinerja keuangan. Prosedur pengendalian untuk menangani ancaman ini terbagi dalam tiga kategori: pengendalian edit input dan pemrosesan, laporan rekonsiliasi dan pengendalian, serta pemeliharaan jejak audit yang mencukupi. 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama