Facebook SDK

Anggaran operasional memperlihatkan pendataan dan pengeluaran yang direncanakan untuk setiap unit organisasi. Anggaran pengeluaran modal memperlihatkan perkiraan aliran masuk dan keluar kas untuk setiap proyek. Anggaran arus kas membandingkan perkiraan aliran kas masuk dari kegiatan operasi dengan perkiraan pengeluaran, dan digunakan untuk menetapkan kebutuhan peminjaman. Laporan anggaran dan kinerja harus dikembangkan atas dasar akuntansi pertanggungjawaban. 

Akuntansi pertanggungjawaban melaporkan hasil keuangan atas dasar tanggung jawab manajerial di dalam organisasi. Hasilnya adalah serangkaian laporan berkaitan, yang merinci kinerja keseluruhan organisasi berdasarkan subunit tertentu, seperti yang diperlihatkan dalam Gambar Dibawah. 

Ingatlah bahwa setiap laporan mencerminkan biaya aktual dan penyimpangan dari anggaran untuk bulan sekarang, dan awal tahun hingga hari ini, tetapi hanya untuk bagian-bagian yang berada dalam kendali manajer subunit tersebut. Ingatlah juga bahwa sifat hierarki dari laporan adalah: Total biaya setiap subunit ditampilkan sebagai satu bagian dalam laporan berikutnya yang lebih tinggi tingkatnya.

Isi laporan kinerja berdasarkan anggaran harus dibentuk berdasarkan sifat unit yang dievaluasi. Contohnya, banyak departemen produksi, jasa, dan administrative diperlakukar sebagai pusat biaya. Oleh karenanya, laporan kinerja mereka, seperti yang diperlihatkar dalam Gambar 15-4, harus menekankan kinerja aktual dan yang dianggarkan, atas hal biaya yang dapat dikendalikan (biaya-biaya yang dapat dipengaruhi secara langsung oleh manajer unit). 

Sebaliknya, departemen penjualan sering kali dievaluasi sebagai pusat pendapatan. Akibatnya, laporan kinerja mereka harus membandingkan penjualan actual dengan prediksi penjualan, dirinci berdasarkan kategori produk dan wilayah yang sesuai. Beberapa departemen, seperti TI dan utilitas, membebani unit lainnya atas layanan mereka dan dievaluasi sebagai pusat laba. 

Dalam kasus ini, laporan kinerja harus dengan benar membandingkan pendapatan, pengeluaran dan laba yang aktual, dengan jumlah anggaran masing-masing. Apabila pabrik, divisi, dan unit operasi yang independen diperlakukan sebagai pusat investasi, laporan kinerja mereka harus memberikan data untuk menghitung tingkat pengembalian investasi unit tersebut. 

Gambar Contoh Serangkaian Laporan untuk Sistem Akuntansi Pertanggungjawaban
Gambar Contoh Serangkaian Laporan untuk Sistem Akuntansi Pertanggungjawaban

Apa pun dasar yang digunakan untuk membuat laporan kinerja anggaran, metode yang digunakan untuk menghitung standar anggaran adalah hal yang penting. Pendekatan yang paling mudah adalah membuat target tetap untuk tiap unit, menyimpan target tersebut ke dalam database, dan membandingkan kinerja aktual dengan nilai yang ditetapkan tersebut. Salah satu kelemahan utama dalam pendekatan ini adalah angka anggaran statis dan tidak mencerminkan perubahan tidak terduga dalam lingkungan operasi. 

Akibatnya, tiap manajer dapat dipenalti atau diberi penghargaan atas faktor­ faktor yang berada di luar kendali mereka. Contohnya, anggaplah bahwa jumlah anggaran dalam Gambar 15-4 untuk supervisor umum didasarkan pada output terencana sebesar 2.000 unit. Akan tetapi, jika karena adanya penjualan yang lebih besar daripada yang diperkirakan, produksi aktual adalah 2.200 unit, maka penyimpangan selisih negative untuk setiap kategori biaya tidak benar-benar menunjukkan inefisiensi, tetapi hanya mencerminkan peningkatan tingkat output.

Solusi atas masalah semacam ini adalah mengembangkan anggaran fleksibel, yang jumlah anggarannya berbeda sehubungan dengan beberapa pengukuran aktivitas organisasi. Dalam hal contoh sebelumnya, anggaran fleksibel akan mencakup pembagian anggaran untuk setiap baris anggaran dalam departemen tempat supervisor umum, ke dalam komponen biaya tetap dan variabel. Dengan cara ini, standar anggaran akan secara otomatis disesuaikan untuk peningkatan (atau penurunan) apa pun dalam produksi. Jadi, perbedaan apa pun antara standar yang disesuaikan dengan biaya aktual, dapat diartikan lebih tepat. 


Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama