Facebook SDK

Fungsi dan Proses Manajemen Usaha

Seorang pengusaha baik Usaha mikro, kecil atau menengah adalah seorang Manajer. Tugas utama seorang Manajer melakukan kegiatannya adalah bekerja dengan  dan melalui  orang  lain  dengan mengkoordinasikan  kegiatan kegiatan mereka untuk mencapai sasaran organisasi usaha. Secara sederhana manajemen adalah pekerjaaan yang dilakukan oleh manajer. Manajemen sebagai proses mengkoordinasi kegiatan kegiatan pekerjaan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain.

Proses menggambarkan fungsi fungsi yang sedang berjalan atau kegiatan kegiatan utama yang dilakukan oleh Manajer. Fungsi-fungsi tersebut lazimnya disebut merancang, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan sebagai fungsi dasar manajemen.  Dalam kaitan  ini dapat  dibedakan kedudukan  manjerial dan  non- manajerial atau posisi manajer dan karyawan. Terdapat unsur lain yang masuk dalam manajemen yaitu efisien dan efektif.


Efisiensi mengacu pada memperoleh keluaran (output) terbesar dengan masukan (input) terkecil. Efisiensi juga dapat diartikan sebagai ”melakukan segala sesuatu secara benar”, artinya tidak memboroskan sumberdaya. Manajemen juga sangat memperhatikan efektifitas menyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran organisasi dapat tercapai. Efektivitas sering menggambarkan sebagai ”melakukan segala sesuatu yang benar yaitu, aktivitas-aktivitas pekerjaan yang membantu organisasi mencapai sasaran. Dalam organisasi yang sukses efisiensi yang tinggi terjadi bersama sama dengan efektivitas yang tinggi, seperti dapat dilihat pada Bagan 2.1.

Sebagai contoh seorang manajer usaha mikro dalam bidang kerajinan adalah bagaimana membuat bahan baku yang dibuat memberikan hasil yang terbesar dengan masukan yang terkecil. Jadi proses pembuatan itu harus dirancang penggunaan bahan bakunya yang sedikit tetapi memperoleh hasil kerajinan yang banyak dan bermutu, bagaimana  mengatur karyawan pengrajin dan memimpin mereka melaksanakan pekerjaan dengan baik dan mengawasi dan mengendalikan pekerjaan mereka agar  mencapai sasaran yang diinginkan oleh organisasi atau manajer yang menjadi pemilik usaha kerajinan tersebut. Usaha kerajinan sebagai contoh diatas dapat merupakan usaha mikro jika karyawannya kurang dari 4 orang atau usaha kecil jika karyawannya antara 5-19 orang atau usaha menengah jika karyawannya 20-100 orang.

Fungsi  fungsi  manajemen  dapat  diringkas  menjadi  empat  fungsi  dasar  dan paling penting: merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan seperti dapat dilihat pada Bagan 2.2.
Merencanakan
Mengorganisasi
Memimpin
Mengendalikan
Fungsi ini
mencakup menetapkan sasaran, menetapka
strateji, dan menyusun rencana untuk memadukan dan mengkoordinasikan sejumlah kegiatari untuk mencapai sasaran.
Fungsi ini
mencakaup menentukan apa n yang perlu dilakukan, bagaimana cara melakukan, dan siapa yang harus melakukan, dan siapa melapor kepada siapa.
Tugas
manajemen adalah bekerja dan melalui orang lain,
fungsinya adalah mengarahkan dan
memotivasi, mempengaruhi
dan individu atau
tim untuk
bekerja, memilih saluaran komunikasi yang efektif atau menyelesaikan konflik
Fungsi ini untuk
menjamin sesuatu berjalan sebagaimana mestinya dengan memantau dan menilai kinerja dengan membandungkan koinerja aktual dengan sasaran yang yang telah ditetapkan.
Fungsi-fungsi bertujuan untuk Men          ?hasilkan:         ian tujuan yang dinyatakan oleh organisasi


Bagan 2.2 Fungsi Fungsi Dasar Manajemen


Proses manajemen merupakan serangkaian keputusan dan kegiatan kerja seorang manajer atau pebisnis UMKM sewaktu merancang, mengatur, atau menorganisasi, memimpin atau melaksanakan kegiatan usaha dan mengnendalikan usahanya.

Maknanya adalah bahwa setiap waktu manajer itu melakukan pekerjaan pengelolaan usahanya, kegiatan para pebisnis itu seringkali dilakukan secara terus menerus tiada henti yakni dalam suatu proses. Para manajer atau pebisnis atau usahawan memiliki beberapa peran manajer tanpa memperdulikan jenis organisasi atau tingkatan di dalam organisasi adalah menjalankan peranan yang sama dan yang berkaitan dengan perilaku:

1. Peran  antar  pribadi;  adalah  merupakan  peran  komunikasi  antar  orang (misalnya memberikan sapaan kepada pihak pelanggan atau calon pembeli dalam hal menawarkan produknya), peran manajerial (misalnya antara pimpinan dan karyawan atau bawahan dan orang di luar organisasi) dan sebagai  penghubung  antara  usahanya  dengan  calon  peminjam,  pembeli produk dengan pengusaha lain yang sama atau sesama UMKM;
2. Peran informasional yang meliputi menari dan menerima mengumpulkan informasi (untuk meningkatkan usaha, melakukan kontak pribadi) dan menyebarkan informasi Misalnya melakukan pertemuan dengan karyawan, pihak  lain  dalam  rangka  kegiatan usaha  dan  pelanggan),  dan  juru  bicara (meneruskan informasi kepada berbagai pihak untuk meyakinkan usahanya);
3. Peran  pengambilan  keputusan,  yang  berkisar   membuat  pilihan  yang meliputi wirausahawan (misalnya mencari peluang dan inisiatif untuk perbaikan   usaha),   penyelesai   gangguan   (berupaya   untuk   menghadapi gangguan  atau  krisis  yang  mendadak  dalam kegiatan usahanya),  pembagi sumber daya (misalnya menyusun alokasi penggunaan uang, dan kegiatan karyawan), dan perunding (berperan dalam perundingan kerjasama atau kontrak sesama UMKM atau pihak pembina dari pemeriuntah atau dengan pengusaha lain, atau calon pemberi pinjaman).

Bisnis UMKM adalah sebuah organisasi baik skala mikro, kecil atau menengah yang akan selalu berkaitan dengan bagaimana merancang usaha, mengatur dan memimpin serta mengendalikan usahanya. Suatu hal sangat perlu dipahami oleh pebisnis UMKM adalah merencanakan usaha. Hal ini perlu dipahamai bahwa fungsi perencanaan: 
(1) Perencanaan tak dapat dipisahkan dengan fungsi-fungsi manajemen seperti pengorganisasin, memimpin, memotivasi dan mengawasi/ pengendalian; 
(2) Perencanaan memberi suatu kerangka untuk mengambil keputusan dalam  seluruh perusahaan;  
(3)  Perencanaan  perlu  untuk  menunjang pelaksanaan kebanyakan fungsi manajerial yang lebih baik; 
(4) Perencanaan memberi kerangka untuk mengukur dan menilai kinerja bisnis dan bagian bagiannya yang besar.


Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama