Apa saja yang menyebabkan Kabel Charger anda sering rusak (putus) dan bagaimana cara mengatasinya?
Kenapa Charger ponsel mudah sekali rusak?
Bagaimana caranya agar Charger ponsel lebih awet dan Kabelnya tidak mudah putus/rusak?
Apa yang menyebabkan Charger mudah rusak?
Apa yang menyebabkan Kabel Charger mudah rusak dan tidak tersambung lagi?

Mungkin anda juga pernah mengalami hal ini, Charger Ponsel yang biasa anda gunakan tiba-tiba tidak bisa digunakan lagi, padahal Charger sudah kita colokkan ke Stop kontak listrik, dan ujung kabel chargernya sudah terhubung ke ponsel kita, namun batere ponsel tidak terisi.



Kemudian saat kabel charger tersebut digoyang-goyang, Charger sesaat bisa mengisi namun setelah kabel charger dilepas kembali charger tersebut tidak mengisi lagi.

Apakah Charger yang anda gunakan sudah rusak?

Namun setelah kita coba mengganti Kabel charger dengan yang baru, Charger tersebut dapat digunakan kembali untuk mencas Batere ponsel kita.

Ini berarti bahwa Charger ponsel anda masih bagus, dan penyebab charger tidak bisa digunakan adalah Kabel chargernya sudah rusak atau terputus di dalam.

Kebanyakan Penyebab Charger rusak adalah karena Kabel chargernya yang sudah rusak atau putus, dan biasanya gejala awal kerusakannya adalah saat Charger tersebut digunakan, Batere ponsel tidak terisi, kemudian saat kabel digoyang atau ditekuk-tekuk terlihat Charger berfungsi kembali mengisi batere ponsel, namun saat kabel dilepas Charger kembali terputus dan tidak mengisi.

Lalu apa yang menyebabkan Kabel Charger mudah rusak dan tak tersambung lagi?
Dan bagaimana caranya agar Kabel Charger yang kita miliki lebih tahan lama dan tidak mudah rusak atau putus?

Berikut ini beberapa hal yang sering menyebabkan Kabel Charger yang kita miliki mudah sekali rusak (Putus), dan cara mencegahnya.

Apa saja yang menyebabkan Kabel Charger anda sering rusak  TIPS Merawat Charger agar lebih awet dan Kabelnya tidak mudah rusak (putus)
Tips Merawat Charger Ponsel

Penyebab Kabel Charger mudah rusak (Putus) dan solusinya

1.Gunakan Kabel Charger yang original
  • Penyebab:
Kualitas kabel yang kurang bagus menjadi penyebab utama Kabel charger yang kita miliki mudah rusak atau putus.

  • Solusi:
Solusinya adalah pastikan anda selalu menggunakan Kabel Charger yang asli (original), karena kualitas kabel charger yang asli tentu jauh lebih baik dibanding yang lainnya.


2.Cabut Kabel charger saat batere ponsel terisi penuh
  • Penyebab:
Salah satu penyebab Kabel Charger mudah rusak, adalah karena waktu pengecasan yang berlebihan dan terlalu lama, padahal Batere sudah terisi penuh namun Charger tetap tersambung.

Memang setiap ponsel memiliki sistem proteksi saat batere sudah terisi penuh maka pengecasan akan terputus (Over Charging Protection).

Masalahnya adalah, memang saat batere ponsel sudah terisi penuh maka proses pengecasan akan terhenti, kemudian jika charger tetap tehubung, maka saat batere ponsel mulai berkurang, maka secara otomatis pula pengecasan akan tersambung kembali, begitulah terus menerus proses pengecasan tersambung dan terputus berkali-kali sampai Charger kita lepas dari Ponsel.

Hal ini tentu akan menyebabkan suhu kabel charger menjadi panas dan Kabel menjadi lebih mudah rusak (Putus).

  • Solusi:
Maka pastikan anda menggunakan Charger hanya saat batere ponsel sudah hampir habis, dan segera cabut charger tersebut saat batere ponsel sudah terisi penuh.


3.Jangan menggulung kabel Charger
  • Penyebab:
Hal ini menjadi penyebab utama dan yang paling sering kita lakukan, yakni pada saat Charger tidak digunakan maka kita akan menggulung Kabel charger tersebut serapi mungkin dan terkadang kabelnya kita gulung pada charger tersebut.

Tanpa kita sadari hal inilah yang akan menyebabkan kabel terjepit dan mudah sekali rusak atau putus.

  • Solusinya:
Saat Charger tidak digunakan, Kabel Charger jangan digulung, atau usahakan seminimal mungkin terjadi tekukan pada kabel saat charger tersebut kita simpan.


4.Jangan Gunakan Ponsel saat sedang di cas
  • Penyebab:
Hal ini juga menjadi penyebab kabel charger mudah rusak (putus), dan anda pasti pernah melakukan hal ini, meski ponsel anda dalam keadaan tersambung dengan charger, anda tetap saja menggunakan ponsel tersebut.

Tentu hal ini akan menyebabkan Charger bekerja maksimal secara terus menerus, Batere ponsel tidak dapat terisi penuh karena terus saja digunakan, dan akibatnya Kabel charger akan panas dan mudah rusak atau putus.

  • Solusinya:
Jangan pernah menggunakan Ponsel saat ponsel tersebut sedang tersambung dengan charger, jika terpaksa harus menggunakan ponsel tersebut maka lepaskan kabel charger yang terhubung ke ponsel tersebut terlebih dahulu.


5.Jangan sampai Kabel Charger tertarik atau tertekan
  • Penyebab:
Saat Kabel Charger tersambung ke ponsel, terkadang karena posisi colokan terlalu tinggi/jauh menyebabkan kabel charger menjadi tertarik, Atau pada saat Ponsel tersebut tersambung dengan charger, dan ponsel tersebut tetap saja kita gunakan, maka terkadang tanpa sengaja kabel charger tertarik, dan tentunya hal ini akan menyebabkan kabel charger tersebut mudah rusak atau putus.

Selain kabel charger akan mudah rusak, hal ini juga dapat menyebabkan colokan charger pada ponsel anda akan longgar dan mudah rusak.

  • Solusinya:
Pastikan kabel charger tetap kendur (longgar) saat tersambung dengan ponsel, dan jangan menggunakan ponsel saat sedang tersambung dengan kabel charger.

Selain itu jangan sampai Kabel Charger tertimpa benda-benda lain yang dapat menyebabkan Kabel Charger tersebut rusak atau putus


Solusi terbaik agar charger lebih awet dan kabelnya tidak mudah rusak (putus):

Untuk menghindari beberapa penyebab Charger mudah rusak yang kita sebutkan diatas, anda juga dapat melakukan beberapa tips tambahan berikut ini:
  • Pasang satu stop kontak khusus untuk tempat mencolokkan Charger, yang dilengkapi dengan saklar pemutus arus listrik, lebih baik lagi jika Stop kontak tersebut dilengkapi dengan Timer otomatis sehingga anda dapat mengatur lama pengecasan yang dibutuhkan.
  • Anda tidak perlu mencabut atau menyimpan Charger tersebut, biarkan charger tetap tersambung pada tempatnya, anda cukup memutuskan arus listriknya dengan menggunakan saklar yang ada pada stop kontak (colokan) tersebut, atau jika anda telah menggunakan timer otomatis maka listrik akan terputus dengan sendirinya, Hal ini akan mencegah kabel charger digulung berulang kali saat disimpan.
  • Buat tempat khusus saat ponsel dicas, dengan jarak yang cukup dekat dengan tempat charger dicolokkan, hal ini bertujuan agar kabel charger tetap kendur (tidak tertarik).
  • Jangan Mencas Ponsel dekat dengan tempat tidur anda


Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama