Beberapa Tips sederhana bagi anda agar dapat memilih POWER BANK yang bagus, awet, tahan, dan sesuai dengan kebutuhan ponsel anda.
Bagaimana Cara mendapatkan Power Bank yang sesuai dengan kebutuhan anda?
Spesifikasi Power Bank yang bagaimana yang anda butuhkan?
Bagaimana cara memilih Power Bank yang bagus dan tahan lama?
Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih Power Bank?
Power Bank saat ini sudah menjadi suatu barang yang dibutuhkan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, sering bepergian, sangat aktif dan tak bisa lepas dalam penggunaan ponsel.



Jika hanya mengandalkan Batere yang terpasang pada Ponsel anda tanpa dicas ulang, dengan berbagai aktifitas ponsel yang anda gunakan, dalam hitungan jam mungkin ponsel anda akan padam karena kehabisan batere.

Karena alasan inilah, untuk menjaga agar batere ponsel anda tidak sampai habis, dengan menggunakan Power bank anda dapat mengisi Ulang batere ponsel anda, kapan dan dimana saja.
Tips Memilih Power Bank


Power bank
Power bank terdiri dari 2 kata yaitu Power yang berarti tenaga, dan Bank yang berarti tempat menyimpan.

Power Bank dapat didefinisikan sebagai suatu alat yang berbentuk kecil dan dapat dibawa kemana-mana (portable) yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan energi Batere dan selanjutnya dapat digunakan untuk mengisi ulang (Recharging) batere pada ponsel anda.

Power Bank berfungsi sebagai alat penyimpan cadangan tenaga batere dan dapat digunakan untuk mengisi ulang energi batere Ponsel anda.

Ponsel dan Power bank saat ini sudah menjadi dua benda yang sulit untuk dipisahkan, lihat saja bagaimana orang-orang yang sangat aktif dalam penggunaan ponsel, tentu Power bank juga selalu dibawa dan menemani ponsel mereka.

Sebenarnya, untuk anda yang tidak terlalu aktif dalam penggunaan ponsel, tentunya anda tidak begitu memerlukan Power Bank karena batere yang terpasang pada ponsel anda sudah cukup untuk anda gunakan seharian, sebelum di cas ulang.

Atau bagi anda yang tidak terlalu memiliki mobilitas tinggi dan tidak begitu sering bepergian, anda dapat melakukan isi ulang batere di rumah saat batere ponsel anda mulai habis.

Power Bank memberikan solusi bagi anda yang merasa batere yang ada pada ponsel tidak cukup untuk penggunaan ponsel anda seharian, karena itulah Power bank diciptakan untuk anda yang super aktif dalam penggunaan ponsel.

Pertanyaannya, Power Bank yang bagaimana yang anda butuhkan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan cadangan batere ponsel anda?

Power Bank yang saat ini dijual dipasaran memiliki berbagai jenis, Model, fitur dan Kapasitas yang berbeda-beda.

Anda dapat memilih dan menyesuaikan Power bank tersebut dengan kebutuhan anda masing-masing.

Bagi anda yang saat ini berencana untuk memilih dan membeli Power bank, dan masih bingung untuk menentukan pilihan Power Bank yang bagaimana yang anda butuhkan, Kali ini kita akan coba memberikan sedikit Tips dalam memilih Power bank.

Cara Memilih POWER BANK yang anda butuhkan

Beberapa Tips dalam memilih Power bank yang sesuai dengan kebutuhan anda, adalah sebagai berikut:

1.Pilih Power bank dengan Kapasitas (mAh) yang besar
Sebenarnya cara termudah dalam menentukan ukuran kapasitas (mAh) Power Bank yang terbaik adalah dengan memilih Power Bank dengan Kapasitas (mAh) yang terbesar, sehingga anda dapat menggunakan Power Bank tersebut untuk mengisi ulang batere ponsel anda berkali-kali.

Sebagai contoh, tentu akan lebih baik jika Power Bank yang anda pilih memiliki kapasitas 20.000mAh, dibanding dengan kapasitas 10.000mAh, namun kendalanya adalah harga Power bank 20.000mAh tentu lebih mahal dibanding yang 10.000mAh.
Baca juga: Penjelasan satuan mAh pada Power bank

Jika harga tidak menjadi kendala bagi anda, Power Bank dengan kapasitas terbesar dapat menjadi pilihan terbaik.

Namun, bagi anda yang mengutamakan efisiensi, anda dapat menyesuaikan kapasitas Power bank dengan beberapa tips berikut ini.
  • Sesuaikan kapasitas Power bank dengan ukuran Batere Ponsel anda.
Tips pertama, Selain Power bank, Batere Ponsel juga memiliki kapasitas dalam satuan mAh.
Sebagai contoh jika ponsel yang anda gunakan menggunakan Batere dengan kapasitas 2000mAh, maka Power bank yang anda pilih harus lebih besar kapasitasnya dari 2000 mAh, anda dapat memilih kapasitas power bank sebesar 3000 mAh.

  • Seberapa sering Ponsel anda dicas dalam sehari.
Tips kedua ini memiliki kaitan dengan tips pertama.
Setelah kita memilih Power bank yang memiliki Kapasitas (mAh) lebih besar dari kapasitas batere ponsel, namun anda belum bisa menentukan berapa kapasitas mAh power bank yang akan anda pilih sebelum anda mengetahui seberapa sering anda mengisi ulang (Charging) ponsel anda.

Hal ini sangat penting untuk diketahui agar tidak salah dalam memilih Power bank yang bagus, tahan lama dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Sebagai contoh, Ponsel anda menggunakan batere 2000mAh, dan dalam sehari biasanya ponsel anda dicas sebanyak 2 kali.
Ini berarti anda harus memilih Power bank dengan kapasitas (mAh) yang dapat melakukan pengisian batere ponsel anda sebanyak 2 kali dalam sehari.

Jika batere ponsel anda adalah 2000mAh, dan perlu diisi ulang 2 kali sehari, maka anda harus memilih Power bank yang memiliki kapasitas diatas 4000mAh, anda bisa memilih Power Bank 5600mAh.

  • Berapa banyak Ponsel anda
Tips ketiga, Jika anda memiliki beberapa ponsel yang selalu dibawa kemana-mana, tentu anda juga harus menyesuaikan kapasitas Power Bank yang akan anda pilih.

Jika anda memiliki 2 buah Ponsel dengan ukuran Batere sama-sama 2000mAh, dan masing-masing ponsel tersebut memerlukan pengisian ulang sebanyak 2 kali, maka sebaiknya anda memilih Power bank dengan Kapasitas diatas 8000mAh, anda bisa memilih Power Bank 10.000mAh.


  • Power bank dengan Dual Output
Bagi anda yang memiliki 2 buah ponsel, Anda dapat memilih Power Bank yang memiliki Dual Output, agar dapat melakukan pengisian dua ponsel sekaligus.

Pilihan Power Bank dual Output ini akan memberikan anda kemudahan dan lebih hemat waktu, tanpa harus menunggu ponsel selesai dicas, untuk melakukan pengisian batere ponsel lainnya.


2.Kenali Spesifikasi Power bank

Sebagai contoh:
  • Capacity : 9000 mAh
Capacity (Kapasitas) menunjukkan seberapa banyak energi batere yang dapat disimpan Power bank tersebut, jika Power bank memiliki kapasitas 9000mAh, ini berarti Power Bank tersebut dapat menyimpan cadangan tenaga batere sebanyak 9000mAh, meski tidak semua tenaga tersebut dapat digunakan, kurang lebih cadangan batere yang dapat digunakan hanya sekitar 80%-90% dari capacity yang tertera.

  • Power Input: DC 5V/2A
Power Input DC5V/2A, ini menunjukkan bahwa besar tegangan yang diperlukan untuk mengisi ulang power bank tersebut adalah 5V listrik DC, dan kecepatan pengisian sekitar 2A (2.000mA).

  • Output: DC 5V/2,4A
Power Output DC 5V/2.4A, ini menunjukkan bahwa besar tegangan yang dikeluarkan power bank saat mengisi ulang batere ponsel adalah 5V listrik DC, dan kecepatan pengisian sekitar 2,4A (2.400mA).


3.Pilih Power bank yang memiliki Proteksi
Untuk mendapatkan Power bank yang bagus dan lebih tahan lama, anda harus memilih Power Bank yang memiliki fitur perlindungan yang lengkap.

Power bank yang bagus biasanya memiliki berbagai fitur proteksi yang berguna untuk melindungi power bank tersebut dari berbagai kerusakan, antara lain:
  • Over Charging Protection
Berfungsi untuk menghentikan proses pengecasan saat Power Bank sudah terisi penuh.

  • Over Discharging Protection
Berfungsi untuk menghentikan proses pengecasan saat batere ponsel terisi penuh.

  • Over Voltage Protection
Fitur ini berfungsi untuk melindungi Power Bank anda saat diisi ulang dengan tegangan listrik yang berlebihan.


4.Pilih Power Bank dengan Merek ternama
Terdapat berbagai Produk Power Bank yang diproduksi oleh Merek-merek ternama, anda dapat memilih salah satu Power bank dengan Merek ternama, dan yang terlaris atau banyak digunakan orang lain.


5.Pilih Power Bank yang Compact
Power Bank yang memiliki ukuran kecil, ringan dan terbuat dari bahan yang lembut dan tidak mudah pecah menjadi pilihan power bank terbaik.

Memang, semakin besar kapasitas Power Bank akan semakin besar pula ukuran dimensi Power bank tersebut, namun pilihlah yang terbaik, simpel, ringan, dan dilapisi bahan yang lembut, anti gores dan tidak mudah pecah.


Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama