Kabel di rumah positif dan negatif di cek pakai tespen nyala dua-dua-nya. kenapa ya?
Apakah anda pernah mengalami, saat terjadi kerusakan listrik dirumah kemudian anda mencoba memeriksanya dengan menggunakan testpen, kabel positif dan negatifnya kedua-duanya menyala saat ditestpen, kenapa?

Padahal seharusnya saat kita memeriksa kabel listrik dirumah dengan menggunakan testpen, saat kabel positif di testpen maka testpen akan menyala, dan jika kabel netral (Negatif) ditest maka testpen tidak menyala.
Baca juga: Cara menggunakan Testpen yang benar dan Aman



Lalu, apa yang menyebabkan kabel fase (Positif) dan kabel netral (Negatif) instalasi listrik dirumah kedua-duanya menyala saat ditespen?

Untuk menjawab kebingungan anda, maka kali ini kita akan coba berbagi mengenai beberapa penyebab dan solusinya saat kejadian tersebut anda alami.
Kabel di rumah positif dan negatif di cek pakai tespen nyala dua Kabel listrik dirumah menyala semua saat di testpen, kenapa?
Kabel di rumah di testpen menyala semua, Kenapa?

Penyebab kedua kabel listrik di rumah menyala saat di testpen, dan solusinya

Kabel Netral (Negatif) terputus
Jika anda memeriksa kabel fase (positif) dan kabel netral (Negatif) melalui salah satu lubang stop kontak dengan menggunakan testpen, dan kedua-duanya menyala, ini berarti bahwa kabel netral yang menuju stopkontak tersebut lepas atau terputus.
Baca juga: Tips memilih Stop kontak yang bagus dan aman

Saat kabel netral terputus, maka listrik dari kabel fase akan mengalir melalui peralatan listrik yang terpasang menuju kabel netral yang terputus, atau bisa juga listrik dari kabel fase mengalir melalui induksi menuju kabel netral.

  • Solusinya:
Jika hanya salah satu stop kontak yang mengalami hal ini, ini berarti kabel netral (Negatif) yang menuju stop kontak tersebut terputus, maka periksa sambungan dan kondisi kabel netral yang menuju stop kontak tersebut, dan pastikan kabel netral tersambung dengan baik.

Jika semua stopkontak yang ada dirumah mengalami hal yang sama yaitu kabel kedua-duanya menyala saat di testpen, ini berarti kabel netral dari sumber listrik yang terputus, maka periksa kondisi sambungan dan kabel netral dari sumber listrik, dan pastikan kabel netral dari sumber tersambung dengan baik menuju instalasi listrik di rumah.
Baca juga: Sudah Amankah Instalasi listrik di rumah anda?


Kabel yang tersambung pada MCB, Kabel Netral
Seharusnya kabel yang tersambung pada MCB adalah kabel fasa (Positif)

Jika kabel yang tersambung adalah kabel netral, maka saat MCB dimatikan, maka aliran kabel netral ke instalasi listrik di rumah anda akan terputus, dan hal ini akan menyebabkan kabel fase (Positif) mengalir ke kabel netral (Negatif) melalui berbagai peralatan listrik yang terpasang di rumah anda.

Dan akibatnya saat MCB anda matikan (Off), kemudian anda memeriksa kabel dengan menggunakan testpen, maka baik kabel fase (Positif) dan kabel netral (negatif) di rumah anda akan menyala saat ditestpen.

  • Solusinya:
Pastikan kabel yang terpasang pada MCB adalah Kabel Fase (Positif), hal ini juga bertujuan untuk keselamatan, saat MCB dimatikan (Off) maka tidak ada lagi tegangan listrik dari kabel fase (Positif) yang mengalir ke seluruh kabel instalasi listrik.
Baca juga: Bahan instalasi listrik yang aman dan cara memasangnya


Kabel yang tersambung ke saklar, kabel Netral
Seharusnya Kabel yang terpasang pada saklar adalah Kabel Fasa (Positif).
Jika kejadian ini terjadi pada saat anda memeriksa fiting lampu, dan saat anda memeriksa kedua terminal yang ada pada fiting tersebut dengan menggunakan testpen, dan testpen menyala pada kedua terminal fiting lampu.

Kemungkinan kabel netral yang menuju fiting lampu tidak tersambung (Terputus), atau bisa juga karena kabel yang terpasang pada saklar tersebut adalah kabel netral.

  • Solusinya:
Sebelum anda memeriksa fiting lampu dengan menggunakan testpen, posisikan saklar lampu tersebut pada posisi Off, kemudian periksa terminal pada fiting lampu tersebut.

Jika testpen menyala pada kedua terminal fiting lampu tersebut, penyebabnya adalah kabel yang terpasang pada Saklar adalah kabel netral, perbaiki kabel yang terpasang pada saklar tersebut dan pastikan bahwa kabel fase yang terpasang pada saklar bukan kabel netral.

Jika pada posisi saklar off, dan anda periksa kedua terminal fiting dan testpen tidak menyala pada keduanya, berarti kabel yang terpasang pada saklar sudah benar yaitu kabel fasa.

Kemudian coba nyalakan saklar lampu tersebut, kemudian periksa lagi terminal fitingnya dengan menggunakan testpen, jika testpen menyala pada kedua-dua terminal fiting, ini berarti kabel netral yang menuju fiting tersebut terputus, periksa sambungan dan kabel netral yang menuju fiting tersebut dan pastikan tersambung dengan benar.


Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama