Penjelasan mengenai perbedaan arti dari kata Efektif dan Efisien beserta contoh penggunaan dari kedua kata tersebut.
Apakah kata Efektif dan Efisien memiliki makna yang sama?
Apa sebenarnya pengertian dari kata Efektif?
Apa sebenarnya pengertian dari kata Efisien?
Lalu apa perbedaan dari kata Efektif dan Efisien?
Mengapa kata Efektif dan Efisien sering digunakan bersamaan?






Tak jarang sebagian dari kita menganggap bahwa pengertian atau makna dari kata Efektif dan Efisien adalah sama, meski sebenarnya kata Efektif dan Efisien memiliki makna kata yang jelas berbeda.

Penjelasan mengenai perbedaan arti dari kata Efektif dan Efisien beserta contoh penggunaan Arti kata Efektif dan Efisien serta Perbedaannya
Perbedaan Kata Efektif dan Efisien

Efektif dan Efisien

Kata Efektif dan Efisien memang sering digunakan secara bersamaan untuk menunjukkan tingkat kesuksesan suatu pekerjaan, dan suatu pekerjaan yang dapat dilakukan dengan cara yang Efektif dan Efisien menjadi tolak ukur pencapaian terbaik.

Pengertian kata Efektif
Efektif adalah suatu tindakan yang dapat memberikan Efek atau ada Efeknya, memberi hasil, berhasil, manjur, ampuh, mujarab, berguna, dan sebagainya.

Kata Efektif lebih mengarah kepada suatu pencapaian keberhasilan, tanpa mempertimbangkan Efisiensi.

Pengertian kata Efisien
Efisien adalah Suatu cara dalam melakukan tindakan atau pekerjaan dengan mempertimbangkan ketepatan, baik ketepatan penggunaan biaya, waktu, tenaga, dan berbagai sumber daya lainnya.

Kata Efisien lebih mengarah kepada suatu cara dalam melakukan sesuatu dengan pertimbangan penghematan.

Oleh karena itu suatu pekerjaan yang dilakukan dengan cara yang efektif belum tentu efisien, dan sebaliknya suatu caya yang dilakukan dengan cara yang efisien belum tentu efektif.

Untuk itulah kata efektif dan efisien sering digunakan bersamaan untuk mendapatkan suatu pencapaian yang terbaik.

Perbedaan kata Efektif dan Efisien
Untuk lebih jelasnya, kita coba memberikan contoh penggunaan kata efektif dan efisien berikut ini:

Pada Zaman dahulu di masa kerajaan, sebelum ditemukannya sandal atau sepatu untuk alas kaki.
Suatu hari sang Raja ingin berjalan-jalan melihat kehidupan penduduk negerinya, lalu ia berpesan kepada para menterinya untuk mencari cara agar kakinya tidak kotor ataupun terluka.

Para menteri kemudian berpikir bagaimana cara yang Efektif agar kaki sang raja tetap bersih dan tidak terluka saat berkeliling melihat penduduk negeri nantinya.

Timbul ide agar seluruh jalan yang ada di negeri tersebut dilapisi dengan sejenis permadani berbahan kulit.

Tentu cara ini akan Efektif untuk melindungi kaki sang raja, namun cara ini tidaklah Efisien, karena butuh sangat banyak bahan kulit untuk membuat permadani menutupi seluruh jalan yang ada di negeri tersebut.

Kemudian para menteri mencari cara lain yang Efektif dan lebih Efisien, lalu timbullah ide dengan cara membuatkan alas kaki berbahan kulit untuk sang raja, sehingga kaki sang raja tetap bersih dan tidak terluka namun dengan bahan kulit yang lebih sedikit.

Kesimpulannya:
  • Menutupi seluruh jalan dengan permadani berbahan kulit adalah cara yang Efektif untuk melindungi kaki sang raja, namun cara ini tidaklah Efisien.
  • Dengan membuatkan alas kaki atau sepatu, adalah cara yang Efektif untuk melindungi kaki sang raja, dan tentunya cara ini lebih Efisien.
  • Kedua cara diatas sama-sama Efektif karena berhasil untuk melindungi kaki sang raja, namun yang lebih Efisien adalah dengan membuatkan alas kaki karena lebih mudah, cepat dan hemat biaya.

Semoga dengan sedikit penjelasan diatas, dapat memberikan pencerahan kepada kita semua mengenai arti kata Efektif dan Efisien serta perbedaan dari kedua kata tersebut.


Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama