Korupsi Yang Merugikan Keuanan Negara

NYARI UNTUNG DENGAN CARA YANG MELAWAN HUKUM DAN MERUGIKAN NEGARA? ITU KORUPSI !!!

Korupsi jenis ini dirumuskan dalm Pasal 2 UU No. 31 Tahu 1999  jo. UU No. 20 Tahun 200L.Asal tau aja, inilah salah saru pasal yang paling banyak dipakai untuk menjerat koruptor 
Kamu bisa mengkategorikan sebuah tindakan ke dalam korupsi jenis ini kalo memenuhi unsur-unsur 
1. Setiap orang; 
2. Memperkaya diri sendiri, orang lain atau suatu korporasi;
3. Dengan cara melawan hukum; 
4. Dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. 

Contoh: 
Aggaplah ibu kamu seorang pegawai Dinas Pekerjaan Umum.  Dalam proyek pembangunan sebuah jembatan yang dibiayai oleh negara, ibu diam-diam mengurangi jumlah semen yang digunakan. Di atas kertas tertulis I00O sak, ternyata yang dipakai hanya 500 sak. Trus, sisa uang pembelian semen ini dia kantongin sendiri deh. 

Hukumannya? 
Penjara maksimal 20 taun atau denda maksimal Rp. 1 milyar!


Penjelasannya sih hampir sama seperti korupsi jenis sebelumnya, cuma ada unsur penyalahgunaan wewenang, kesempatan atau sarana yang dimiliki karena jabatan atau kedudukan.

Korupsi jenis ini diatur dalam Pasal 3 UU No. 3l tahun I999 Jo. UU No. 20 Tahun 200L. Kamu bisa memasukkan sebuah tindakan dalam korupsi jenis ini kalo memenuhi unsure-unsur:
1. Setiap orang;
2. Dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi;
3. Menyalahgunalcan kewenangan, kesempatan atau sarana;
4. Yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan;
5. Dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Contoh:
Coba lihat contoh sebelumnya. lbu kamu bias mengkorup anggaran pembangunan jembatan karena dia seorang pegawai Dinas Pekerjaan Umum. Berarti ibu kamu udah menyalahgunakan wewenang yang dia peroleh karena jabatannya. Nggak ada ampun lagi: dia harus siap dijerat dengan Pasal 3 UU No. 3l Tahun 1999.

Hukumannya? 
Penjara maksimal 20 taun atau denda maksimal Rp. 1 milyar!

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama