Setiap orang dalam menjalani kehidupan bekerja, tentunya memerlukan atau membutuhkan kepuasan akan apa yang telah dihasilkannya. Kepuasan kerja (job satisfaction) adalah keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan dengan mana para karyawan memandang pekerjaan mereka. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya. (Handoko, 2001:193).


Davis (1996:137) menyatakan bahwa “Job satisfaction is a bulk of workers about their jobs whether they are satisfy or not”. Pernyataan Darvis tersebut didukung oleh Allen (1997:204) yang menyatakan bahwa “satisfaction is the most important thing in human resources management, no matter how perfect the human resources plans, control, and research, if they do not do their job in happily strong effort the company will not harves optimal achievement” (kepuasan kerja merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan sumber daya manusia, betapapun sempurnanya proses perencanaan, pengawasan dan penelitian, apabila karyawan tidak mengerjakan dengan rasa senang, maka perusahaan tidak akan mendapatkan hasil yang optimal).

Kepuasan kerja karyawan dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yakni kepuasan pada dimensi intrinsik yang merupakan kepuasan yang diperoleh individu dari pelaksanaan pekerjaannya, sedangkan kepuasan ekstrinsik adalah kepuasan yang didapat dari pihak eksternal (Flippo, 1999:154). 

Unsur-Unsur Kepuasan Kerja

Kreitner  (1995:159) mengemukakan aspek-aspek kepuasan kerja dari hasil penelitiannya, yaitu :
  1. Imbalan, yakni sejumlah imbalan yang diterima dan dirasakan.
  2. Pekerjaan, yakni keadaan dimana tugas pekerjaan dianggap menarik, memberikan kesempatan untuk belajar dan bertanggung jawab.
  3. Peluang, yakni  tersedianya kesempatan untuk maju.
  4. Supervisi, yakni kemampuan supervisi untuk menunjukkan minat dan perhatian terhadap karyawan.
  5. Rekan kerja, yakni keadaan dimana rekan sekerja menunjukkan sikap bersahabat dan mendorong.


Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama