Apa Sih Pentingnya berwirausaha?

Mengembangkan semangat kewirausahaan adalah salah satu faktor yang sangat penting di dalam melakukan sesuatu untuk meraih hasil atau kinerja bisnis. Ada pengusaha yang cepat menunjukkan keberhasilannya sementara yang lainnya tidak demikian dan jatuh tidak berdaya.


Dorongan   atau   impuls   apakah   yang   menyebabkan   terjadinya   pertumbuhan ekonomi dan modernisasi? Para psycolog telah berhasil memberikan sumbangan yang tak terduga untuk memahami misteri ini. Mereka meneliti faktor apa yang dapat menjalankan terjadinya proses pertumbuhan ekonomi ini?

Untuk mudahnya mereka menyebutkan virus mental yakni sesuatu cara berpikir tertentu yang kurang lebih sangat jarang dijumpai tetapi jika terjadi pada seseorang cenderung menyebabkan orang itu bertingkah laku secara sangat giat. Virus mental ini dinamai n Ach (singkatan dari Need for Achievement, kebutuhan untuk meraih hasil atau prestasi) sebagai motivasi intrinsik. 

Makna Motivasi bagi usahawan

Pada umumya tingkah laku manusia dilakukan secara sadar, artinya selalu didorong oleh keinginan untuk mencapai tujuan tertentu. Disinilah peran penting dari motivasi. Orang atau bawahan dapat bersemangat bekerja apabila ada motivasi atau diberikan motivasi dari atasannya,

Motivasi adalah kemauan untuk berbuat sesuatu, sedang motif adalah kebutuhan, keinginan, dorongan atau impuls. Motivasi seseorang pekerja tergantung kepada kemampuan pekerja untuk bekerja lebih giat. Agar pekerja lebih giat melakukan pekerjaan, maka mereka diberi motivasi. Sesorang yang menemui kegagalan atau kekecewaan dalam pekerjaan atau sebab lain dapat menimbulkan patah semangat, tetapi jika diberi semangat atau diberi motivasi oleh atasannya bahwa kegagalan itu sebagai lahan belajar, maka dia akan yakin dan untuk mencoba kembali. Seorang wirausaha mempunyai semangat kerja yang lebih tinggi, mampu bekerjasama dan memotivasi diri sendiri dan memotivasi orang lain atau bawahannya untuk meningkatkan produktivitas.

Teori Prestasi (Achievement theory)

Teori ini menjelaskan tingkah laku yang berorientasi kepada prestasi (achievement  oriented  behaviour)  yang  didefinisikan sebagai tingkah  laku yang diarahkan terhadap tercapainya standard of exellent. Pada dasarnya motivasi sesorang ditentukan oleh tiga kebutuhan seperti yang diungkapkan oleh David C. Mc Clelland (1977 yang dikutip oleh Suryana dalam Kewirausahaan, 2006)3, yaitu:
  1. Kebutuhan akan kekuasaan (need for power), 
  2. Kebutuhan akan afiliasi (need for affiliation),
  3. Kebutuhan akan keberhasilan (need for achievement)

Menurut teori tersebut seorang yang mempunyai need for achievement yang tinggi selalu mempunyai pola pikir tertentu, ketika ia merancang untuk melaksanakan  sesuatu,  selalu  mempertimbangkan apakah  pekerjaan  yang akan dilakukan itu cukup menantang atau tidak.

Ciri lain dari need for achievement (n’Ach) tinggi ialah kesediaannya untuk memikul tanggung jawab sebagai konsekwensi usahanya, berani mengambil resiko yang sudah diperhitungkan, kesediaannya untuk mencari informasi untuk mengukur kemajuannya, dan ingin kepuasan dari apa yang telah dikerjakannya.

Berdasarkan  uraian  di  atas  maka  kebutuhan  berprestasi  (n’Ach)  tampak bentuk tindakan untuk sesuatu yang lebih baik dan efisien dibanding sebelumnya. Wirausaha yang memilii motif berprestasi tinggi pada umumnya memiliki ciri ciri sebagai berikut: 
  1. Memiliki sifat selalu ingin memperbaharui secara terus menerus terhadap apa yang telah dilakukan sebelumnya dengan selalu ingin lebih baik lagi.
  2. Ingin mengatasi sendiri kesulutan dan persoalan persoalan yang timbul pada dirinya,
  3. Semangat  kerja  keras  dengan  menggunakan  waktu  yang  cepat  dan menggunakan sumber daya yang efisien serta mutu produk yang lebih baik.
  4. Memiliki semangat melakukan sesuatu hal yang baru bukan saja untuk kepentingan pribadi tetapi juga untuk kebutuhan kerjasama untuk mendapatkan manfaat bersama.
  5. Keberanian menanggung resiko dan mengambil keputusan tepat dengan memperhitungkannya dengan cermat.
  6. Kemampuan memadukan pribadi, sumber daya manajemen dan sumber daya lainnya yang ada pada diri pribadi dan lingkungan sekitarnya.
  7. Memanfaatkan peluang dari kendala yang ada untuk direalisasikan dan dikembangkan dengan memanfaatkan manajemen yang baik, transparan dan akuntabel

Upaya memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan untuk mengembangkan jiwa, semangat, serta perilaku kewirausahaan sangat dipengaruhi oleh kemauan dan kemampuan:

  1. Bekerja dengan semangat kemandirian,
  2. Memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistematis, 
  3. Berfikir dan bertindak secara kreatif & inovatif,
  4. Bekerja secara teliti, tekun dan produktif,
  5. Haus terhadap berprestasi, 
  6. Hasrat berafiliasi,
  7. Bekerja dalam kebersamaan dengan landasan etika bisnis yang sehat.

Daniel  Goleman  dalam  bukunya  Emotional  Intelligentce  (1977) yang terkenal telah memanfaatkan hasil penelitian tentang otak dan perilaku. Golemen memperlihatkan faktor faktor yang terkait mengapa orang yang IQ tinggi gagal dan orang orang yang ber IQ sedang sedang saja menjadi sangat sukses. Faktor faktor ini mengacu pada suatu cara lain untuk menjadi cerdas, cara yang disebutnya “kecerdasan emosional”. Kecerdasan emosional mencakup kesadaran diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri, empati dan kecakapan sosial. Ini ciri ciri yang menandai orang orang yang menonjol dalam kehidupan nyata: yang memiliki hubungan dekat yang hangat, menjadi bintang di tempat kerja.

Perilaku wirausaha itu ada kaitannya dengan kecerdasan emosional, dimana tujuh unsur kecerdasan emosional adalah:

  1. Keyakinan, yaitu perasaan percaya diri dan penguasaan seseorang apa yang dikerjakan. 
  2. Rasa ingin tahu, yaitu perasaan bahwa meneliti segala sesuatu bersifat positif dan menimbulkan kesenangan.
  3. Niat, yaitu hasrat dan kemampuan untuk berhasil dan untuk bertindak berdasarkan niat itu dengan tekun.,
  4. Keterkaitan, yaitu kemampuan untuk melibatkan diri dengan orang lain berdasarkan pada perasaan saling memahami,
  5. Kendali diri, yaitu kemampuan untuk menyesuaikan dan mengendalikan tindakan dengan pola yang sesuai dengan usia,
  6. Kecakapan  berkomunikasi,  yaitu  kepercayaan  diri dan kemampuan verbal untuk bertukar gagasan, perasaan dan konsep dengan orang lain.
  7. Kooperatif, yaitu kemampuan untuk menyeimbangkan kebutuhannya sendiri dengan kebutuhan orang lain dalam kegiatan berkelompok.

Latihan Kelompok Pentingnya Pengembangan Kewirausahaan

  1. Buat 5 kelompok Peserta, kemudian pilih ketua dan sekretaris kelompok.
  2. Masing masing kelompok memilih satu jenis usaha (dalam bidang agribisnis dengan aspek budidaya,  penangkapan  dan  pengolahan  hasil dalam  bidang perikanan, pertanian, peternakan, industri kecil rumah tangga atau kerajinan rakyat, atau aneka industri).
  3. Kemudian    identitifikasikan    ciri    ciri    pebisnis    UMKM,    karaktertistik wirausahawan, dan kewirausahaan berdasarkan hasil pengamatan lapangan,
  4. Analisis pengamatan berdasarkan pembinan yang telah atau sedang dilakukan kepada para pebisnis UMKM atau koperasi primer di wilayah kerja Saudara.
  5. Buatlah chek list atau daftar cocok yang dijelaskan atau tertulis dalam modul ini dengan kenyataan di lapangan.
  6. Identifikasi  juga  apakah  ada  dari  UMKM  (mulai  dari  usaha  mikro  terus tumbuh menjadi usaha kecil dan terus menjadi usahawan menengah, jika ada berapa kira kira persentasinya, dari kelompok sosial mana mereka berasal ?


Rangkuman

Kewirausahaan   adalah  kemampuan   seseorang   untuk   mensintesakan   sesuatu temuan baru atau metode kerja baru yang  lebih  maju, dengan adanya peluang untuk membuka pasaran baru, menemukan dan merebut sumber daya bahan baku atau  setengah  jadi dan  melakukan perubahan organisasi suatu  perusahaan dan mendayung organisasi dengan efisien dan efektif itulah orang yang berjiwa wirausaha.

Ciri khas wirausahawan adalah kesanggupan untuk mengambil risiko, berani mengambil keputusan dan memiliki ketrampilan berorganisasi. Wirausaha adalah orang orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan  sumber-sumber  daya  yang  dibutuhkan  guna  mengambil keuntungan dan melakukan tindakan yang tepat untuk memastikan keberhasilan. Profil  wirausaha  adalah  percaya  diri,  berorientasi  tugas  dan  hasil,  pengambil risiko,  dapat  bergaul dengan orang  lain,  inovatif dan kreaktif,  luwes,  dan beorientasi ke  masa  depan,  keinginan  untuk  mencapai  sesuatu,  dan keinginan untuk tidak bergantung pada orang lain.

Terdapat korelasi antara perkembangan wirausahawan dan pertumbuhan ekonomi masyartakat. Oleh karena itu sangat perlu mengembangkan pelaku ekonomi terutama di tingkat bawah, melalui berbagai metode yang efektif misalnya melalui proses inkubator bisnis berbagai teknologi yang berorietasi pasar.

Semangat kewirausahaan didominasi oleh sifat dan ditentukan: (a) Memiliki n Ach yang tinggi disertai dengan sifat selalu ingin memperbaharui secara terus menerus mencapai hasil yang lebih baik, (b) Semangat kerja keras dengan menggunakan waktu yang cepat dan menggunakan sumber daya yang efisien serta mutu produk yang lebih baik. (c) Keberanian menanggung resiko dan mengambil keputusan tepat dengan memperhitungkannya dengan cermat, (d) Kemampuan memadukan potensi pribadi, sumber daya manajemen dan sumber daya lainnya yang ada pada diri pribadi dan lingkungan sekitarnya, (e) Memanfaatkan peluang dari kendala yang ada untuk direalisasikan dan dikembangkan dengan memanfaatkan manajemen yang baik, transparan dan akuntabel.

Dalam upaya mengatasi pengangguran karena kekurangan lapangan kerja maka dengan mengembangkan para usahawan diharapkan akan menumbuhkan lapangan kerja baru. Juga dalam menghadapi perdagangan bebas maka para wirausahawan harus berkembang lebih maju baik kelompok pengusaha besar maupun kecil cara meningkatkan yang berkaitan dengan aspek: manajemen usaha, kualitas sumber daya manusia, permodalan, pemasaran dan akses alokasi investasi dan kredit dan menghilangkan berbagai hambatan dalam usahanya. 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama