Dalam uji validitas konstrak, jumlah faktor di perluas menjadi dua, yakni faktor 1 terdiri dari tiga butir pertanyaan dan faktor 2 terdiri dari empat butir pertanyaan.
Angket lebih dahulu di Pre-Test dengan cara disebarkan kepada 30 orang responden, tujuannya adalah untuk menguji apakah kedua faktor sudah valid untuk mengukur konstrak sikap konsumen.

Prosedur dan Proses Analisa Uji Validitas Konstrak, sbb :

  1.  masukkan data ke dalam data editor
  2.  pilih menu > Analyze > Data Reduction > Factor
  3.  masukkan semua butir variabel ke dalam kotak Variables
  4.  pilih Extraction, kemudian pilih Number of Factor dan masukkan angka 2 untuk membuat dua faktor.
  5.  klik pilihan Rotation untuk menampilkan kotak dialog Rotation
  6.  pilih cara rotasi dengan metode Varimax
  7.  tekan Continue untuk kembali ke menu utama
  8.  tekan OK untuk mulai memproses data
Terlihat ada dua faktor pada tabel di sebelah, perhatikan factor loading untuk kedua faktor pada kolom ‘Component’. Pada faktor 1 (Harga Pelayanan) yaitu: HP_1, HP_2, HP_3, HP_4 semua memiliki factor loading tinggi karena nilainya di atas 0,5. sebaliknya faktor 2 (Kualitas Pelayanan) yaitu: KP_1, KP_2, KP_3 memiliki factor loading juga di atas 0,5.  Hal ini menunjukkan bahwa faktor 1 berisi variabel yang mengukur faktor HARGA dan faktor 2 berisi variabel yang mengukur faktor KUALITAS. Terbukti bahwa faktor 1 (HARGA) dan faktor 2 (KUALITAS) adalah valid.
Untuk uji reliabilitasnya, langkah dan prosedur sama dengan contoh pertama, dan hasil uji dapat ditampilkan sbb:
Terlihat angka Cronbach Alpha = 0,879 > 0,7 sehingga dapat dikatakan bahwa  kuesioner/angket adalah reliabel. Sedangkan pada kolom ‘Corrected Item-Total Correlation’ tampak semua angka nilainya di atas 0,472 berarti semua pertanyaan dapat dikatakan valid yaitu mampu mengungkap sesuatu yang seharusnya diungkap. Dengan demikian telah terbukti bahwa kedua faktor memang terpisah dan membentuk sebuah konstrak bernama SIKAP KONSUMEN. 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama