Kita ambil contoh fungsi konsumsi dari Keynes, yaitu:
Koefisien kemiringan  menyatakan MPC. Persamaan (1) menyatakan hubungan linear antara konsumsi dengan pendapatan. Kalau model hanya mempunyai satu persamaan dinamakan model persamaan tunggal (single equation model). Jika mempunyai lebih dari satu persamaan dikenal dengan nama persamaan majemuk/ banyak (multi equation),  atau persamaan simultan  (simultaneous – equation).


Persamaan (1) hanya mengungkap bahwa belanja konsumsi dipengaruhi oleh pendapatan. Disamping pendapatan ada faktor lain yang mempengaruhi belanja konsumsi, misalnya besarnya keluarga,   umur anggota keluarga dsb, mungkin mempunyai pengaruh atas pengeluaran konsumsi. Oleh sebab itu model (1) di atas menjadi :
Pengaruh Variabel Error (Residu)
Variabel Error Adalah Minimum
Variabel Error Adalah Minimum 2
HIGH LOW POINT METHOD
PIE CHART

Macam-macam Data:

1.   Data Runtut Waktu (Time Series) : 

Merupakan sekumpulan observasi dalam rentang waktu tertentu. Data ini dicatat secara kontinu. Misalnya: data mingguan (harga saham, nilai tukar rupiah), data bulanan (Indeks Harga Konsumen = IHK), data kuartalan (jumlah uang yang beredar, tingkat inflasi),  data tahunan (output nasional atau GDP). Sebagian besar studi Ekonometrika dengan regresi menggunakan data time series, sehingga akhir-akhir  ini  berkembang Ekonometrika khusus Time Series.

2.  Data Antar Tempat atau Ruang (Cross Section Data)

Merupakan data yang dicatat pada periode waktu tertentu. Misalnya: sensus penduduk yang dilakukan BPS, sensus pertanian yang dilakukan di seluruh propinsi di Indonesia. Dari sensus ini akan didapat data tentang produksi padi, input yang digunakan seperti bibit, pupuk dan tenaga kerja.

3.  Data Panel

Data ini merupakan gabungan antara data times series dan cross section data, satu obyek diobservasi terus menerus.  Misalnya: Kita ingin mengetahui perkembangan harga di Indonesia.

Secara Ringkas Penyelidikan EKONOMETRIKA sebagai berikut :
Secara Ringkas Penyelidikan EKONOMETRIKA 
Estimate Koefisien bi , ada 2 cara, yaitu:
1. Cara persamaan sederhana (satu persamaan)
- OLS (Ordinary Least Square)
- Reduced Form
- TSLS (Two Stage Least Square)

2.  Cara persamaan simultan
Dalam banyak variabel ekonomi tidak hanya berhubungan satu arah. Dalam bahasa ekonometrika satu variabel independen (X1), mempengaruhi variabel dependen (Y) dan selanjutnya variabel Y itu sendiri mempengaruhi X1.

Evaluasi Estimate 

SIFAT-SIFAT:
  1. Memenuhi syarat teori
  2. Model bisa menjelaskan keadaan yang sebenarnya
  3. Estimate parameter yang baik
  4. Kemampuan untuk forecast
  5. Sederhana: prinsip parsimony yaitu menggunakan variabel (sampel) sekecil mungkin, tetapi mendapat informasi sebanyak-banyaknya.
Estimate Parameter yang Baik

Regresi, Kausalitas dan Korelasi

Regresi merupakan metode estimasi utama di dalam ekonometrika.
Analisis regresi berkenaan dengan studi ketergantungan satu variabel, variabel tak bebas pada satu atau lebih variabel lain. Variabel yang menjelaskan (explanatory variables) dengan maksud menaksir dan atau meramalkan nilai rata-rata hitung (mean) atau rata-rata populasi variabel tak bebas, dipandang dari segi nilai yang diketahui atau tetap (dalam pengambilan sampel berulang). 

Regresi berbeda dengan Kausalitas.
Regresi menunjukkan hubungan satu arah dari variabel independen ke variabel dependen. Sedangkan kausalitas menunjukkan hubungan dua arah. Misalnya hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan jumlah uang beredar. Jika pertumbuhan ekonomi tinggi maka jumlah uang beredar cenderung untuk naik. Sebaliknya jika jumlah uang yang beredar naik maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian hubungan kausalitas semua variabel adalah variabel dependen, tidak ada variabel independen.
Contoh Ilustrasi
Regresi berbeda dengan Korelasi
Korelasi menunjukkan derajat keeratan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.
Korelasi yang tinggi tidak berarti karena satu variabel mempengaruhi variabel yang lain. Analisis korelasi tujuan utamanya adalah untuk mengukur kuat atau derajat hubungan linear antara dua variabel, sangat erat berhubungan tetapi sangat berbeda dalam konsep analisis regresi.
Perbedaan
Istilah dan Notasi

Statistika untuk Ekonometrika

Pemahaman ekonometrika sangat tergantung dari pemahaman kita tentang ilmu statistik. Dalam mempelajari ekonometrika diasumsikan sudah belajar statistik lebih dulu.

Soal Latihan Rata-rata (Expected Value)

1. Hasil penjualan barang X (dalam unit) selama beberapa hari, mempunyai probabilitas sebagai berikut:

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama