Faktor - Faktor Kekuatan Politik 

Kekuatan politik yang dihadapi bisnis bersumber :

  • Faktor Ideologi
  • Masalah Nasionalisme
  • Terorisme
  • Budaya
  • Tingkat Stabilitas pemerintah
  • Hubungan dengan organisasi internasional
  • Badan usaha milik negara

Keyakinan-keyakinan ideologi :
  • Komunisme
  • Sosialisme
  • Kapitalisme
  • Liberal dan konservatif
  • Sayap kiri dan sayap kanan
Komunisme
Pemerintah menekankan agar semua faktor produksi utama dimiliki pemerintah. Dengan beberapa pengecualian semua produksi dilakukan oleh pabrik-pabrik dan pertanian milik pemerintah.

Komunisme (Karl Marx)
Teori perubahan sosial yang diarahkan kepada cita-cita masyarakat tanpa kelas.

Komunis yang dikembangkan oleh Lenin : Melibatkan penguasaan kekuatan melalui partai politik konspirasi, memelihara kekuatan dengan menekan keras oposisi internal dan komitmen untuk mencapai tujuan akhir sebuah negara komunis dunia.

Kehancuran Komunis
Di Uni Soviet, beberapa pabrik melakukan penipuan dalam laporan hasil produksi
Bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur dengan ibukota di Berlin

Kapitalisme
Pemerintah membatasi fungsinya dan hanya menangani fungsi yang tidak dapat dilaksanakan swasta atau perorangan, misalnya pertahanan nasional, polisi, pemadam kebakaran dan pelayanan umum serta hubungan antar pemerintah dan internasional

Sosialisme
Kepemilikan oleh masyarakat secara kolektif atas alat-alat produksi dan distribusi dasar dioperasikan untuk digunakan daripada mencari laba. 
Contoh ; negara Singapura.

Sosialisme Eropa
Di Eropa, partai sosialis berkuasa di negara Inggris, Perancis, Spanyol, Yunani, dan Jerman. Di Inggris, Partai buruh menasionalisasi beberapa industri dasar seperti baja, pembuatan kapal, tambang batubara, dan perusahaan kereta api. 

Sosialisme di negara berkembang
Pemerintah memiliki dan mengendalikan hampir semua faktor-faktor produksi. Kekurangan modal, tehnologi, manajemen yang terlatih dan buruh yang terampil adalah karakteristik negara berkembang. 

Konservatif
Orang yang ingin meminimalkan kegiatan  pemerintah dan memaksimalkan kepemilikan swasta dan bisnis sayap kanan posisi konservatif yang lebih ekstrem Sayap kanan adalah kaum konservatif yang lebih ekstrem

Liberal
Di USA pada abad ke 20, seseorag  menghendaki pemerintah lebih banyak terlibat dalam sebagian besar aspek kegiatan manusia Sayap kiri adalah kaum liberal yang ekstrem

Badan Usaha Milik Negara

Antara negara yang satu dengan yang lain ada perbedaan yang besar dalam jenis industri yang dimiliki pemerintah dan besar kepemilikan pemerintah atas industri tersebut.

Terorisme
Tindakan kekerasan melawan hukum untuk bermacam-macam alasan termasuk menggulingkan pemerintahan, membebaskan rekan-rekannya yang dipenjara, pembalasan langsung atas kesalahan-kesalahan nyata maupun khayalan dan menghukum orang-orang  yang tidak mempercayai agama teroris. 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama