Pengertian Kekuatan Lingkungan Dalam Perdagangan Internasional

Karakter fisik suatu Negara adalah yang paling menentukan masyarakat maupun alatalat yang digunakan untuk memasok kebutuhannya. Ruang lingkup geografis sangat luas, namun masih dimungkinkan untuk memilih beberapa elemen yang terutama signifikan bagi para pelaku bisnis , yaitu :

  • Lokasi
  • Topografi
  • Iklim
  • Sumber Daya Alam
Lokasi

Lokasi adalah penting karena merupakan faktor untuk menerangkan politik dan hubungan perdagangan sebuah bangsa serta merupakan bagian dari pengetahuan umum dari semua pelaku bisnis internasional secara langung mempengaruhi operasi perusahaan.

Hubungan Politik

Netralitas politik Austria menjadi lokasi yang popular untuk kantor-kantor perusahaan internasional yang melayani operasinya di Eropa Timur. Perubahan-perubahan politik dan ekonomi baik yang terjadi di Eropa Barat maupun Eropa Timur, Austria mengambil keuntungan dari lokasinya untuk:
  • Meningkatkan perdagangan dengan Eropa Timur
  • Menjadi perantara keuangan utama antara kedua kawasan
  • Memperkuat peranannya sebagai kantor pusat regional bagi operasi bisnis internasional di Eropa Timur.
Finlandia salah satu dari Negara lain yang lokasinya telah membentuk hubungan politiknya. Finlandia berhasil menyemimbangkan tindakan yang diambilnya antara negara Uni Soviet dan Eropa Barat sementara pada saat yang sama, mempertahankan kebijakan netralitas.

Hubungan Perdagangan

Kedekatan geografis seringkali merupakan alasan pokok terjadinya perdagangan diantara bangsa-bangsa dan merupakan faktor utama dalam pembentukan kelompok perdagangan, seperti Uni Eropa, EFTA dan NAFTA.

Topografi

Fitur – fitur permukaan tanah memberikan kontribusi terhadap perbedaan – perbedaan dalam struktur perekonomian. Kebudayaan, struktur politi dan sosial, baik diantara bangsa – bangsa maupun diantara wilayah – wilayah di dalam suatu negara. 

Pegunungan dan Dataran Rendah
Pegunungan merupakan hambatan yang cenderung memisahkan dan menghalangi pertukaran dan interaksi, smentara daerah yang rata ( dataran dan plato ) memudahkannya.

Pegunungan Membagi Pasar
Suatu masalah yang lebih besar bagi para pelaku bisnis ditimbulkan oleh bangsa – bangsa yang terbagi oleh jajaran pegunungan menjadi pasar – pasar regional yang lebih kcil, masing – masing dengan industri, iklim, budaya, dialek dan bahkan kadang – kadang bahasa masing – masing yang berbeda

Pegunungan Membagi Konsentrasi Penduduk
Pegunungan – pegunungan juga menciptakan konsentrasi penduduk baik karena iklimnya yang lebih menyenangkan pada ketinggian tertentu atau karena pegunungan merupakan hambatan bagi perpindahan penduduk

Gurun Pasir dan Hutan Tropis

Seperti halnya Pegunungan, gurun pasir dan hutan tropis memisahkan pasar, meningkatkan biaya transportasi dan menciptakan konsentrasi penduduk

Padang Pasir
Lebih dari sepertiga permukaan bumi terdiri atas wilayah yang kering dan setengah kering, padang pasir merupakan daerah kering di mana angin dari laut sudah kehilangan kelembabannya ketika mencapai wilayah tersebut dan jarang ada sumber air.

Hutan Hujan
Tumbuh – tumbuhan dapat merupakan hambatan yang efektif terhadap pembangunan ekonomi dan pemukiman manusia, terutama apabila digabungkan dengan iklim yang keras dan tanah yang gersang, di mana pada kawasan ini penduduknya sedikit dan secara ekonomi tidak begitu berkembang

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama