Iklim adalah kondisi-kondisi meteorologist termasuk suhu udara, hujan/salju, dan angin yang terdapat di suatu wilayah. Iklim mungkin merupakan elemen kekuatan fisik yang paling penting karena iklim, lebih dari faktor lain manapun, baik secara fisik maupun ekonomi.

Iklim dan Pembangunan

Pembangunan ekonomi dan intelektual yang terbesar telah terjadi di iklim sedang dari Eropa bagian Utara dan AS, karena iklim yang kurang membatasi energi manusia dan tenaga mental. 

Panas yang terus-menerus dan kurangnya suhu musim dingin untuk membatasi reproduksi dan pertumbuhan alang-alang, rumput-rumputan, virus, serangga, unggas dan parasit, mengakibatkan rusaknya tanaman-tanaman, matinya ternak dan orang-orang yang terjangkit penyakitpenyakit yang melemahkan.

Implikasi Iklim pada Pelaku Bisnis

Perbedaan dalam kondisi iklim di antara pasar-pasar perusahaan dapat mempunyai dampak yang signifikan atas bauran produknya. Apabila terdapat iklim yang ekstrem di suatu pasar dan produknya sensitif terhadap suhu udara atau kelembaban, maka perusahaan harus memproduksi dan meyimpan dua versi yang berbeda untuk memenuhi seluruh pasar.

Sumber Daya Alam

Segala sesuatu yang diberikan oleh alam untuk dimanfaatkan dalam kehidupan manusia
  1. Minyak Bumi
  2. Sumber Konvensional
  3. Sumber Inkonvensional
    Pasir minyak
    Serpihan batu yang mengandung Batubara
    Gas Alam

Batu Bara dan Tenaga Nuklir

Batubara akan terus menyusut dari konsumsi energi utama. Karena lebih sedikit pabrik nuklir yg dihentikan kegiantannya dan adanya pemanfaatan kapasitas yang lebih tinggi dari pabrik buklir yang sedang berjalan, maka penurunan yang telah diestimasikan dalam pembangkit energi nuklir telah berkurang

Gas Alam

Diproyeksi tumbuh paling cepat dengan tingkat pertumbuhan yang hampir 2x lipat antara th 1999 dan 2020. penggunaannya bias melampaui penggunaan batubara (dalam BTU)  yg dibuktikan di th 1999 dan diperkirakan akan melampaui penggunaan batubara sebesar 38% pada tahun 2020

Sumber Sumber yang dapat diperbaharui

Industri energi percaya bahwa suatu hari sumber energi yang dapat diperbaruhi akan menggantikan bahan bakar fosil.

Terdapat 8 jenis : hidroelektrik, matahari, angin, panas bumi, gelombang, arus pasang, biomas, dan konversi energi ternal lautan. Jenis tersebut adalah sumber daya yang bias menghasilkan energi selain minyak, serpihan batu, batubara, gas alam.

Mineral Nonbahan Bakar

Meskipun banyak perhatian dunia telah dipusatkan pada penemuan sumber-sumber energi baru, bahwa terdapat juga sumbersumber mineral lain yang dikhawatirkan oleh banyak pemerintah dan industri. Seperti halnya semua krom, mangan, platina dan vanadium didunia diproduksi di afrika selatan dan bekas uni soviet.

Pertambangan di Laut

Pada tahun 1997 suatu perusahaan pertambangan untuk pertama kalinya mendaftarkna klaim di pengadilan untuk menambang deposit emas, perak, tembaga dan seng dibawah laut yang terkaya didunia, yaitu di laut Papua Nugini. Di tempat lain, juga terjadi penambangan intan terbesar di dunia oleh perusahaan De Beers dan Namibian.

Sumber Sumber Mineral

Ketergantungan terhadap minyak impor membuat para anggota non-OPEC berupaya untuk memacu penemuan minyak mentah. Sejalan dengan itu, terdapat penemuan penemuan penting yang akan mengurangi kebutuhan akan mineral-mineral tersebut.

Sumber-sumber mineral bukanlah satusatunya kekuatan fisik yang berubah. Modifikasi infrastruktur, yang sangat penting bagi para pelaku bisnis sedang dilakukan secara konstan. Misalnya, pemukiman baru dan industri baru tertarik di daerah-daerah dimana telah dibangun bendungan untuk mengendalikan banjir dan menyediakan tenaga serta irigasi.

Penghancuran Sumber Daya Alam

Menurut sejarah, bangsa-bangsa telah memberikan perhatian yang relatif sedikir kepada pencemaran dan penghancuran sumber daya alam didunia. Pengendalian polusi udara dan air menjadi barang mewah oleh pemerintah, sehingga karena sangat ingin menarik industri baru dan industri yang telah mereka miliki, pemerintah tidak dapat menegakkan peraturan tentang itu.

Contoh Kelalaian SDM
  • Malapetaka Bhopal
  • Chernobyl
  • Tumpahan Minyak Alaska
  • Terorisme ekologi dalam perang teluk
  • Malapetaka ekologi terbesar setelah Chernobyl

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama