Facebook SDK

Fakultas                                              : MIPA
Jurusan/Program Studi                         : Pendidikan Matematika/Matematika
Mata Kuliah                                         : Pengantar Pemrograman Desain Web
Kode                                                   : SMT 319
SKS                                                    : Teori  2 SKS            Praktik  1 SKS
Semester                                             : 7 (Tujuh)
Mata Kuliah Prasyarat & Kode               : PIK (MAT 305)
Dosen                                                 : Kuswari Hernawati, M.Kom.

I. Deskripsi Mata Kuliah

Pengantar Pemrograman Desain Web memberikan pemahaman seni desain web sebagai sarana informasi  digital,  keterampilan  teknis  me-layout  serta  memberikan  kemampuan  dan  keterampilan teknis penyelesaian akhir(finishing) suatu rancangan dengan komputer grafis untuk web dari segi pewarnaan, huruf, gambar.  Pengantar Pemrograman Desain Web berisi bahasan tentang            html,
skrip, konten dan arsitektur situs, manipulasi gambar dan foto secara digital

II. Standar Kompetensi Mata Kuliah

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memahami seni desain web sebagai sarana   informasi   digital,   keterampilan   teknis   me-layout   serta   memberikan   kemampuan   dan keterampilan teknis penyelesaian akhir(finishing) suatu rancangan dengan komputer grafis untuk web dari segi pewarnaan, huruf, gambar.

III. Rencana Kegiatan 

Minggu ke
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Strategi
Perkuliahan
Sumber Bahan/ Referensi
1
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang Internet, perkembangan
dan dasar-dasar internet.
1.   Pengenalan Internet
2.   Perkembangan
Internet
3.   Dasar-dasar Internet : www, Tranfer Data , Protokol Internet, Email, FTP, HTTP.
Kuliah   Tatap
Muka
D
2
Mahasiswa dapat menjelaskan
tentang web browser, URL, perbedaan host server dan client serta dapat memberi alamat IP pada sebuah host.
1.   Pengenalan Web
browser, URL
2.   TCP/IP, Pengalamatan
IP
3.   Host, Server dan Client
Kuliah   Tatap
Muka & Praktek Komputer
D
3
Mahasiswa dapat mengenal dan menggunakan bahasa HTML sebagai bahasa untuk mendesain sebuah halaman situs web
1.   Definisi dan
Pengertian HTML
2.   HTML Tags untuk teks dan huruf
3.   HTML Tags untuk warna
4.   HTML Tags untuk gambar
5.   HTML Tags untuk hyperlink
6.   HTML Tags untuk tabel
Kuliah   Tatap Muka & Praktek Komputer
D E
4
Mahasiswa    dapat   menjelaskan pengertian, tujuan dan prinsip- prinsip desain web
1.   Pengertian Desain dan desain web
2.   Tujuan Membuat Web
Page
3.   Prinsip-prinsip   dalam desain web
Kuliah   Tatap Muka & Praktek Komputer
D E
5
Mahasiswa   dapat   menjelaskan
Strategi     dalam     perencanaan sebuah situs web
Strategi Desain Web dalam
Perencanaan situs
Kuliah   Tatap
Muka & Praktek Komputer
D
E
6
Mahasiswa dapat mengenal dan
menggunakan skrip PHP dalam merancang halaman web
Pengenalan PHP
Kuliah   Tatap
Muka & Praktek Komputer
C
7,8
Mahasiswa     dapat     membuat
desain halaman web dengan bermacam-macam layout yang dibuat dengan tabel, frame, template serta mampu menambahkan elemen-elemen desain sesuai dengan prinsip- prinsip yang harus diterapkan dalam desain web.
Page Design :
1.   Layout
2.   Elemen-elemen
Desain
3.   Prinsip Desain
4.   Tabel
5.   Frame
6.   Template
7.   Form
Kuliah   Tatap
Muka & Praktek Komputer
D
E
9
U J I A N  S I S I P A N
10,11
Mahasiswa  dapat  menggunakan
Huruf  dan  warna  yang  efektif dalam desain web
1. Bekerja dengan jenis-
jenis huruf
(typhography)
2.   Membuat content text
yang efektif
3.   Warna dan kombinasi
(Colored Backgrounds)
Kuliah   Tatap
Muka & Praktek Komputer
B


4.   Psikologis Warna dan
Orang
5.  Membuat background
gambar


12,13
Mahasiswa dapat membuat halaman web dengan frame yang sesuai dengan kebutuhan
Bekerja dengan frame :
1.   Alasan Penggunaan
Frame
2.   Tipe-tipe frame
3.   Pemilihan Frame untuk sebuah halaman Web
Kuliah   Tatap Muka & Praktek Komputer
B
14,15
Mahasiswa dapat menggunakan warna dan membuat manipulasi gambar yang sesuai untuk suatu halaman web,
Pemilihan warna dan manipulasi gambar dengan Photoshop
Kuliah   Tatap Muka & Praktek Komputer
A
15
Mahasiswa dapat
mempublikasikan website hasil rancangannya ke internet
Publikasi  Website  dengan
web hosting
Praktek
Komputer

16
Presentasi Tugas Akhir

IV. Referensi/Sumber Bahan :

1. Wajib :
A.   Bauer, Peter, Photoshop® CS2 For Dummies, Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana, 2005
B.  Campbell, Marc, Dreamweaver 8 Design and Construction, O'Reilly, 2006
C.  Harris, Andy, PHP/MySQL Programming for the Absolute Beginner, Premier Press © 2003
D.  Robbins Jennifer, Niederst Learning Web Design, Third Edition, A Beginner’s Guide to (X)HTML, Style Sheets, and Web Graphics, O’Reilly Media, Inc, USA, 2007
E.  Wagner, Richard and Mansfield, Richard, Creating Web Pages All-in-One Desk Reference For Dummies®, 3rd Edition , Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana, 2007
2.  Anjuran :
Semua Home Page yang mendukung materi perkuliahan

V. Evaluasi

No
Komponen Evaluasi
Bobot (%)
1
Partisipasi Kuliah
5
2
Presentasi dan diskusi
10
3
Tugas-tugas
10
4
Ujian Sisipan
25
5
Ujian Akhir
35
6
Praktikum
15
Jumlah
100

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama