Facebook SDK

 Menurut Kotler & Armstrong (2001:348) produk dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu: 

a) Produk Inti (Core Product)

Produk inti merupakan tingkatan paling dasar dari produk, yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan apa yang sebenarnya dibeli oleh pembeli. Produk inti terdiri dari manfaat inti untuk pemecahan masalah yang dicari konsumen ketika mereka membeli produk atau jasa. Dalam merancang produk, pemasar mula-mula harus mendefinisikan manfaat inti yang akan disediakan produk ke konsumen.

Contoh: seseorang yang membeli minyak goreng tidaklah hanya untuk memasak, tetapi untuk menyajikan suatu yang lezat, nikmat dan sehat. Jadi seorang pemasar harus pandai untuk mengungkapkan kebutuhan yang terselubung di balik setiap produk dan menjual manfaat-manfaat produk (benefits) yang dimilik produk tersebut.


  1. Produk Aktual (Actual Product)

Produk aktual merupakan tingkatan kedua setelah produk inti. Perencanaan produk harus menciptakan produk aktual di sekitar produk inti. Produk aktual mempunyai lima karakteristik: tingkat kualitas, fitur, rancangan, nama merek, dan kemasan.

Contoh: Minyak goreng Bimoli mempunyai ciri khas yaitu warna minyak yang kuning keemasan, sedangkan minyak goreng merk Filma memiliki ciri khas warna yang lebih jernih.

Seorang perencana produk harus pandai dalam mewujudkan produk inti menjadi produk yang berwujud. Nama produk, komponen, gaya, sifat, kemasan dan atribut lainnya dikombinasikan dengan cermat untuk menyampaikan manfaat inti.

  1. Produk Tambahan (Augmented Product)

Merupakan tingkatan selanjutnya setelah produk aktual. Produk tambahan menawarkan jasa dan manfaat tambahan bagi konsumen dengan tujuan untuk menciptakan serangkaian manfaat yang akan paling baik memuaskan konsumen.

Contoh: Suatu merk minyak goreng memiliki keunggulan dari minyak goreng yang lain, karena minyak goreng tersebut baik untuk kesehatan (non kolesterol da nada tambahan vitaminnya)

Dalam hal ini seorang pemasar harus panda untuk menunjukkan keuntungan/keunggulan dari produk dan pelayanan yang ia berikan.



Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama