Facebook SDK

 


  1. Pengertian Pasar :
     “ Semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan terttentu yang mungkin bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut. ”
  2. Level Definisi Pasar
    Ukuran suatu pasar tergantung pada jumlah pembeli yang berada dalam  pasar  tersebut. Pembeli potensial memiliki tiga karakteristik pokok yaitu minat, penghasilan dan akses. Berdasarkan karakteristik tersebut, ada 5 level definisi  pasar :
  1. Pasar Potensial (Potential market), yaitu sekumpulan konsumen yang memiliki tingkat minat tertentu terhadap penawaran pasar tertentu.
  2. Pasar yang tersedia (available market), yaitu sekumpulan konsumen yang memiliki minat, penghasilan dan akses pada penawaran pasar tertentu.
  3. Pasar tersedia yang memenuhi syarat (qualified available market)
  4. Pasar yang dilayani (served market atau target market), yaitu bagian dari qualified available market yang ingin dimasuki perusahaan.
  5. Pasar penetrasi (penetrated market), yaitu sekumpulan konsumen yang benmar-benar telah membeli produk.

C. Strategi Pasar ( Market Strategy )

Strategi pasar berkaitan dengan perspektif pasar yang dilayani. Secara garis besar strategi pasar dapat diklasifikasikan menjadi 5 kelompok :

1. Strategi Cakupan Pasar

  1. Strategi pasar tunggal, bertujuan untuk mencari suatu segmen yang diabaikan saat ini atau kurang terlayani, kemudian berusaha memenuhi kebutuhan segmen tersebut.
  2. Strategi multipasar, perusahaan berusaha melayani beberapa pasar yang berbeda
  3. Strategi pasar keseluruhan, dilaksanakan dengan cara melayani seluruh spektrum pasar dengan menjual produk-produk yang terdeferensiasi pada segmen pasar berbeda.

2. Strategi Geografis Pasar

  1. Strategi pasar lokal, dengan melakukan konsentrasi usaha di suatu daerah tertentu yang relatif dan masih dekat dengan lokasi perusahaan.
  2. Strategi pasar regional, beroperasi dalam dua atau tiga wilayah dalam suatu negara.
  3. Srategi pasar nasional, ditandai dengan beroperasinya perusahaan secara nasional.
  4. Strategi pasar internasional. Cakupan wilayah dalam strategi ini meliputi beberapa negara. 


3. Strategi Memasuki Pasar

  1. First-in strategy, perusahaan berusaha menjadi pionir dengan jalan memasuki pasar pertama kali sebelum ada perusahaan lain yang memasukinya.
  2. Early-Entry Strategy, dilaksanakan dengan memasuki pasar segera setelah pelopor pasar memulainya.
  3. Laggard-Market-Entry Strategy, merupakan strategi memasuki pasar dalam tahap pertumbuhan atau dalam tahap kedewasaan (maturity) dalam Product Life Cycle (PLC).


4. Strategi Komitmen Pasar

  1. Strong-commitment strategy, perusahaan dituntut untuk melakukan  perencanaan operasinya dalam pasar yang dituju secara optimal.
  2. Average-commitment strategy, perusahaan menyediakan bauran pemasaran sesuai dengan kebiasaan pelanggan.
  3. Light-commitment strategy, pasar bersifat stagnan, potensinya terbatas dsb,jadi perusahaan berusaha mempertahankan status quo tanpa ada peningkatan pertumbuhan, laba atau pangsa pasar.


5. Market-Dilution Strategy

  1. Strategi demarketing, perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mengurangi minat para pelanggan untuk mencari produk yang dihasilkan perusahaan, baik secara temporer maupun permanen.
  2. Pruning-of-marginal-markets strategy, jika pasar tidak menghasilkan rate of return yang memadai maka perusahaan mengalihkan sumber daya yang ada pada pasar yang berkembang atau mendatangkan keuntungan besar.
  3. Key-markets strategy, perusahaan harus memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai segmen pasar kunci yang dipilih.
  4. Harvesting strategy, jika pangsa pasar menurun perusahaan bisa mengupayakan laba jangka pendek dengan cara menaikkan harga, menurunkan kualitas atau mengurangi iklan.


Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama