Facebook SDK

Menghitung seberapa banyak Alat Listrik yang dapat dinyalakan atau digunakan dirumah, sesuai dengan Daya Listrik terpasang
Daftar Ukuran Daya (Watt) berbagai Peralatan Listrik dan Elektronik di rumah
Artikel ini saya buat, untuk memberikan sedikit gambaran kepada anda yang ingin mengetahui mengenai besaran Daya berbagai peralatan Listrik yang biasa digunakan sehari-hari di rumah, dan seberapa banyak Alat Listrik yang dapat digunakan disesuaikan dengan Daya Listrik 450Watt, 900Watt, 1300Watt, 2200Watt, dan sebagainya
Berbagai pertanyaan mengenai besaran Daya dari berbagai Alat Listrik yang digunakan sehari-hari, antara lain:
  • Daya Listrik di rumah saya 900Watt, cukup gak untuk nyalain AC ½PK, dan Televisi 32 Inci?
  • MCB dirumah saya sering Jepret, apalagi kalau saya nyalain AC dan Setrika bersamaan, kenapa ya?
  • Daya Listrik di rumah saya 2200 watt, trus digunakan untuk nyalain AC ½PK, Lampu 36Watt sebanyak 5 buah, Pompa Air, Kulkas, Mesin Cuci, Microwave, Tapi MCBnya sering trip, kenapa ya?

Dan berbagai pertanyaan lainnya mengenai Daya Listrik dan penggunaan Alat listrik atau Elektronik di rumah.

Sebenarnya Beberapa pertanyaan ini dapat dijawab dengan melihat Spesifikasi Daya (watt) pada sebuah Alat listrik, dan menjumlahkan berbagai alat listrik yang dinyalakan bersamaan, dan Hasilnya tinggal dibandingkan dengan Total Daya Listrik yang terpasang di rumah kita.

Daftar besaran Daya (Watt) berbagai Peralatan Listrik dan Elektronik yang biasa kita gunakan di rumah.

Dan, yang perlu diingat adalah jangan menggunakan berbagai Alat listrik dengan Total Daya yang melebihi dari Daya Listrik terpasang di rumah anda, karena akan menyebabkan MCB dirumah anda jepret (Trip).

Berapa banyak alat listrik yang dapat kita gunakan, dengan Daya Listrik terpasang sebesar 450Watt, 900Watt, 1300Watt, 2200Watt, dan seterusnya?

Bukankah satuan Daya Listrik PLN menggunakan satuan VA, bukan Watt?

Benar, satuan Daya Listrik PLN adalah VA, misalnya 450VA, 900VA, 1300VA, 2200VA, dan sebagainya, Namun, perbedaan daya dengan satuan VA dan Watt umumnya lebih signifikan pada Instalasi listrik 3 Phase, karena banyaknya alat listrik yang bersifat Induksi dan menyebabkan menurunkan nilai Faktor Daya.

Sedangkan untuk Instalasi Listrik 1 Phase, yang biasa digunakan di rumah-rumah, tidak terlalu banyak menggunakan Alat Listrik yang bersifat Induksi sehingga faktor daya tidak terlalu banyak berubah, dan tetap mendekati nilai 1,00, sehingga perbandingan satuan VA dan Watt hampir sama atau mendekati.

Oleh karena itu, daya listrik yang terpasang di rumah sering disebut dengan satuan 450Watt, 900Watt, 1300Watt, dan seterusnya.

Berapa banyak Alat Listrik atau Elektronik yang dapat digunakan di rumah?

Menghitung seberapa banyak Alat Listrik yang dapat dinyalakan atau digunakan dirumah Berapa banyak Alat Listrik atau Elektronik yang dapat digunakan dirumah?
Daya berbagai Alat Listrik di rumah


Untuk memberikan sedikit gambaran mengenai seberapa banyak Alat Listrik yang dapat dinyalakan sesuai dengan Daya Listrik terpasang, berikut ini beberapa contohnya.


Seberapa banyak Alat Listrik yang dapat dinyalakan untuk Daya 450VA?
Untuk Daya Listrik 450Watt (450Va), saat ini memang sudah tidak tersedia lagi untuk pemasangan baru, namun masih ada Pemasangan lama yang menggunakan Daya Listrik 450Watt.

Daya 450Va, Jika digunakan untuk penerangan, maka dapat digunakan untuk menyalakan Lampu 36Watt sebanyak 12 Buah.

Jika anda ingin menyetrika, maka peralatan Listrik dan Elektronik lainnya perlu dipadamkan, karena daya setrika Listrik cukup besar, rata-rata dayanya 300Watt, dan sisanya dapat digunakan untuk beberapa lampu saja.

Begitu juga dengan Mesin Cuci, rata-rata memiliki daya sebesar 300Watt, dan jika Mesin Cuci dinyalakan maka Alat listrik lainnya perlu dipadamkan, sisanya masih dapat menyalakan lampu saja.

Daya Listrik 450Va bisa digunakan untuk nyalakan AC, gak?
Masih Bisa, untuk AC ½PK, (daya AC ½PK sekitar 375Watt), namun sangat Pas-pasan, dan tentunya seluruh Alat listrik lainnya harus dipadamkan.

Jadi kesimpulannya adalah, Daya Listrik 450Va ini memang sangat pas-pasan


Seberapa banyak Alat Listrik yang dapat dinyalakan untuk Daya 900VA?
Setelah Daya Listrik 450VA tidak tersedia lagi, pilihan selanjutnya adalah menggunakan Daya Listrik 900Va.

Daya Listrik 900VA ini dapat digunakan untuk menyalakan beberapa Alat Listrik sekaligus, seperti misalnya:

Menyetrika, sambil menyalakan Televisi, dan menyalakan Mesin Cuci. (Setrika 300Watt + TV 130Watt + Mesin Cuci 300Watt = 730Watt), dan sisanya masih dapat menyalakan beberapa Lampu saja.

Dapat menyalakan Kipas angin (100Watt), mesin cuci (300Watt), Dispenser biasa (150Watt), Televisi (130Watt), Kulkas (100Watt), dengan Total 780Watt.

Atau dapat digunakan untuk menyalakan AC ½PK(375Watt), Televisi (130Watt) dan Mesin Cuci (300Watt).

Jadi kesimpulannya, Daya Listrik 900Va ini cukup lumayan dan dapat memenuhi kebutuhan alat listrik kita sehari-hari.


Seberapa banyak Alat Listrik yang dapat dinyalakan untuk Daya 1300VA?
Sekarang Daya Listrik 1300Va menjadi pilihan yang banyak digunakan di rumah-rumah, dan tentunya daya listrik ini dapat digunakan untuk berbagai Alat Listrik atau Elektronik sekaligus.

Misalnya, anda dapat menyalakan AC 1PK, Mesin Cuci, Setrika sekaligus

Atau anda dapat menyalakan AC ½PK, Dispenser, Televisi, Mesin Cuci, Setrika, sekaligus.

Namun jika digunakan untuk Microwave yang umumnya menggunakan paling kecil Daya 600W, bahkan ada yang mencapa 1000Watt, tentu daya Listrik 1300VA ini menjadi pas-pasan.

Mungkin selanjutnya jika anda memiliki berbagai Alat listrik, seperti Microwave, Dispenser, Blender, Mixer, Kipas Angin, AC, Setrika, dan lainnya, dan anda ingin menggunakannya sekaligus, maka Daya Listrik yang lebih besar, misalnya Daya 2200Va, dapat memenuhi kebutuhan anda.

Berbagai Peralatan Listrik dan Elektronik yang anda gunakan di rumah, tentu memiliki besaran Daya (watt) yang berbeda-beda.


Berikut contoh Daftar besaran daya (Watt) beberapa peralatan Listrik dan Elektronik yang biasa kita gunakan di rumah.
  • Televisi LED 21 Inci daya 68Watt
  • Televisi LED 32 Inci daya 130Watt
  • Televisi LED 42 Inci daya 160Watt
  • Kulkas 1 Pintu kap.200L daya 70Watt
  • Kulkas 2 Pintu kap.200L daya 100Watt
  • Mesin cuci 8kg Top Loading 1 Tabung & 2 Tabung, daya 300Watt
  • Mesin cuci 6kg Top Loading 1 Tabung & 2 Tabung, daya 250Watt
  • Blender daya 130Watt
  • Setrika Listrik, daya 300Watt
  • Pompa Air, daya 250Watt
  • AC 1/2 PK, daya 375Watt
  • Lampu TL 36Watt, 18Watt
  • Lampu Hemat Energi 18Watt, 26Watt
  • Kipas Angin, daya 100Watt

"Data daya Listrik (Watt) dari berbagai Alat listrik dan Elektronik diatas hanyalah contoh, tentunya akan memiliki perbedaan sesuai dengan ukuran, jenis, model atau merek Alat Listrik masing-masing"
Namun yang perlu diperhatikan disini adalah, Periksa Daya (Watt) dari berbagai Alat Listrik yang anda gunakan dirumah, kemudian coba hitung dan jumlahkan Alat Listrik yang ingin anda nyalakan secara bersamaan, apakah Daya Listrik yang anda miliki masih cukup, atau sudah berlebihan?, Jika berlebihan tentunya akan menyebabkan MCB dirumah anda jepret (Trip).

Dan, semakin besar daya listrik yang anda gunakan, tentunya akan semakin besar pula Tagihan Listrik yang harus anda bayar setiap bulannya.

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama