Bagaimana cara Menghitung Total Nilai Hambatan (Rt) beberapa Resistor yang dihubungkan secara Seri, Paralel dan Campuran dalam satu Rangkaian?
Nilai Resistan (hambatan) pada sebuah Resistor dapat diukur dengan Menggunakan alat ukur Ohm-meter, atau dengan menggunakan Multitester analog.
Baca juga: Cara Menggunakan Multitester Analog
Untuk Resistor yang dilengkapi kode warna dapat diketahui berapa nilai hambatannya (Ohm), dengan membaca kode warna yang tertera pada resistor tersebut.
Baca juga: Kode warna Resistor dan cara menghitungnya
Selain itu, Resistor yang terhubung baik secara Seri, Paralel maupun Campuran juga dapat dihitung, lalu bagaimana cara menghitung Total Hambatan (Ohm), jika beberapa resistor dihubungkan satu dengan yang lainnya, baik secara seri, paralel atau seri paralel (Campuran)?



Total Hambatan beberapa Resistor yang yang dihubungkan dengan rangkaian Seri, akan berbeda nilainya dengan Rangkaian Paralel, begitu juga dengan Nilai Hambatan pada rangkaian Seri Paralel (Campuran).

Rangkaian Seri adalah Susunan beberapa komponen yang dihubungkan satu dengan lainnya secara berurutan, sehingga aliran listrik akan melewati salah satu komponen terlebih dahulu sebelum dialirkan pada komponen selanjutnya.

Rangkaian Paralel adalah Susunan beberapa komponen yang dihubungkan satu dengan lainnya secara sejajar, sehingga seluruh komponen akan mendapatkan aliran listrik yang sama.

Begitu juga dengan Resistor, Total Nilai Hambatan beberapa Resistor yang dihubungkan secara Seri akan lebih besar, dibanding jika beberapa Resistor yang sama dihubungkan secara Paralel, Benarkah demikian?

Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung total hambatan beberapa Resistor yang dihubungkan secara Rangkaian Seri, Paralel dan Seri Paralel (Campuran), berikut ini Rumus dan contoh perhitungannya.

Menghitung Total Hambatan Rangkaian Seri, Paralel dan Campuran



Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Seri
Bagaimana cara Menghitung Total Nilai Hambatan  Menghitung Total Hambatan Resistor secara Seri, Paralel dan Campuran (Seri Paralel)
Rangkaian Seri

Contoh Perhitungan:
Sebanyak 4 buah Resistor dihubungkan secara Seri, dan masing-masing Resistor memiliki nilai hambatan yang berbeda-beda, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) dari beberapa resistor yang terhubung secara seri tersebut?

Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Seri:
Rt = R1 + R2 + R3 +..............dst
Rt = R1 + R2 + R3 + R4
Rt = 4 ohm + 16 ohm + 32 ohm + 64 ohm
Rt = 116 ohm

Jadi Nilai Hambatan dari 4 buah Resistor yang terhubung secara seri diatas, adalah 116 Ohm, jika kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut dengan hanya 1 buah Resistor dapat menggunakan 1 buah Resistor 116 Ohm, karena nilainya sama (Ekuivalen).

Lalu, berapa Total hambatan keempat Resistor tersebut jika dihubungkan secara Paralel dalam satu rangkaian?


Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Paralel
Bagaimana cara Menghitung Total Nilai Hambatan  Menghitung Total Hambatan Resistor secara Seri, Paralel dan Campuran (Seri Paralel)
Rangkaian Paralel

Contoh perhitungan:
Sebanyak 4 buah Resistor dihubungkan secara Paralel dalam satu rangkaian, dan masing-masing Resistor memiliki nilai hambatan yang berbeda-beda, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) dari beberapa resistor yang terhubung secara Paralel tersebut?

Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Paralel:
Resistor Seri, Paralel dan Campuran

Jadi Nilai Hambatan dari 4 buah Resistor yang terhubung secara Paralel diatas, adalah 2,782 Ohm, jika kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut dengan hanya 1 buah Resistor dapat menggunakan Resistor 2,782 Ohm, karena nilainya sama (Ekuivalen).

Lalu, berapa Total hambatan keempat Resistor tersebut jika 2 buah Resistor dihubungkan secara paralel dan 2 buah Resistor lainnya dihubungkan secara seri dalam satu rangkaian?


Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Campuran (Seri Paralel)
Bagaimana cara Menghitung Total Nilai Hambatan  Menghitung Total Hambatan Resistor secara Seri, Paralel dan Campuran (Seri Paralel)
Rangkaian Campuran (Seri Paralel)

Contoh perhitungan:
Terdapat 4 Buah Resistor yang dihubungkan secara Campuran (Seri Paralel), 2 buah Resistor yakni R1p dan R2p dihubungkan secara Paralel dan 2 buah resistor lainnya yakni R1s dan R2s dihubungkan secara Seri dalam satu rangkaian, dan masing-masing Resistor memiliki nilai hambatan yang berbeda-beda, yaitu:
  • R1p = 4 Ohm
  • R2p = 16 Ohm
  • R1s = 32 Ohm
  • R2s = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) dari beberapa resistor yang terhubung secara Campuran (Seri Paralel) tersebut?

Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Campuran (Seri Paralel):
Bagaimana cara Menghitung Total Nilai Hambatan  Menghitung Total Hambatan Resistor secara Seri, Paralel dan Campuran (Seri Paralel)
Menghitung Resistor Seri, Paralel dan Campuran

Jadi Nilai Hambatan dari 4 buah Resistor yang terhubung secara Seri dan Paralel, (2 buah Resistor yakni R1p dan R2p dihubungkan secara Paralel dan 2 buah resistor lainnya yakni R1s dan R2s dihubungkan secara Seri) dalam satu rangkaian diatas, adalah 99,2 Ohm, jika kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut dengan hanya 1 buah Resistor dapat menggunakan Resistor 99,2 Ohm, karena nilainya sama (Ekuivalen).
  • R1p (Resistor yang terhubung Paralel)
  • R1s (Resistor yang terhubung Seri)


Demikianlah,Rumus dan contoh perhitungan Nilai Hambatan Total Beberapa Resistor yang terhubung dalam satua Rangkaian Seri, Paralel maupun Campuran.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama