Elemen sumberdaya alam sama dengan definisi lingkungan itu sendiri: tanah, air, udara, flora, fauna, dan interaksi unsur-unsur tersebut. Sehingga mengelola sumberdaya alam berarti pelestarian sumber-sumber tersebut hingga dapat diwariskan pada generasi mendatang agar dapat pula merasakannya.
Mengelola  lingkungan  bertujuan  pelestarian  pula  agar  lingkungan  tidak  terkena dampak  buruk  dari  aktifitas  yang  dilakukan  dan  dapat  diwariskan  pada  generasi mendatang. Tujuan konservasi ini adalah inti lahirnya pandangan sustainable development.


Inti perbedaan kedua frasa sumber daya alam dan lingkungan hidup adalah: SDA (natural resources) berfokus pada aset sumberdaya yang siap dikelola. Lingkungan hidup (environment) berfokus dengan akibat atau dampak dari kegiatan manusia yang dapat merusak kekayaan alam tersebut.

Bila lingkungan tidak rusak dapat menjadi sumber daya yang siap diexploitasi (dengan cara bijaksana agar generasi mendatang masih dapat menikmatinya). Mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup terutama berfokus pada para aktor manusianya, pelaku ekonomi, pada strategi apa yang perlu ditempuh agar sumber daya alam dan lingkungan tetap lestari dan secara optimal dimanfaatkan dengan berkelanjutan (sustainable).
Kerangka umum pengelolaan lingkungan hidup
Kerangka umum pengelolaan lingkungan hidup
Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup tingkat negara, aktor yang terlibat secara umum adalah:
  • Pemerintah sebagai regulator dan koordinator
  • Pengusaha sebagai pelaku usaha
  • Masyarakat sebagai pengguna dan pengontrol

Masing-masing pihak akan saling berinteraksi dan memiliki ciri strategi pengelolaan lingkungan tersendiri dengan kesamaan umum yaitu visi bersama mewujudkan kondisi sustainable development.
Indikator pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan untuk setiap fihak memiliki kesamaan visi namun misi yang diembannya berbeda. Maka indikator pengelolaan strategisnyapun   berbeda-beda.   
Disamping   fihak   Pemerintah   yang   berperan   sebagai regulator dan koordinator, peran pengusaha sebagai pelaku usaha, tentunya masyarakat sebagai pengguna dan pengontrol aktifitas yang dilakukan dan kebijakan yang diterapkan akan sangat menentukan keberhasilan penerapan indikator pengelolaan sumberdaya alam tersebut.

Badan Pemerintah

Secara umum karakteristik badan Pemerintah adalah:
  • - secara umum lebih pada peningkatan kualitas hidup masyarakat yang berada dalam wewenangnya
  • -    tidak melulu bersifat profit bahkan memiliki unsur non-profit
  • -    melayani kebutuhan dan keperluan masyarakat
Sehingga dalam mencari indikator pengelolaan usaha yang juga memperhatikan pengelolaan sumber daya alam akan ikut dimodifikasi. Contohnya seperti tercantum dibawah ini.

Pengusaha

Dalam menerapkan indikator pengelolaan sumberdaya alam, berpulang pada sejauh mana visi dan misi berkelanjutan yang diemban. Kemudian translasi visi, misi tersebut menjadi  tujuan  dan  sasaran  yang  ingin  dicapai  dalam  pengelolaan  bisnis.  Contohnya seperti tercantum dibawah ini.

Perusahaan XYZ
Visi:    mencapai tingkat perusahaan terbaik dalam pengelolaan lingkungan (Environmental Excellence) dan berusaha menuju proses zero waste

Misi:   
- perbaikan terus-menerus
- memberi nilai tambah sebesar mungkin pada bisnis

Modal organisasi ada 3: modal fisik (aset fisik), modal manusia (human capital), dan modal struktural (structural capital). 

Pembelajaran berasal dari 3 sumber:
orang / karyawan  kepuasannya, kebetahan, ketrampilan, pelatihan sistem  informasi real time, akurat

Indikator-indikator pengelolaan SDA-LH

Visi   pengelolaan   SDA-LH   secara   global   adalah   mencapai   kondisi   sustainable development dalam praktek kehidupan masyarakat sehari-hari.
Kondisi sustainable development dapat tercapai dengan syarat:
-    para aktor ekonomi bersama-sama bekerjasama
-    Adanya kerjasama didukung pembagian tanggungjawab yang jelas
-    Kerjasama didorong kesamaan visi dan pandangan

Selanjutnya jenis dan ukuran indikator tersebut tergantung pada misi spesifik dan strategi spesifik aktor ekonomi masyarakat.

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama