Tujuan Pelatihan:


  • Mendefinisikan pemasaran dan mendiskusikan konsep inti pemasaran
  • Mendefinisikan manajemen pemasaran dan menguji bagaimana pemasar mengatur permintaan dan membangun hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan
  • Membandingkan kelima falsafah manajemen pemasaran
  • Menganalisis tantangan-tantangan utama yang dihadapi pemasar pada abad mendatang

Konsep Inti Pemasaran

Pengertian Pemasaran

Menurut (Kotler, 2002:9) “Pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain” Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan, pemasaran adalah suatu proses dalam memperlancar kegiatan penyaluran barang dan jasa ke tangan konsumen dengan menciptakan, mendistribusikan, menentukan harga serta melakukan kegiatan promosi. Sedangkan manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan, pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
Pemasaran dalam Dunia industri
Pemasaran dalam Dunia industri

Kebutuhan, keinginan dan Permintaan

Kebutuhan manusia adalah ketidakberadaan beberapa kepuasan dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian, perlindungan,, keamanan, hak milik, dan harga diri. Kebutuhan tidak diciptikan oleh masyarakat atau pemasar. Kebutuhan hakikat biologis dan kondisi manusia.

Keinginan adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Contoh orang Amerika membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, kentang goreng dan coca cola.. Anda membutuhkan makanan (misalnya nasi) dan menginginkan roti, kentang, ayam goreng KFC, panta, dll.
Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

Produk (barang, jasa, dan gagasan)

Orang memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka dengan produk. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.. Produk terdiri dari barang fisik, jasa, dan gagasan. Contoh, sebuah restoran siap saji menyediakan barang (hamburger, kentang goreng, minuman ringan), jasa yang dijual adalah jasa memasak, menyediakan tempat duduk, tempat parkir) dan gagasan yang dijual adalah ”Menghemat waktu Anda”)

Nilai, Biaya, dan Kerpuasan

Misalnya Anda mau berangkat ke sekolah. Ada banyak pilihan yang bisa digunakan sebagai alat transfortasi ke sekolah: sepeda, sepeda motor, angkot, kendaraan pribadi, naik taksi, bahkan kereta api (kumpulan pilihan produk). Disamping itu, Anda juga ingin memuaskan beberapa kbutuhan tambahan dalam perjalanan ke sekolah: kecepatan, kemudahan, keamanan, dan murah. Masing-masing produk memiliki kemampuan yang berbeda dalam dalam memuaskan kumpulan kebutuhan (need set). Untuk itulah Anda harus memahami konsep nilai dan kepuasan.

Nilai (value) adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhan/keinginannya. Di samping, memiliki nilai, produk juga menuntut biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkannya. Menurur DeRose, nilai adalah pemenuhan tuntutan pelanggan dengan biaya perolehan, pemilikan dan penggunaan yang terendah.

Pertukaran dan Transaksi

Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu ke pihak lain.

Terdaplat lima kondisi yang harus terpenuhi agar pertukaran terjadi:
a. Terdapat minimal dua pihak
b. Masing-masing memiliki sesuatu yang mungkin berguna bagi pihak lain.
c. Masing-masing mampu berkomunikasi dan melakukan penyerahan.
d. Masing-masing pihak bebas menerima atau menolak pertukaran
e. Masing-masing yakin bahwa berunding dengan pihak alain adalah layak dan bermanfaat.

Transaksi adalah perdaganagan nilai-nilai antara dua pihak atau lebih

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama