Unsur unsur utama dalam strateji pemasaran adalah adalah keempat P dalam pemasaran (1) Product (Produk), (2) Place (Tempat), (3) Price (harga), dan (4) Promotion (Promosi). Keempat faktor ini saling memperkuat dan bila terkordinasi akan meningkatkan daya tarik penjualan dari produk dan jasa. Pengusaha harus memadukan faktor faktor untuk memaksimumkan pengaruh produk atau jasa terhadap pelanggan.


  1. Produk merupakan faktor yang sangat dalam pemasaran. Produk adalah baang atau jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Strateji pengembangan produk telah diuraikan secara lebih rinci pada Bab II, tentang Produk dan Pengembangan Produk.
  2. Tempat atau metode distribusi umbuh menjadi penting dengan semakin besarnya harapan pelangganakan layanan yang lebih baik dan kenyamanan. Segala kegiatan pergerakan barang sampai ketempat tujuan pelanggan membeli memberikan manfaat tempat. Manfaat tempat dipengaruhi langsung oleh saluran pemasaran dalam distribusi.
  3. Harga. Harga produk atau jasa adalah faktor kunci dalam keputusan pembelian. Harga dipengaruhi oleh tiga faktor: (1) struktur biaya perusahaan, (2) perkiraan hambatan pemasaran, (3) citra perusahaan yang dinginkan untuk memenuhi keinginginan pelanggan.
  4. Promosi. Promosi menyangkut baik periklanan maupun pennjualan secatra pribadi. Tujuannya adalah menginformasikan dan membujuk pelanggan. Iklan mengkomunikasikan manfaat barang atas jasa kepada calon pelanggan melalui media massa. Penjualan secara pribadi merupakan seni membujuk dalam penjualan dengan dasar tatap muka. 
  5. Pilihan Strategi pemasaran. Srategi merupakan penggabungan oleh wirausahawan terhadap kajian pasar dengan suatu rencana untuk mengembangkan daya saing dalam pasar sasaran tertentu untuk menciptakan bauran pemasaran yang berhasil. Ada beberapa pilihan strategi dasar pemasaran yang dapat digunakan oleh para pebisnis kecil:

  • a. Strategi penetrasi pasar merupakan usaha meningkatkan penjualan produk dan pasar yang sekarang melalui peningkatan usaha penjualan dan periklanan.
  • b. Strategi pengembangan pasar merupakan usaha meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk dan jasa yang sekarang kepada pasar yang baru.
  • c. Strategi pengembangan produk merupakan usaha meningtkan penjualan dengan menambahkan produk baru dan jasa baru pada pasar yang sekarang. Produkbaru ini mungkin berupa perubahan dari produk yang ada atau baru sama sekali.
  • d. Strategi segmentasi pasar dengan membagi pasar massal menjadi segemen-segmen yang lebih kecil hogin dan kemudian menyerang satu atau lebih pasar itu dengan strategi pasaran yang adaptif. Inti dari pemasaran adalah mempersempit sasaran, pengusaha akan lebih kuat bila mengurangi cakupan sasaran daerah operasi. Pendekatan spesifik adalah mencari siapa pelanggan, dan bagaimana melayani kebutuhan dan keinginan khusus mereka yang paling efektif.

Latihan Kelompok

  1. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok sesuai dengan minat masing peserta secara musyawarah dan masing masing ditetapkan ketua dan sekretaris kelompok untuk melakukan diskusi kelompok,
  2. Masing masing kelompok peserta untuk memilih jenis usaha misalnya agribis (pertanian, peternakan, perikanan), industri rumah tangga kerajinan rakyat, jenis usaha lain yang menjadi perhatian kelompok.
  3. Diskusikan apa yang dimaksudkan rencana pemasran, dan tujuan apa yang harus dicapai suatu rencana khususnya pebisnis UMKM
  4. Bagaimana riset pasar akan bemanfaat bagi UMKM, dan apa yang dapat dilakukan oleh UMKM dalam riset pasar, dan berikan bahwa UMKM juga dapat melakuan riset pasar yang praktis dan tidak memerlukan biaya besar.
  5. Mengapa para UMKM harus memilih pasar sasaran khusus sebagai bagian dari strategi pemasaran ?
  6. Diskusikan bagaimana pengusaha UMKM menggunakan keunggulan bersaing dari jenis usahanya dalam hal: berfokus pada pelanggan, kesetiaan pada mutu, perhatian pada kenyamanan, konsentrasi pada inovasi, dedikasi pada pelayanan dan pengunaan teknologi.
  7. Diskusikan bauran pemasaran ada jenis usaha UMKM yang telah dipih sebagai bahan diskusi. 

Rangkuman

Perencanaan pemasran meliputi: (1) Menentukan kebutuhan dan keinginan pelangan berdasarkan hasil kajian pasar, (2) Menentukan pasar sasaran spesifik yang akan dilayani, (3) Menganalisis keunggulan bersaing dan membangun strategi pemasaran, (4) Mencitrakan bauran pemasaran.

Kajian pasar adalah sarana untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan perencanaan pasar. Kajian pasar tidak perlu rumit dengan biaya mahal bagi pelaku UMKM. Kajian dapat dilakukan oleh pengusaha UMKM dengan mengamati perilaku dan menanyakan langsung pada pelanggan atau pembeli.

Landasan untuk membangun keunggulan bersaing dengan mengandalkan pada enam sumber: (1) Fokus pada pelanggan; (2) Kesadaran akan Mutu; (3) Perhatian dan Kenyamanan; (4) Konsentrasi pada inovasi; (5) Dedikasi pada layanan; (6) Mengutamakan kecepatan.

Strategi pemasaran terbentuk apabila pengusaha menggabungkan temuan dari kajian pasar dengan suatu perencanaan untuk mengembangkan keunggulan bersaing dalam pasar sasaran tertentu dalam rangka menyusun bauran pemasaran Strategi pemasaran adalah: (1) Penetrasi pasar; (2) Pengembangan pasar; (3) Pengembangan produk; (5) Segmentasi pasar.

Dalam pemasaran dikenal 4 P , yaitu Product (produk), Place (tempat), Price (harga) dan Promotion (Promosi), peran dari 4 faktor dalam membangun strateji pemasaran. Bauran pemasaran terdiri dari empat P tadi: (1) Product. Pengusaha harus memahami produk mereka berada dimana dalam daur hidupnya; (2) Place. Pusat perhatian adalah pemilihan saluran ditribusi yang sesuai dan menggunakannya dengan efisien; (3) Price. Penetapan harga yang benar untuk produk atau jasa sebagai seni dan ilmu; (4) Promotion. Mencakup periklanan penjualan secara pribadi, pameran produk. 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama