Referensi : Yusuf Wibisono.2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR – Corporate Social Responsibility. Fascho Publishing, Gresik 
Sebelumnya : Corporate Social Responsibility (CSR)
Implementasi CSR di perusahaan pada umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:  
Pertama, terkait dengan komitmen pimpinannya.Perusahaan dengan pemimpin yang memiliki sensitifitas dan kepedulian sosial yang tinggi akan memiliki komitmen tinggi terhadap CSR, begitu pula sebaliknya. 

Kedua, terkait dengan ukuran dan kematangan perusahaan. Perusahaan yang besar dan stabil lebih berpotensi untuk melaksanakan CSR. 
Ketiga, regulasi dan sistem perpajakan yang diatur pemerintah. Semakin kondusif regulasi dan semakin besar insentif pajak yang diberikan, akan lebih berpotensi memberi semangat kepada perusahaan untuk berkonstribusi kepada masyarakat. 
Baca juga: Corporate Social Responsibility (CSR)

A. Arti Penting CSR 

 Ada tiga alasan penting mengapa perusahaan  harus mengembangkan isu tanggung jawab sosial sejalan dengan operasi usahanya. 
  1. Perusahaan adalah bagian dari masyarakat sehingga harus memperhatikan kepentingan masyarakat. Kegiatah sosial ini berfungsi sebagai kompensasi atau upaya timbal balik atas penguasaan  sumber daya alam dan sumber adaya ekonomi oleh perusahaan yang kadang bersifat ekspansif atau eksploratif. 
  2. Kalangan bisnis dan masyarakat sebaiknya memiliki hubungan simbiosa mutualisme. Hal tersebut penting  untuk mewujudkan harmonisasi hubungan dan erat kaitannya dengan citra dan performa perusahaan. 
  3. Kegiatan tanggung jawab sosial merupakan salah satu cara untuk meredam atau bahkan menghindari konflik sosial. Potensi konflik itu bisa akibat dari operasional perusahaan atau akibat kesenjangan struktural dan ekonomis yang timbul antara masyarakat dengan komponen perusahaan.

B. Beberapa Alasan Implementasi CSR oleh Perusahaan 

 Ada tiga kategori alasan perusahaan melaksanakan CSR, yaitu: 
Pertama, karena alasan keterpaksaan, maksudnya CSR dipraktekan karena adanya dorongan eksternal. Misalnya, tanggung jawab PT. Lapindo Brantas kepada para korban lumpur di Sidoarjo terjadi karena adanya faktor  lingkungan dan faktor sosial. Selain itu, CSR yang diterapkan untuk dorongan membangun citra perusahaan (faktor reputasi). Misalnya berbagai bentuk program CSR yang diarahkan untuk membentuk citra atau opini publik yang positif. 
Kedua, karena alasan pemenuhan kewajiban, maksudnya CSR dipraktekan karena adanya regulasi, hukum dan aturan yang memaksanya. Misalnya yang terjadi pada perusahaan-perusahaan di Amerika. Selain itu, CSR yang diterapkan karena adanya penghargaan atau reward yang diberikan oleh segenap institusi atau lembaga. Misalnya CSR award. 
Ketiga, karena alasan tanggung jawab sosial yang tulus. Maksudnya CSR diaplikasikan  dengan kesadaran perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan. 

Benefit Implementasi CSR 
Ada beberapa keuntungan yang bisa diraih perusahaan dari penerapan program CSR, yaitu: 
1. Mempertahankan atau mendongkrak reputasi dan brand image perusahaan 
2. Layak mendapatkan social license to operate
3. Mereduksi resiko bisnis perusahaan 
4. Melebarkan akses sumber daya 
5. Membentangkan akses menuju market
6. Mereduksi biaya 
7. Memperbaiki hubungan dengan stakeholder 
8. Memperbaiki hubungan dengan regulator 
9. Meningkatkan semangat dan produktifitas karyawan 
10. Peluang mendapatkan penghargaan 

Rogovsky menyusun manfaat keterlibatan komunitas-perusahaan adalah sebagai berikut:  
Komunitas pada Perusahaan 
• Reputasi dan citra lebih baik 
• Lisensi untuk beroperasi secara sosial
• Bisa memanfaatkan pengetahuan dan tenaga kerja lokal 
• Keamanan yang lebih besar 
• Infrastruktur dan lingkungan sosial ekonomi yang lebih baik 
• Menarik dan menjaga personel yang kompeten untuk memiliki komitmen yang tinggi
• Menarik tenaga kerja, pemasok, pemberi jasa, dan pelangan lokal yang bermutu
• Laboratorium pembelajaran untuk inovasi organisasi 

Perusahaan pada Komunitas 
• Peluang penciptaan kesempatan kerja, pengalaman kerja dan pelatihan  
• Pendanaan investasi komunitas pengembangan infrastruktur 
• Keahlian komersial 
• Kompetisi teknis dan personal individual pekerja yang terlibat. 
• Representatif bisnis sebagai jurus promosi bagi prakarsa-prakarsa komunitas. 

Rogovsky  menunjukan profil organisasi yang menjalankan konsep tanggung jawab social ( CSR), seperti berikut: 
  1. Pendekatan yang menggabungkan nilai dan strategi Organisasi yang mampu memadukan antara etika korporat yang ada, yang berkenaan dengan keterlibatan  komuniatas yang besar dengan strategi baru. 
  2. Yakin bahwa keberhasilan korporat hanya bisa dicapai  bila komunitasnya pun berhasil. Tingginya kinerja perusahaan-perusahaan ditunjukan  dengan adanya hubungan simbiotis antara keberhasilan  organisasi dan kesejahteraan komunitas. 
  3. Derajat intensitas tinggi.Memprioritaskan intensitas keterlibatan komunitas  organisasi dan menyelaraskan  tindakan-tindakan yang menunjang komitmen keterlibatan  komunitas itu. 
  4. Derajat Integrasi Tinggi Integrasi berarti communty relations dan kontribusi dijalankan secara bersama-sama dengan tujuan komplementer dan tanggung jawab komunitas dijalankan semua divisi opersional.
  5. Program yang responsif terhadap stakeholder komunitas Organisasi bersikap proaktif dan para manajer menjalankan kegiatan yang berempati pada komunitas. 
  6. Pendekatan kesatuan dalam perencanaan program Mengakui bahwa setiap lokasi dan kelompok bisnis mungkin saja membutuhkan serangkaian program yang tepat untuk setiap lokasi dan kelompok bisnis
  7. Kemampuan dalam manajemen perubahan Manajer corporate community relations adalah agen perubahan yang trampil dan membuat organisasi bisa menerima perubahan yang terjadi pd komunitas dan masyarakat. 
  8. Mendukung beberapa kegiatan Perusahaan menyadari bahwa akan muncul dampak yang lebih besar bila perusahaan mendukung beberapa isu yang sedang berkembang. 
  9. Secara aktif bermitra dengan organisasi non profit Perusahaan bekerjasama dengan organisasi pendukung untuk bersama-sama merumuskan tujuan , bukan hanya sekedar memberikan uang pada organisasi itu. 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama