Pembagunan ekonomi adalah proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk suatu masyarakat meningkat. Meningkatnya pendcpeten perkapita merupakan cerminan dari timbulnya perbaikan dalam kesejahteraan ekonomi masyarakat. 

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Tujuan Pembangunan Ekonomi adalah menciptakan pertumbuhan GNP. Pertumbuhan GNP ditunjukkan dengan meningkatnya mutu pendidikan, menambahnya penghasilan pertanian, kurangnya angka kemiskinan, dan bertambahnya modal Negara. 

Manfaat Pembangunan Ekonomi

Manf aat pembangunan ekonomi yaitu :
• Meningkatnya GNP
• Mengurangi pengangguran
• Meningkatkan kemakrnuran
• Pengelolaan elem yang leblh baik
• Modal yang terkurnpul 

Salah satu konsep penting yang perlu diperhatikan dalam mempelajari perekonomian suatu negara adalah mengetahui tentang strategi pembangunan  ekonomi. Strategi pembangunan ekonomi diberi batasan sebagai suatu tindakan pemilihan atas faktor-faktor (variable) yang akan dijadikan faktor/variabel utama yang menjadi penentu jalannya proses pertumbuhan {Suroso, 1993) 

Macam Macam Strategi Pembangunan Ekonomi

1 . Strategi Pertumbuhan

Inti dari konsep strategi pertumbuhan adalah :
  • Strategi pembangunan ekonomi suatu negara akan terpusat pada upaya pembentukan modal, serta bagaimana menanamkannya secara seimbang, menyebar, terarah, & memusat, sehingga dapat menimbulkan efek pertumbuhan ekonomi. 
  • Selanjutnya bahwa pertumbuhan ekonomi akan dinikmati oleh golongan lemch melalui proses merambat ke bawah (trickle-down-effect) - pendistribusian kembali. 
  • Jika ter jadi ketimpangan/ketidakmerataan, hal tersebut merupakan prasyarat terciptanya pertumbuhan ekonomi. 
  • Kritik paling keras dari strategi pert a ma ini adalah bahwa pada kenyataan yang ter jadi adalah ketimpangan yang semakin tajam.

2. Strategi Pembangunan dengan pemerataan

Inti dari konsep strategi ini adalah ditekankannya peningkatan pembangunan melalui teknik sosial engineering, seperti halnya melalui penyusunan perencanaan induk, dan paket program terpadu. 

3. Strategi Ketergantungan

Tidak sempurnanya konsep strategi pertama dan kedua mendorong para ahli ekonomi mencari alternatif lain, sehingga pada tahun 1965 muncul strategi pembangunan dengan nama strategi ketergantungan.

Inti dari konsep strategi Ketergantungan adalah :
Langkah yang dapat ditempuh untuk mengatasi kemiskinan di negara-negara berkembang yaitu dengan meningkatkan produksi nasional yang disertai dengan peningkatan kemampuan dalam bidang produksi, dengan lebih mencintai produk nasional, dan sejenisnya. Teori Ketergantungan ini dikritik oleh Kothari dengan mengatakan “…teori ketergantungan tersebut memang cukup relevan, namun sayangnya telah menjadi semacam dalih terhadap kenyataan dari kurangnya usahauntuk membangun masyarakat sendiri. Sebab selalu akan gampang sekali bagi kita untuk menumpahkan semua kesalahan pada pihak luar memeras, sementara pemerasan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat kita sendiri dibiarkan saja…” (Kothari Ismid Hadad, 1980).

4. Strategi yang berwawasan ruang

Strategi ini dikemukakan oleh Myrdall dan Hirschman, yang mengemukakan sebab- sebab kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah yang lebih kaya/maju. Menurut mereka kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah maju dikarenakan  kemampuan/pengaruh menyebar dari kaya ke miskin (spread effects) lebih kecil dari pada terjadinya aliran sumber daya dari daerah miskin ke daerah kaya (back­ wash-effects).  Perbedaan pandangan kedua tokoh tesebut adalah, bahwa Myrdall tidak percaya bahwa keseimbangan daerah kayo dan miskin akan tercapai. Sedangkan Hirschman percaya, sekalipun baru akan tercapai dalam jangka panjang. 

5. Strategi pendekatan kebutuhan pokok 

Sarana dari strategi ini adalah menanggulangi kemiskinan secara masal. Strategi ini selanjutnya dikembangkan oleh Organisasi Perburuhan Sedunia (ILO)pada tahun 1975, dengan menekankan bahwa kebutuhan pokok manusia tidak mungkin dapat dipenuhi jika pendapatan masih rendah akibat kemiskinan yang bersumber pada pengangguran, Oleh karena itu sebaiknya usaha-usaha diarahkan pada penciptaan lapangan kerja, peningkatan pemenuhan kebutuhan pokok, dan sejenisnya.

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pembangunan Ekonomi

Ukuran suatu Negara (geograf is, penduduk dan pendapatan) 
• Si stem & struktur pol itik
• Latar belakang histories 
• Hubungan internasional
• Bantuan modal internasional
• Pemerataan & pertumbuhan penduduk
• Pendidikan 
• Teknologi 

Strategi Pembangunan Ekonomi

Strategi ekonomi merupakan berbagai usaha yang dilakukan demi tercapainya proses dan perubahan terus-menerus dalam memperbesar pendapatan perkapita. Strategi yang akan dilakukan sangat erat kaitannya dengan sistem perencanaan yang dibuat. Semakin perencanaan yang akan dilakukan dinamis maka strategisnya pun akan tertata rapih. 

Strategi ini dipertegas dengan ditetapkannya sasaran-sasaran dan titik berat setiap Repelita, yakni : 
Repelita I : Meletakkan titik berat pada sektor pertanian don industri yang mendukung sektor pertanian, meletakkan landasan yang kuat bagi tahap selanjutnya. 
Repelita II : Meletakkan titik berat pada sektor pertanian dengan meningkatkan industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku, meletakkan landasan yang kuat bagi tahap selanjutnya.
Repelita III : Meletakkan titik berat pada sektor pertanian menuju swasembada pangan dan meningkatkan industri yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi, meletakkan landasan yang kuat bagi tahap selanjutnya.
Repelita IV : Meletakkan titik berat pada sektor pertanian untuk melanjutkan usaha-usaha menuju swasembada pangan dengan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin-mesin industri sendiri, baik industri ringan yang akan terus dikembangkan dalam Repelita-Repelita, selanjutnya meletakkan landasan yang kuat bagi tahap selanjutnya.

Perencanaan Pembangunan

Perencanaan pembangunan adalah upaya untuk mengantisipasi ketidakseimbangan yang terjadi  yang bersifat akumulatif, atau sebagai peran arahan bagi proses pembangunan untuk berjalan  menuju tujuan yang ingin dicapai sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembangunan. 

Ciri perencanaan pembangunan :
• Berisi upaya untuk mencapai  perkembangan ekonomi
• Meningkatnya pendapatan perkapita
• Merubah struktur ekonomi
• Meningkatnya kesempatan kerja bagi masyarakat
• Pemerataan pembangunan 

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama