Bentuk Data

Nominal :
1. Ada unsur inflasi
2. Bukan daya beli
3. Tak mewakili suatu persepsi
4. Tak layak untuk diperbandingkan
5. Nilai selalu tetap 

Riel :
1. Ukuran daya beli
2. Bebas inflasi
3. Mewakili suatu Persepsi
4. Layak untuk per Bandingan
5. Nilai tdk konstan

Uji validitas dan realibilitas

Validitas: untuk mengukur keakuratan sebuah kuesioner. jika butir pertanyaan sudah Valid, berarti butir2 sudah bisa mengukur faktornya, selanjutnya apakah butir2 sudah valid mengukur konstrak/konsepnya.

Reliabilitas: menyangkut kehandalan / konsistensi jawaban yg diberikan oleh responden. Jika butir2 sudah reliabel berarti butir2 pertanyaan dianggap sudah konsisten sebagai alat ukur. Konsisten dari waktu ke waktu.
PERTANGGUNG JAWABAN

METODE SAMPLING

sampel acak:
ACAK SEDERHANA: tiap anggota populasi punya kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel, berapa banyak sampel yang dibutuhkan tergantung batasan area, diambil dgn cara diundi.
SAMPEL SISTEMATIK: Pengambilan sampel pada populasi didasarkan pada kelipatan sampel, shg tiap anggota populasi bisa terpilih menjadi sampel tergantung luas sempitnya interval.
SAMPEL BERSTRATA: dalam pengambilan sampel, populasinya dibentuk dalam beberapa strata/group, setiap anggota group memiliki variasi kecil.
SAMPEL CLUSTER: dalam pengambilan sampel, populasi dibentuk beberapa kelompok, setiap anggota kelompok memiliki variasi besar.


sampel non acak:
CONVINIENCE: mengambil sampel secara gampang & tidak didasarkan pada kriteria tertentu, bebas, siapapun yg ditemui bisa dijadikan sampel.
JUDGMENT: pengambilan sampel secara subyektif, dgn kriteria yg dibuat si peneliti. Subyektifitas didasarkan pada pengalaman.
QUOTA: pengambilan sampel dgn teknik ini berkaitan dgn demografi dgn kriteria: usia, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan, jumlah keluarga, ragam etnis, kematian/kelahiran.
SNOWBALL: pengambilan sampel yang memiliki populasi kecil dan terbatas namun posisinya menyebar luas dan dilakukan dengan teknik berantai seperti survey kemiskinan kota . Pedesaan, survey pengangguran tertutup / terbuka.

metode statistik, 2002, dergibson siagian, statistika bisnis dan ekonomi, gramedia pustaka utama, jakarta, hal. 115

QUOTA SAMPLE

Pengambilan sampel penelitian dari populasinya Dengan berdasar syarat dan kriteria dengan ketat Sehingga diperoleh sampel yang bener2 memenuhi Kebutuhan konsep. Umumnya digunakan untuk mengukur kepuasan Konsumen, persepsi tentang atribut produk, harapan Konsumen dll yang bersifat sangat intangible.
snow ball sample
CONTOH DEFLATOR
DAYA BELI UANG

PROBLEM ANALISA :

Hambatan dalam menelusuri data yg otentik Kurangnya data karena minimnya informasi Ketidakjujuran penyedia data Faktor pengganggu yg sulit di identifikasi Output data kurang mencerminkan estimasi   hanya berdasar angka2 prediksi Keterbatasan waktu, tenaga dan biaya Kondisi yang unpredictable

KONSEP VARIABEL

  1. Menggali data primer, membutuhkan wawancara dan kuesiner yang akurat.
  2. Variabel yang disusun dalam konsep harus konsisten
  3. Setiap variabel harus di break down menjadi indikator
  4. Setiap butir indikator akan disusun menjadi butir pertanyaan
  5. Setiap pertanyaan harus mampu memenuhi masanya/sesuai kondisinya
konsep variable

BUTIR PERTANYAAN

GAJI: selama bekerja di perusahaan tersebut, gaji yang diterima setiap bulan tidak layak untuk memenuhi kebutuhan hidup.
GAJI: dalam bekerja dan menyelesaikan tugas sehari-hari, kemauan dan keinginan untuk berhasil & sukses tidak bergantung pada besar kecilnya gaji yang diterima.
SARANA/FASILITAS: agar berhasil meraih kesuksesan dalam menjalankan pekerjaan, pemenuhan fasilitas / sarana kerja merupakan hal yang mutlak.
REWARD: setiap karyawan berhak atas reward, dalam bentuk apapun sesuai hasil kerja yang dicapainya.
KONSEP VARIABEL
KONSEP VARIABEL 2

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama