Merkantilisme, yaitu :

Falsafah ekonomi berdasarkan keyakinan bahwa:
a) Kemakmuran sebuah negara bergantung pada harta yang terakumulasi, cthnya : Emas
b) Untuk meningkatkan kemakmuran. Kebijakan pemerintah hendaknya meningkatkan ekspor dan mengurangi impor. Tindakan tindakan pemerintah ini menciptakan surplus perdagangan.

Teori Keunggulan Absolut

Adam Smith menyatakan
bahwa kekuatan kekuatan pasar, bukan pengendalian pemerintah, yang seharusnya menentukan arah, volume dan komposisi perdagangan internasional.
Suatu kemampuan sebuah bangsa untuk memproduksi suatu barang lebih banyak dengan jumlah masukan yang sama dengan negara lain.

Teori Keunggulan Komparatif

Pada tahun 1817 Ricardo memperlihatkan bahwa meskipun sebuah bangdsa memegang keunggulan absolut dalam produksi dua barang, kedua negara masih dapat berdagang dengan keunggulan bagi masing-masing sepanjang bangsa yang kurang efisien, tingkat kekurang-efisienannya tidak sama dalam memproduksi kedua barang tersebut.


Sebuah bangsa yang memiliki kelemahan absolut dalam memproduksi dua barang dari sudut bangsa lain memiliki suatu keunggulan komparatif atau relatif dalam memproduksi barang, dimana kelemahan absolutnya kurang.

Teori Perolehan Faktor Produksi

Teori dari Heckscher Ohlin menyatakan bahwa:
Perbedaan-perbedaan internasional dan  interregional dalam biaya produksi timbul karena perbedaan-perbedaan dalam pasokan faktor-faktor produksi.

Negara-negara mengekspor produk-produk yang memerlukan sejumlah besar faktor produksi mereka yang berlimpah, dan meng impor produk-produk yang memerlukan sejumlah besar faktor produksi mereka yang langka.

Kurs

Untuk menentukan apakah terdapat lebih banyak keuntungan untuk membeli secara lokal atau mengimpor, para pedagang perlu mengetahui harga mata uangnya sendiri.

Untuk menukar dari mata uang asing ke domestik, mereka menggunakan Kurs.

Kurs adalah harga sebuah mata uang yang dinyatakan dalam nilai mata uang lainnya.

Devaluasi Mata Uang

Suatu cara negara untuk menghindari kehilangan pasar dan memperoleh kembali daya saingnya di pasar pasar dunia.

Devaluasi Mata Uang adalah : Menurunkan harganya terhadap mata uang  lain.

Daur Hidup Produk Internasional

Sebuah teori yang menjelaskan mengapa suatu produk yang mula-mula sebagai ekspor sebuah negara akhirnya menjadi impornya.

Contohnya :
a) Ekspor
b) Produksi luar negri dimulai
c) Persaingan luar negri dalam pasar ekspor
d) Persaingan impor

Skala Ekonomi dan Kurva Pengalaman

Mempengaruhi perdagangan internasional karena memungkinkan industri-industri suatu negara menjadi produsen biaya-rendah tanpa memiliki faktor-faktor produksi yang berlimpah.

Teori Stefan Linder Swedia

Mengenai permintaan yang tumpang tindih sbb:
Mengambil kesimpulan bahwa: Perdagangan internasional dalam barang-barang manufaktur akan menjadi lebih besar antara negara-negara dengan tingkat pendapatan perkapita yang sama daripada antara negara-negara yang tidak sama tingkat pendapatan perkapitanya.

Barang-barang dimana terdapat permintaan tumpang tindih (overlapping demand), yang  berarti para konsumen di kedua negara meminta barang yang sama.

Teori Porter menyatakan bahwa empat jenis variabel akan mempunyai dampak atas kemampuan perusahaan-perusahaan lokal disuatu negara untuk menggunakan sumbersumber negara itu guna memperoleh keunggulan komparatif.

4 Jenis Variabel nya adalah :
a.Kondisi-kondisi permintaan: sifat dasar dari permintaan domestik.
b. Kondisi-kondisi faktor: level dan komposisi faktor produksi.
c. Industri-industri terkait dan pendukung: para pemasok dan jasa dukungan industri.
d. Strategi, struktur,& persaingan perusahaan: perluasan persaingan domestik, adanya  hambatan-hambatan untuk masuk, serta organisasi dan gaya manajemen perusahaan.

Ringkasan

Perdagangan internasional timbul utamanya karena perbedaan-perbedaan harga relatif diantara negara.

Perbedaan berasal dari perbedaan biaya produksi, yang diakibatkan oleh:
a) Perbedaan-perbedaan dalam perolehan atas faktor produksi.
b) Perbedaan-perbedaan dalam tingkat teknologi yang menentukan intensitas faktor yang  digunakan.
c) Perbedaan-perbedaan dalam efisiensi  pemanfaatan faktor-faktor ini.
d) Kurs valuta asing.

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama