Facebook SDK

garuda pancasila
ketika kalian melihat gambar di atas, tentunya kalian sudah mempunyai pikiran bahwa gambar tersebut adalah simbol negara kita. Memang benar, burung garuda atau sering kita sebut sebagai Garuda Pancasila merupakan lambang negara Republik Indonesia. dalam lambang tersebut, nampak sekali Pancasila sebagai pelindung dari burung garuda tersebut. Hal ini mengandung makna, bahwa Pancasila merupakan landasan berpikir dan norma dasar bagi bangsa dan negara Indonesia yang memberikan arahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. dengan kata lain, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara Republik Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara berkembang melalui suatu proses yang cukup panjang. pada awalnya bersumber dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yaitu adat istiadat, serta dalam agama-agama sebagai pandangan hidup bangsa. Oleh karena itu nilai-nilai Pancasila telah diyakini kebenarannya kemudian diangkat menjadi dasar negara sekaligus sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia. Oleh karena itu Pancasila, senantiasa melekat dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia.



Sebagai sebuah ideologi Pancasila tidak bersifat tertutup atau statis terhadap berbagai perubahan atau pemikiran pemikiran baru. contoh sila bersifat terbuka atau dinamis yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan baik Jaman ataupun pemikiran . dengan kata lain Pancasila mempunyai Keluwesan yang memungkinkan menerima perkembangan pemikiran pemikiran yang relevan dengan dirinya, tanpa menghilangkan hakikat atau jati diri yang terkandung di dalam nilai-nilai dasarnya.

pada artikel ini, kalian akan diajak untuk mempelajari materi materi hakikat Pancasila sebagai ideologi terbuka. Setelah mempelajari materi ini diharapkan kalian mampu mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka. menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan dan menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama