Pancasila Sangat terbuka untuk menerima pemikiran pemikiran baru yang salah satunya dihasilkan melalui forum diskusi
Sebagai sebuah ideologi terbuka, Pancasila kaya akan nilai-nilai baik yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia pada zaman dahulu, maupun budaya dan pemikiran bangsa Indonesia pada saat sekarang. tidak hanya itu, Pancasila juga menerima nilai-nilai dan pemikiran dari luar budaya negara kita yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan negara Indonesia. Pancasila bersifat dinamis terhadap perkembangan zaman, Sehingga Pancasila mempunyai kedudukan yang sangat kuat dan terhindar dari kehancuran .

Asal mula istilah Pancasila 

Asal mula istilah Pancasila gambar sebagai warga Indonesia tentunya kalian sudah mengenal dan mengetahui Pancasila. setiap kali melaksanakan upacara bendera rumah pembina upacara selalu membimbing kalian untuk membacakan teks Pancasila. akan tetapi, tahukah kalian asal mula istilah Pancasila?

dilihat dari asal usul katanya istilah Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta . Menurut Mr Muhammad Ya-, dalam bahasa Sansekerta perkataan Pancasila memiliki dua macam arti.
A. Panca artinya lima, sila dengan vokal i yg pendek artinya batu sendi atau dasar
B. Panca artinya lima siila dengan vokal i panjang artinya peraturan tingkah laku yang baik, yang penting atau yang senonoh .

Oleh karena itu secara etimologis Kata Pancasila yang dimaksudkan adalah istilah Pancasila dengan vokal i pendek yang memiliki makna berbatu sendi lima atau dasar yang memiliki lima unsur.

sejak zaman dahulu nenek moyang bangsa Indonesia sudah mengenal istilah Pancasila itu. sebenarnya, perkataan Pancasila pada awalnya terdapat dalam kepustakaan Buddha dan India . Dalam ajaran Budha terdapat ajaran moral yang harus dilaksanakan oleh para penganutnya untuk mencapai kesempurnaan hidup. setiap golongan berbeda kewajibanmu orangnya.

dengan masuknya kebudayaan India ke Indonesia melalui penyeberangan agama Hindu dan Budha, maka ajaran Pancasila termasuk kedalam perpustakaan Jawa, terutama pada masa kejayaan Majapahit di bawah kekuasaan raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada. Pada masa itu, istilah Pancasila dapat ditemukan dalam buku Nagara Kertagama karya Empu Prapanca dan buku Sutasoma karangan Mpu Tantular .

dalam buku Sutasoma dikenal istilah Pancasila krama. Pancasila krama itu merupakan lima dasar tingkah laku atau perintah kesusilaan yang lima atau sering disingkat lima, yakni:
A. Dilarang mateni atau membunuh
B. Di larang maling atau mencuri.
C. Dilarang Madon atau berzina.
D. Dilarang mabok .
E. Di larang main atau berjudi

Pada masa itu orang-orang harus berpegangan pada lima aturan kesusilaan tersebut. Tika mencoba-coba melanggarnya, akan mendapatkan sanksi, baik sanksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat sendiri, maupun sanksi hukum . Dengan demikian, pengertian Pancasila pada waktu itu dalam merupakan lima dasar tingkah laku atau lima perintah kesusilaan. .

dewasa ini bangsa Indonesia memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara. dengan demikian jika di Perhatikan dengan seksama seolah-olah Ada kesamaan pemikiran .
Nah setelah mengkaji uraian di atas, Coba kalian apakah rumusan Pancasila saat ini benar-benar telah mencer-kan ajaran ajaran moral di atas baik yang terkandung dalam ajaran Buddha maupun dalam buku Negarakertagama dan Sutasoma?

 silahkan Bagi yang mau berpendapat berkomen di bawah ini terima kasih

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama