Facebook SDK

 a. Definisi Riset Pemasaran

 “ Perencanaan, pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan pengambilan keputusan pemasaran dan mengkomunikasikan hasil analisis ini ke pihak manajemen. ”


b. Peran Riset Pemasaran Bagi Manajemen

  1. Fungsi deskriptif, mencakup pengumpulan dan penyajian pernyataan tentang fakta.
  2. Fungsi diagnostik, penjelasan tentang data atau tindakan.
  3. Fungsi prediktif, spesifikasi tentang bagaimana menggunakan riset deskriptif dab diagnostik untuk memperkirakan hasil keputusan pemasaran yang direncanakan.


c. Strategi Pemasaran dan Pembagian Riset

Strategi pemasaran digunakan sebagai penuntun penggunaan jangka panjang dari sumber daya perusahaan berdasarkan kapabilitas yang ada saat ini, kapabilitas yang akan datang dan berdasarkan perubahan-perubahan yang diproyeksikan dalam lingkungan eksternal.


Riset dibagi menjadi 2 bagian :

  1. Riset terapan yaitu riset yang bertujuan untuk memecahkan masalah pragmatis dan spesifik mengenai pemahaman yang lebih baik terhadap pasar, penentuan mengapa suatu strategi atau taktik gagal, dan mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan manajemen.
  2. Riset dasar yaitu riset yang bertujuan untuk memperluas batas-batas pengetahuan dan bukan untuk memecahkan masalah pragmatis dan spesifik.


d. Memutuskan Apakah Perlu Melakukan Riset Pasar

Seorang manajer yang dihadapkan pada beberapa solusi alternatif atas suatu masalah tertentu sebaiknya tidak langsung meminta riset pemasaran terapan. Sebenarnya keputusan pertama yang harus dibuat adalah apakah memang perlu melakukan riset pemasaran. Dalam banyak situasu, yang terbaik adalah melakukan riset pemasaran.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan riset pasar :

  1. Keterbatasan sumber daya
  2. Hasil riset tidak akan berguna
  3. Waktu yang kurang tepat di pasar
  4. Keputusan yang telah dibuat
  5. Jika manajer tidak setuju tentang apa yang mereka perlu ketahui untuk membuat keputusan
  6. Jika informasi pengambilan keputusan sudah tersedia
  7. Jika biaya melakukan riset kebih besar dari manfaat yang didapat


KEPUTUSAN APAKAH PERLU MELAKUKAN RISET PASAR

Ukuran Pasar

Margin Laba Kecil

Margin Laba Besar

Kecil

Biya lebih besar dibandingkan manfaatnya.Misalnya sekrup kacamata cadangan, penutup katup ban. JANGAN LAKUKAN RISET PEMASARAN

Kemungkinan manfaatnya lebih besar daripada biaya. Misalnya  peralatan industri spesialisasi berukuran besar, mesin cap metal yang dilengkapi computer. MUNGKIN MELAKUKAN RISET PEMASARAN, PELAJARI SEMAMPUNYA DARI INFORMASI YANG TERSEDIA SEBELUM MEMUTUSKAN MELAKUKAN RISET B

Besar

Manfaat kemungkinan besar lebih tinggi dibandingkan biaya. Misalnya peralatan medis seperti CAT scanner, Toshiba HDTV. LAKUKAN RISET PEMASARAN

Manfaat boleh jadi lebih besar dibandingkan biaya. Misalnya stouffers-hidangan utama beku, Crest-pasta gigi pengendali karang gigi. MUNGKIN MELAKUKAN RISET PEMASARAN. PELAJARI SEMAMPUNYA DARI INFORMASI YANG TERSEDIA SEBELUM MELAKUKAN RISET


                               
E. Proses Riset

Proses riset terdiri dari beberapa langkah sbb :

  1. Identifikasi dan formulasi problem / peluang
  2. Membuat desain riset
  3. Memilih metode riset dasar
  4. Memilih prosedur sampling
  5. Mengumpulkan data
  6. Menganalisis data
  7. Menyiapkan dan menulis laporan
  8. Menindaklanjuti

Internet dapat menjadi alat penting dalam melaksanakan riset eksploratori untuk mendefinisikan problem. Banyak organisasi besar memiliki intranet yang memungkinkan periset mengakses informasi yang relevan dengan masalah-masalah organisasi. Pada perusahaan yang sangat besar, proyek riset yang dilaksanakn untuk satu divisi mungkin bernilai bagi divisi lain. Intranet akan membantu manajer diseluruh jajaran perusahaan untuk menentukan apa yang sudah dikerjakan olehn kelompok lain dan apakah hasilnya relevan dengan problem yang ada saat ini.

Pada organisasi yang lebih besar adalah umum memiliki permintaan riset yang disiapkan setelah tujuan riset ditetapkan. Permintaan riset menggambarkan tindakan yang akan diambil berdasarkan riset, alasan mengapa informasi itu dibutuhkan, bagaimana informasi itu akan digunakan, kelompok sasaran yang akan menjadi sumber informasi, jumlah waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek riset dan informasi lain yang terkait dengan permintaan riset.

Kesimpulan

  • Ternyata lingkup salesmanship sangat luas dan penuh seni. Dan akan memberikan sebuah pemahaman mendasar bagi seseorang dalam mengenal lingkungannya secara
  • Sederhana, mengingat dalam kegiatan sehari-hari kita tidak dapat melepaskan diri dari peran dan pengaruh lingkungan di sekeliling kita.



Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama