Facebook SDK

  soal tes Simak UI BAHASA INDONESIA TPA

PETUNJUK UMUM 

  1. Sebelum mengerjakan ujian, periksalah terlebih dulu, jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah soal. Naskah soal ini terdiri dari 13 halaman. 
  2. Tulislah nomor peserta Anda pada lembar jawaban di tempat yang disediakan. 
  3. Tulislah kode naskah soal ini, pada lembar jawaban di tempat yang disediakan. Kode naskah soal ini: 211
  4. Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang menjelaskan cara menjawab soal. 
  5. Pikirkanlah sebaik-baiknya sebelum menjawab tiap soal, karena setiap jawaban yang salah akan mengakibatkan pengurangan nilai (penilaian: benar +4, kosong 0, salah -1). 
  6. Jawablah lebih dulu soal-soal yang menurut Anda mudah, kemudian lanjutkan dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua soal terjawab. 
  7. Tulislah jawaban Anda pada lembar jawaban ujian yang disediakan. 
  8. Untuk keperluan coret-mencoret, harap menggunakan tempat yang kosong pada naskah soal ini dan jangan pernah menggunakan lembar jawaban karena akan mengakibatkan jawaban Anda tidak dapat terbaca. 
  9. Selama ujian, Anda tidak diperkenankan bertanya atau meminta penjelasan mengenai soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk kepada pengawas ujian. 
  10. Setelah ujian selesai, Anda diharapkan tetap duduk di tempat Anda sampai pengawas ujian datang ke tempat Anda untuk mengumpulkan lembar jawaban. 
  11. Perhatikan agar lembar jawaban ujian tidak kotor, tidak basah, tidak terlipat, dan tidak sobek.
PETUNJUK KHUSUS 

  • PETUNJUK A: Pilih satu jawaban yang paling tepat. 
  • PETUNJUK B: Soal terdiri dari 3 bagian, yaitu PERNYATAAN, kata SEBAB, dan ALASAN yang disusun berurutan. Pilihlah:
    (A) Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat
    (B) Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat
    (C) Jika pernyataan benar dan alasan salah
    (D) Jika pernyataan salah dan alasan benar
    (E) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah 
  • PETUNJUK C: Pilihlah:
    (A) Jika (1), (2), dan (3) yang benar
    (B) Jika (1) dan (3) yang benar
    (C) Jika (2) dan (4) yang benar
    (D) Jika hanya (4) yang benar
    (E) Jika semuanya benar

BAHASA INDONESIA

Gunakan Petunjuk A dalam menjawab soal nomor 21 sampai nomor 40.

21. (1) Manajemen kantin universitas itu juga harus membuat suasana lebih hidup, ramai, dan tidak panas. (2) Seperti mengadakan pagelaran seni atau musik dan menambah kipas angin. (3) Agar suasana lebih sejuk. (4) Sehingga tidak menyebabkan keringat sebelum masuk ke dalam kelas. (5) Apabila semua itu bisa dijalankan dengan baik oleh pihak manajemen. (6) Mungkin bisa membuat mahasiswa dan staf universitas berpikir untuk makan di kantin itu dibandingkan dengan tempat lain. (7) Sehingga bisa meningkatkan penjualan dan suasana di kantin itu pun bisa lebih ramai.

Semua kalimat dalam paragraf di atas tidak baku, kecuali ....

  1. kalimat (1)
  2. kalimat (2)
  3. kalimat (3)
  4. kalimat (4)
  5. kalimat (7)


22. Ni Wayan Suryathini adalah warga Kota Denpasar. Ia lahir dan dibesarkan di Denpasar. Ia meneruskan studi dan bekerja di luar Bali. Ia mengungkapkan, tidak semua pojok di kota kelahirannya berubah. Gabungan yang tepat untuk keempat kalimat di atas adalah ... .

Gabungan yang tepat untuk keempat kalimat di atas adalah ....

  1. Sebagai warga Kota Denpasar yang lahir dan dibesarkan di Denpasar, tetapi meneruskan studi dan bekerja di luar negeri, Ni Wayan Suryathini mengungkapkan bahwa tidak semua pojok di kota kelahirannya berubah.
  2. Ni Wayan Suryathini, yang lahir dan dibesarkan di Denpasar, namun meneruskan studi dan bekerja di luar negeri, mengungkapkan bahwa tidak semua pojok di kota kelahirannya berubah.
  3. Ni Wayan Suryathini, lahir dan besar di Denpasar dan tetap menjadi warga Kota Denpasar, tetapi meneruskan studi dan bekerja di luar negeri, mengungkapkan bahwa tidak semua pojok di kota kelahirannya berubah.
  4. Bahwa tidak semua pojok di kota kelahirannya berubah, demikian diungkapkan oleh Ni Wayan Suryathini, yang lahir dan dibesarkan di Denpasar, tetapi meneruskan studi dan bekerja di luar negeri.
  5. Ni Wayan Suryathini mengungkapkan bahwa tidak semua pojok di kota kelahirannya berubah, meskipun ia lahir, dibesarkan, dan menjadi warga Kota di Denpasar, tetapi meneruskan studi dan bekerja di luar negeri.


23. Sepak bola tanpa batas. Ini memang hanya sebuah slogan belaka. Akan tetapi, slogan itu membersitkan cita-cita mulia bahwa sepak bola lebih dari sekadar suatu permainan. Sepak bola telah menjadi bagian dari keadaban publik kita. Melalui sepak bola kita belajar menenun kain habitus baru untuk menyelimuti dunia yang sedang dilanda kedinginan karena kurangnya solidaritas, minusnya religiositas, dan hampanya sportivitas. Mudah-mudahan harapan mendiang Paus Yohanes Paulus II ketika memberkati stadion Roma menjadi harapan kita juga, "Jauhilah kekerasan dari bola, cegahlah komersialisasi lewat bola, dan bola hendaklah menjadi sarana persaudaraan dan perdamaian dunia." Selamat menikmati Piala Dunia..

Kalimat yang tepat untuk meringkas seluruh isi paragraf di atas adalah ....

  1. Sepak bola merupakan habitus baru masyarakat dunia sekarang untuk mengurangi solidaritas, sportivitas, religiositas manusia yang semakin lemah.
  2. Sepak bola dapat menjadi sarana untuk membangun solidaritas, sportivitas, persaudaraan, dan perdamaian serta tidak sekadar merupakan sarana komersial.
  3. Habitus baru sepak bola diperlukan dalam dunia yang serba komersial dan penuh kekerasan sehingga sepak bola harus tanpa batas.
  4. Slogan sepak bola tanpa batas mengisyaratkan cita-cita baru umat manusia untuk menjaga perdamaian dan membangun persaudaraan dan menjauhi kekerasan.
  5. Kekerasan yang kerap membayangi persepakbolaan Indonesia menuntut kita memahami slogan sepak bola tanpa batas sehingga terciptanya kedamaian dan persaudaraan.


24. Para sejarawan umumnya memiliki pandangan yang lebih utuh dalam melihat suatu fenomena atau peristiwa sosial politik. Berbeda dengan para pengamat umumnya, para sejarawan selalu mengaitkan setiap masalah dengan peristiwa jauh di belakang. Merle Ricklefs, sejarawan Australia, misalnya, membuktikan hal itu dalam buku terbarunya, Polarising Javanese Society. Buku ini merupakan karya yang sangat baik dalam melihat gejala kebangkitan Islam di Indonesia. Ricklefs membahas masa-masa pembentukan kesadaran Islam pada paruh pertama abad ke-19 hingga awal abad ke-20..

Topik paragraf di atas adalah ....

  1. Pandangan sejarawan dalam melihat suatu gejala.
  2. Perbedaan pengamatan sejarawan dan pengamat umum.
  3. Cara sejarawan menganalisis suatu masalah.
  4. Pembahasan buku baru karangan Merle Ricklefs.
  5. Pembahasan masa awal pembentukan kesadaran Islam di Indonesia.


25. Pasar kerja penelitian di negeri kita cukup banyak. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah penelitian terapan yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu keadaan atau hasil suatu keadaan dalam masyarakat. Penelitian eksploratoris atau jenis penelitian lain yang bersifat teoretis juga memiliki pasar kerja, tetapi biasanya sangat terbatas. Ada juga dana yang disediakan oleh yayasan yang besar, seperti Toyota Foundation dan Ford Foundation. Bahkan, tersedia dana yang besar yang ditawarkan oleh pemerintah, seperti sejumlah proyek yang didukung oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Belum lagi perusahaan atau lembaga lain yang berkepentingan terhadap penelitian tertentu. Pada dasarnya, pasar kerja penelitian di Indonesia terbuka lebar..

Gagasan pokok paragraf di atas terdapat pada ....

  1. awal kalimat
  2. kalimat kedua
  3. awal dan akhir kalimat
  4. akhir kalimat
  5. semua kalimat


26. Munculnya bahasa Indonesia tidak tiba-tiba. Awalnya para pedagang di pelabuhan-pelabuhan Nusantara menggunakan bahasa Melayu untuk berkomunikasi. Jakarta, Pontianak, Banjarmasin, Manado, Makassar, Ternate, dan Ambon adalah pelabuhan tempat pedagang singgah. Di sana berkembang bahasa Melayu dengan kekhasan setempat: bahasa Betawi (Jakarta), bahasa Manado (Manado), bahasa Banjar (Banjarmasin), Melayu Makassar (Makassar), dan bahasa Melayu Ambon (Ambon). Ketika penjajah sulit berkomunikasi dengan penduduk setempat, bahasa Melayu yang digunakan. Demikian juga untuk bahasa pengantar di sekolah-sekolah yang mereka dirikan di berbagai daerah. Jadilah bahasa yang aslinya di daerah Riau dan Johor (Malaysia) itu bahasa pengantar kedua setelah bahasa Belanda.

Berikut ini informasi yang terdapat dalam bacaan di atas, kecuali ....

  1. Kehadiran bahasa Melayu yang dituturkan sebagai bahasa pengantar tidak tiba-tiba.
  2. Bahasa Melayu di Malaysia sama dengan bahasa-bahasa Melayu di beberapa daerah di Indonesia.
  3. Jauh sebelum Indonesia merdeka, bahasa Melayu telah menjadi bahasa pengantar di beberapa daerah.
  4. Penjajah bangsa Indonesia sudah menggunakan bahasa Indonesia sejak pertama datang.
  5. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang dulu berkembang di Johor dan daerah Riau.


27. Payung umumnya digunakan untuk melindungi diri dari hujan atau sengatan matahari. Fungsi ini tidak berbeda jauh dari maknanya yang dalam bahasa Inggris disebut umbrella. Umbrella berasal dari bahasa Latin, umbra, yang berarti ‘melindungi’. Payung juga mempunyai sinonim lain, yaitu parasol. Hanya saja, parasol biasanya digunakan untuk melindungi diri dari sengatan matahari.

Topik paragraf di atas ....

  1. Fungsi payung sebagai alat untuk melindungi diri dari hujan dan matahari.
  2. Kata umbrella berasal dari bahasa Latin umbra.
  3. Kata umbrella dan parasol bersinonim.
  4. Makna parasol berbeda makna dengan umbrella.
  5. Asal-usul kata payung.


28. (1) Kita sangat antusias melihat angka pertumbuhan ekonomi kita pada triwulan II mencapai 6,2 persen. (2) Namun, begitu melihat kinerja perekonomian negara tetangga, terlihat prestasi kita yang membanggakan itu bukan apa-apa. (3) Pada periode yang sama, seperti dikutip Kompas, Singapura mencapai angka pertumbuhan 18,8 persen. (4) Sementara itu, Thailand 9,1 persen, Malaysia 8,9 persen, dan Filipina pada triwulan I mampu tumbuh 7,3 persen.

Kalimat yang merupakan opini adalah ....

  1. kalimat (1)
  2. kalimat (2)
  3. kalimat (3)
  4. kalimat (4)
  5. semua kalimat


29. Setelah enam belas tahun berkarya di jalur musik, kelompok musik tersebut masih tetap berkibar.  Makna kata berkibar sesuai dengan kutipan di atas adalah ....

  1. ada
  2. menjadi idola
  3. berjuang keras
  4. mengudara
  5. melakukan pertunjukan


30. Perjuangan menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional tidaklah mudah. Dalam pemungutan suara banyak juga anggota Senat yang mengingini hal lain: kemajemukan bahasa seperti juga kemajemukan etnisitas di negeri itu. Di AS memang duduk orang-orang dari pelbagai etnisitas. Dipakai pula berbagai bahasa di sana. Tak heran bila pernah muncul lagu kebangsaan berbahasa Spanyol.

Kata duduk dalam konteks di atas mempunyai makna yang sama dengan kata-kata berikut, kecuali ....

  1. diam
  2. bercokol
  3. bermukim
  4. menghuni
  5. tinggal


31. Sejalan dengan arah pelaksanaan politik luar negeri RI serta sekaligus dalam upaya menyerap masukan dari berbagai pemangku kepentingan, Departemen Luar Negeri dalam tahun 2010 telah melakukan berbagai kegiatan, seperti seminar, sosialisasi, dan pertemuan kelompok ahli, baik di Jakarta maupun di berbagai daerah.

Gagasan pokok kalimat di atas adalah ....

  1. Arah pelaksanaan politik luar negeri RI.
  2. Arah pelaksanaan politik luar negeri Departemen Luar Negeri dan upaya menyerap masukan dari pemangku kepentingan.
  3. Kegiatan Departemen Luar Negeri sejalan dengan arah pelaksanaan politik luar negeri.
  4. Departemen Luar Negeri melakukan kegiatan.
  5. Pertemuan kelompok ahli baik di Jakarta maupun di berbagai daerah.


32. Banyak pedagang yang menginginkan keuntungan sebesar-besarnya, tanpa peduli kesehatan pembeli dengan menggunakan bahan yang lebih murah, tetapi tidak menjamin bahan tersebut layak untuk di konsumsi.

Kalimat di atas tidak baku; bentuk baku kalimat tersebut adalah ....

  1. Banyak pedagang yang menginginkan keuntungan besar, tetapi tanpa peduli kesehatan pembeli, sehingga menggunakan bahan yang lebih murah tapi tidak menjamin bahan tersebut layak untuk dikonsumsi.
  2. Banyak pedagang yang menginginkan keuntungan sebesar-besarnya tidak peduli pada kesehatan pembeli, lalu menggunakan bahan yang lebih murah tetapi tidak menjamin bahan tersebut layak untuk dikonsumsi.
  3. Banyak pedagang menginginkan keuntungan besar, tetapi tidak peduli pada kesehatan pembeli dengan menggunakan bahan yang lebih murah namun tidak menjamin bahan tersebut layak untuk dikonsumsi.
  4. Banyak pedagang menginginkan keuntungan besar, tetapi tidak peduli pada kesehatan pembeli sehingga mereka menggunakan bahan yang lebih murah, tetapi tidak layak untuk dikonsumsi.
  5. Banyak pedagang yang menginginkan keuntungan besar tidak peduli pada kesehatan pembeli sehingga menggunakan bahan yang lebih murah, akan tetapi tidak menjamin atau layak untuk dikonsumsi.


33. Fernando Alonso dari Spanyol mengangkat tangan setelah berhasil meraih posisi pole pada kualifikasi Sabtu, 25 September 2010, menggungguli Sebastian Vettel dari Jerman pada balap mobil formula satu di Singapura.

Gagasan utama kalimat di atas adalah ....

  1. Fernando Alonso dari Spanyol mengangkat tangan.
  2. Fernando Alonso mengangkat tangan.
  3. Fernando Alonso berhasil meraih posisi pole.
  4. Fernando Alonso meraih posisi pole.
  5. Fernando Alonso berhasil menggungguli Sebastian Vettel.


34. Kalimat-kalimat berikut merupakan kalimat yang tidak efektif, kecuali ....

  1. Menurut Taufik, mengacu pada pengertian bahwa bentuk mandala berupa garis geometris, Candi Mendut, Pawon, dan Borobudur yang dibangun pada satu garis lurus.
  2. Sebuah sikap hidup yang dalam kehidupan nyata saat ini terasa mahal.
  3. Kalaupun ada, kurang memberdayakan masyarakat lokal yang sesungguhnya berpotensi mengembangkan daerah.
  4. Termasuk di dalamnya kapal induk Ticonderoga, penghancur Shelton dan Eversole, serta penjelajah Bremeton.
  5. Dalam kawasan strategis nasional yang akan ditata antara lain dengan pembatasan tinggi dan arsitektur bangunan baru di sekitar candi.

(E)

35. Penggunaan tanda koma pada kalimat berikut tidak benar, kecuali ....

  1. Tak ubahnya Jakarta, jalanan Kota Boston pun ruwet, karena tak mudah dijelajahi dengan mobil.
  2. Pada tahun 2006, untuk ketiga kalinya, majalah Bicycling memasukkan kota ini ke dalam daftar kota terburuk di AS bagi pesepeda.
  3. Menino akhirnya memahami manfaat dari budaya ramah sepeda-demi lingkungan-yaitu, mengurangi kepadatan lalu lintas dan menyehatkan masyarakat.
  4. Kota-kota, mulai dari Louisville hingga Los Angeles, menawarkan kemudahan akses bersepeda, dan wisatawan adalah sasaran utama fasilitas tersebut.
  5. Sejumlah larangan membatasi keberadaan sepeda di jalanan umum, sehingga memudahkan akses ke pedalaman, atau menggenjot naik menyusuri pesisir sepanjang Old Highway.


36. Kalimat yang efektif di bawah ini adalah ....

  1. Madura sangat kaya akan tradisi lisan, di antaranya ada wayang wong, ludruk, macapat, dan syiir.
  2. Syiir kadang-kadang ditampilkan dengan saronen, instrumen tiup lokal.
  3. Penampilan saronen dahulu sering muncul saat orang mengantar pengantin yang diiiring menaiki kuda.
  4. Syiir juga sering muncul dalam seremonial seperti sunatan, selamatan desa, syukuran, dan lain-lainnya.
  5. Maksud dan tujuan dari dibawakannya syiir adalah untuk mendekatkan diri kepada Sang Khalik.


37. Kata gabung ditulis secara tepat dalam kalimat ....

  1. Paparan radio aktif yang melewati ambang batas berbahaya bagi kesehatan.
  2. Pemerintah memberikan beasiswa darmasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari Palestina.
  3. Hubungan segitiga kerap menghasilkan kabar duka cita.
  4. Olah raga pada orang tua memberikan efek relaksasi.
  5. Rencana penyediaan fasilitas transportasi kereta api super cepat terhambat masalah dana.


38. Penulisan kata yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan terdapat pada kalimat ....

  1. Ia akan mempertanggungjawabkan perbuatannya.
  2. Sudah saya beritahukan masalah itu kepadanya.
  3. Kami tidak bertanggungjawab atas peristiwa itu.
  4. Tolong beritahu mereka!
  5. Pemberi-tahuan itu datang terlambat.


39. Penggunaan kata serapan yang tepat terdapat dalam kalimat ....

  1. Dari aspek bahasa, kata kampanye berasal dari bahasa Inggris, yaitu to campaign yang berarti ’serangkaian aktivitas yang direncanakan atau suatu operasi militer’ (Evison, 1983).
  2. Sebagai penyusun buku ini kami berharap buku ini dapat menggugah generasi muda perempuan bahwa dalam berkeluarga membina karir masing-masing adalah suatu kemungkinan.
  3. Dengan menerbitkan buku ini kami ingin menyumbangkan sesuatu yang konkrit tentang aspirasi perempuan Indonesia sebagai manusia dan anggota masyarakat yang sedang membangun.
  4. Penulis beranggapan bahwa praktek perladangan, sebagai contoh, merupakan suatu keahlian yang didasari pengalaman tradisional dan sama sekali tidak primitif.
  5. Makin banyak lulusan sekolah menengah atas yang berminat mendalami bidang studi akutansi.


40. .... penerapan kebijakan itu menyebabkan munculnya rasa tidak puas .... para pendukung setia bupati itu.

Kata-kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....

  1. ketidak-konsistenan; di antara
  2. ketidak konsistenan; di antara
  3. ketidakkonsistenan; diantara
  4. ketidakkonsistenan; di antara
  5. ketidak-konsistenan; diantara

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama