Facebook SDK

Pengertian Geografi Secara Harfiah.
Geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu "Geo" yang berarti bumi dan "Graphein" yang berarti tulisan. Jadi, secara harfiah yang dimaksud dengan geografi adalah tulisan tentang bumi. Geografi juga disebut dengan ilmu tentang bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi.



Tetapi dalam mempelajarinya tidak hanya mengenai permukaan bumi saja, melainkan semua yang ada di dalam inti bumi, lapisan-lapisan bumi, luar bumi bahkan benda-benda yang berada di luar angkasa yang menjadi objek kajian geografi.

Pengertian Geografi Para Ahli
  1. Prof. Bintarto : Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala - gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi baik secara fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya , melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program , proses dan keberhasilan pembangunan.
  2. Claudius Ptolomeus : Geografi adalah ilmu yang mempelajari peristiwa , baik yang disebabkan oleh alam atau manusia dan mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi tersebut.
  3. Erastothenes : Geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi.
  4. Ellsworth Hunthington: Memandang manusia sebagai figur yang pasif sehingga hidupnya dipengaruhi oleh alam sekitarnya.
  5. John Mackinder : Geografi sebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.
  6. Ekblaw dan Mulkerne ; Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya , mempengaruhi pandangan hidup kita , makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan , rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.
  7. Paul Claval (1976) : Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan.
  8. Preston E. James ; Geografi berkaitan dengan sistem keruangan , ruang yang menempati permukaan bumi. Geografi selalu berkaitan dengan hubungan timbal balik antara manusia dan habitatnya.
  9. Menurut Ullman (1954) : Geografi adalah interaksi antar ruang.
  10. Maurice Le Lannou (1959) : Objek study geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.
  11. UNESCO (1956) mendifinisikan geografi sebagai 3 hal, yaitu : 1. satu agen sintesis; 2. satu kajian perhubungan ruang; 3. sains dalam penggunaan tanah.
  12. Yeates dan Hagget : Geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan mengenai perkembangan nasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi
  13. Hart Shorne : Geografi merupakan disiplin ilmu yang berusaha untuk menginterpretasikan dan menguraikan karakter variabel dari satu tempat ke tempat lainnya di muka bumi sebagai wadah atau tempat manusia untuk hidup.
  14. Alexander Von Humboldt : Geografi adalah study tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.
  15. Preston E James : Geografi merupakan induk dari semua ilmu pengetahuan yang ada. Hal itu disebabkan karena begitu banyak bidang ilmu pengetahuan yang sering dimulai dari keadaan permukaan bumi dan dilanjutkan pada studi masing-masing.
  16. Bintaro : Geografi pada dasarnya ialah ilmu pengetahuan yang menerangkan , menjelaskan sifat-sifat bumi , menganalisa seluruh gejala alam dan penduduknya serta mempelajari corak - corak yang khas tentang sebuah kehidupan dari unsur-unsur bumi.
  17. Elsworth Huntington : Geografi adalah studi mengenai fenomena pada permukaan bumi berikut penduduk yang menghuninya.Geografi juga hubungan timbal balik antara sifat - sifat gejala permukaan bumi dengan penduduknya.
  18. Suatu definisi yang lain adalah hasil semlok (seminar dan lokakarya) di Semarang tahun 1988. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.
Keyword : 
geografi tingkatan 1, geografi quiz, nota geografi, pengertian geografi, ruang lingkup geografi, definisi geografi, konsep geografi , pendekatan geografi

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama