Jam 12.00 A.M adalah tepat jam 12 tengah malam, sedangkan jam 12.00 P.M adalah tepat jam 12 siang hari.
Apa sebenarnya arti AM dan PM pada penulisan jam?
Kita tentu pernah melihat penulisan waktu (jam) dengan AM atau PM, lalu apa itu AM dan PM?
Pada penulisan waktu dengan simbol AM dibelakangnya, maksud AM itu apa?
Pada penulisan waktu dengan simbol PM dibelakangnya, maksud PM itu apa?



Penjelasan waktu A.M - P.M

Sebagian dari kita mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa ada tulisan AM atau PM pada penulisan Jam dengan format waktu 12 jam.
Penulisan jam di Indonesia umumnya menggunakan Format 24 jam, sedangkan format 12 jam dengan penambahan penulisan AM dan PM ini, umumnya digunakan di negara Amerika dan Eropa.




Jika waktu menggunakan Format 24 Jam, tidak menggunakan penulisan AM atau PM, sedangkan jika format waktu yang digunakan 12 Jam, maka untuk membedakan Waktu siang dan Malam, maka digunakan sistem penulisan waktu dengan menggunakan istilah AM dan PM.

Apa yang dimaksud dengan AM dan PM tersebut?

Apa sebenarnya arti AM dan PM pada penulisan jam Apa sebenarnya arti AM dan PM pada penulisan Jam
AM-PM
Kali ini kita akan berbagi, mengenai apa kepanjangan dari AM dan PM, serta apa sebenarnya yang dimaksud dengan AM dan PM pada penulisan waktu tersebut:


A.M
AM adalah singkatan dari Ante Meridiem.
Ante Meridiem berasal dari bahasa inggris yang memiliki makna sama dengan Before Noon, atau jika dalam bahasa Indonesia artinya sebelum siang hari (Tengah malam dan Pagi).

Karena penjelasan waktu di negara Inggris yakni, yang termasuk kedalam waktu sudah Siang adalah dimulai dari jam 12.00 Siang Tepat.

Sebelum siang (Before Noon) adalah dimulai dari jam 12.00 tengah malam sampai dengan sebelum jam 12 siang, jika sudah tepat jam 12.00 siang atau lebih, maka dapat dikatakan sudah termasuk Lewat tengah hari (After Noon).

Oleh karena itu waktu yang dapat dituliskan menggunakan AM, adalah waktu yang dimulai dari jam 12.00 malam, sampai dengan sebelum jam 12 siang, seperti:
  • Jam 12.00 AM, artinya tepat jam 12 tengah malam, atau jam 24.00 (Format 24 jam)
  • Jam 01.00 AM, artinya jam 01 dini hari.
  • Jam 05.00 AM, artinya jam 05 pagi hari.
  • Jam 10.00 AM, artinya jam 10 pagi hari.
  • Jam 11.59 AM, artinya jam 11 pagi lewat 59 menit atau kurang 1 menit menuju jam 12 siang, karena belum tepat jam 12 siang, maka jam 11.59 masih menggunakan penulisan AM.


P.M
PM adalah singkatan dari Post Meridiem
Post Meridiem berasal dari bahasa inggris yang memiliki makna yakni sama dengan After Noon, atau jika dalam bahasa Indonesia artinya setelah siang hari (Sore dan malam).

Karena penjelasan waktu di negara Inggris yakni, yang termasuk kedalam waktu siang adalah dimulai dari jam 12.00 Siang hari sampai dengan sebelum jam 12.00 Tengah malam, jika sudah tepat jam 12.00 tengah malam atau lebih, maka dapat dikatakan sudah termasuk sebelum tengah hari (Sore) atau AM.

Oleh karena itu waktu yang dapat dituliskan menggunakan PM, adalah waktu yang dimulai dari jam 12.00 siang tepat, sampai dengan sebelum jam 12 malam, seperti:
  • Jam 12.00 PM, artinya tepat jam 12 siang hari.
  • Jam 01.00 PM, artinya jam 1 siang hari
  • Jam 02.00 PM, artinya jam 2 siang hari
  • Jam 04.00 PM, artinya jam 4 sore hari.
  • Jam 10.00 PM, artinya jam 10 malam hari
  • Jam 11.59 PM, artinya jam 11 malam hari, lewat 59 menit atau kurang 1 menit menuju jam 12 malam, karena belum tepat jam 12 malam, maka penulisannya adalah jam 11.59 P.M.


Setelah membaca penjelasan mengenai AM dan PM pada penulisan jam, diharapkan kita dapat mengetahui apa sebenarnya maksud dari AM dan PM pada penulisan waktu dan jam dan lebih memahami maksud dari AM dan PM tersebut.


Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama