Kita sebaiknya mengerjakan tugas yang diberikan kepada kita dengan sebaik-baiknya dan sampai tuntas. Sehingga memperoleh hasil yang memuaskan. Sebagai pelajar, kita juga mempunyai hak dan kewajiban yang harus kita penuhi. Kita mendahulukan kewajiban kemudian baru menuntut hak.

Apabila kita berjanji pada seseorang, hendaklah kita menepatinya. Janganlah mengingkari janji dan janganlah membuat janji yang kita sendiri tidak yakin bisa memenuhinya. Sebagai warga kelas, warga sekolah, anggota keluarga, dan anggota masyarakat, kita dituntut untuk selalu mematuhi peraturan yang ada. Apabila kita melanggar, maka kita akan menanggung akibatnya, yaitu hukuman. 

Seperti biasa, Adit menunggu Firman di depan rumahnya untuk pergi  ke sekolah bersama-sama. Hari ini hari Kamis, jadwal mereka piket di kelas. Firman berjanji untuk menjemput Adit lebih pagi dari biasanya. "Tunggu aku ya Dit," pintanya.

Tetapi, kemarin malam ada paman Arman bertamu ke rumah Firman. Paman bercerita tentang pengalamannya memancing di laut lepas. Bersama teman-temannya hanya berbekal pancing dan jala, hasil tangkapannya pun lumayan banyak. 

Firman ingin sekali mahir memancing seperti pamannya, mendengarkan cerita tersebut dengan penuh perhatian. Sambil diperagakannya cara memancing dengan menggunakan alat pancingnya yang kecil.

Ibunya sudah mengingatkan Firman agar segera tidur, karena hari sudah malam. "Ayo cepat tidur Man, besok jangan sampai terlambat bangun," kata Ibu mengingatkannya. Tetapi dia tidak mendengarkan nasehat Ibu. Akhirnya Firman tertidur di kursi sambil mendengarkan cerita pamannya.

Ayah segera memindahkan Firman ke tempat tidur. Tiba-tiba Firman terbangun, badannya terasa pegal-pegal, ia menarik kembali selimutnya. Ibu sudah dari tadi mencoba membangunkan Firman.

Akhirnya dengan malas dia bangun. "Jam berapa ini Bu?" tanya Firman. "Sudah jam setengah tujuh, bisa terlambat kamu nanti," kata Ibu.

Firman teringat akan janjinya untuk menjemput Adit. Secepat kilat dia mandi dan sarapan pagi. Dengan berlari dia menemui Adit yang sudah gelisah menunggu.

"Kita terlambat masuk sekolah Man!" teriak Adit. "Aku sudah menepati janji bahwa kita akan berangkat bersama-sama pagi ini. Ternyata kamu terlambat bangun," kata Adit. 

Evaluasi

  1. Mengapa Adit merasa kesal kepada Firman?
  2. Mengapa Firman terlambat bangun?
  3. Mengapa Adit tetap menunggu Firman?
  4. Apa yang seharusnya
    a. Adit
    b.Firman lakukan untuk memenuhi janji mereka?
  5. Apakah kamu pernah berjanji kepada seseorang?
  6. Bagaimana perasaanmu ketika orang tersebut memenuhi janjinya? Mengingkari/tidak memenuhi janjinya?
  7. Apakah akibat dari tindakan Firman mengingkari janjinya pada Adit?

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama