bagi para dropshiper pemula, dan senior,. terkadang dalam sebuah hubungan dropship lebih rumit dibandingkan dengan hubungan pacar yang tidak akur. disini kita bertugas sebagai penyedia layanan antara pembeli dengan penjual, kalau ada masalah maka kita juga yang harus menyelesaikanya... 

Terkadang kan kita pesen barang, di baca dengan teliti sudah bener belum dengan yang ada di si shopee, klo udah bener langsung di bayar dan akhirnya dikirim suplier. Perasaan senang dan tenang menerpa tubuh. Tapi badai datang ketika barang tersebut di komplain dan ternyata tidak sesuai seperti yang di janjikan di toko online tersebut.


Nah bagaimana jika kita menemukan masalah seperti dibawah ini :
salah satu komplain di shopee bagi para dropshiper
nah jika kejadian yang seperti itu, maka tahap pertama adalah JANGAN KLIK PROSES PENGAJUAN. INGET ITU!!!

kenapa????
karena kita ini dropshiper, kalau ada masalah maka urusanya adalah sama SUPLIER bukan sama KITA. sori kepsloks jebol..

maka dari itu, untuk tahap pertamanya, maka kalian pergi ke akun toko pedia dan buka seperti gambar di bawah ini

2. klik titik 3 pesanan yang bermasalah seperti di gambar atas, dan harus sama persis dengan yang ada di shopee., ya iyalah, masa lu mau komplain pesanan yang beda sama yang ada di akun shopee, #guyon

3. lalu akan keluar tiga menu, ok sekarang Klik Komplain

4. lalu keluar menu "Komplian" yang berisikan "apakah anda yakin ingin mengajukan komplain?" , oh tentu saja kamu tinggal klik YA.

5. Maka akan muncul halaman "Buat Komplain" Untuk tahap pertama disini maka kita diharuskan mengklik menu pertama yang isinya
1. barang & masalah
pilih barang & masalah

6. isi dari menu pertama tadi ada di gambar bawah ini.. penampakanya seperti ini
Disini, kamu mau pilih yang mana, 
-Kalau ongkir berbeda, jelas tinggal klik "ada selisih ongkos kirim" dan masalah selesai karena gw ga bahas itu.

- Kalau barang yang ga sesuai, maka klik "kendala produk" Disini yang bermasalah hanya ada satu, kalau ada banyak silahkan pilih saja yang bermasalah supaya cepat selesai dan damai. Oke kita klik yang "kendala produk"

- jika sudah di klik, maka akan dibawa ke menu selanjutnya seperti di bawah...


7. Disini, jika barang sudah sampai maka klik pilihan "sudah sampai" dan klik menu "pilih masalah" 
lalu keluar menu seperti dibawah :
disini kamu pilih masalah sesuai dengan problem yang ada di shopee... Nah jika barang tidak sesuai dengan deskripsi dan janji di toko online tokped nya itu, maka klik "barang tidak sesuai deskripsi".. kalau barang yang di terima ancur, patah, bengkok dan lain lain dalam keadaan yang mengenaskan maka klik "barang rusak". Jika barang yang dikirim tidak lengkap seperti di janjikan di tokped maka klik "barang tidak lengkap"

Disini seperti yang diuraikan di atas, barang yang diterima pelanggan dropsip di shopee tidak sesuai dengan di tokped maka saya klik "barang tidak sesuai deskripsi". dan kemudian isi deskripsi sesuai yg ada di bukti lalu klik simpan

8. Jika tahap pertama sudah selesai, maka akan keluar ceklis hijau. Kemudian klik menu yang kedua. "solusi: pilih solusi"
lalu keluar menu seperti di bawah, maka ini tergantung situasi pembeli di shopee, kalau barangnya ga keterima tapi sampai di tracking resi maka klik "saya ingin meminta uang saya kembali" tapi kalau pembeli minta tukar sama yang bener maka klik "saya ingin menukar barang" tapi kalau barang sudah di terima dan tidak sesuai dengan deskripsi dan judul tokped maka klik "saya ingin mengembalikan barang dan meminta uang saya kembali"

saya klik menu "saya ingin meminta uang saya kembali". dan keluar menu seperti di bawah:
kamu klik seperti di gambar dan klik simpan

9. Tahap selanjutnya yang ketika yaitu mengunggah data bukti dan keterangan yang memperkuat komplain kita....
menu yang muncul seperti ini
disini kamu perlu mengunggah semua bukti yang diperlukan berupa gambar ke tokped.. lalu isi keterangan pendukung yang diperlukan juga.... setelah selesai kamu klik "upload bukti & keterangan"

10. tahap terakhir. jika komplain sudah ada semua ceklis hijau semua maka tinggal klik tombol "buat komplain". selesai



note dari pihak tokopedia


Cara Komplain di Pusat Resolusi


  1. Sebagai pembeli, Anda dapat menjelaskan kendala transaksi yang terjadi dan solusi apa yang diinginkan.
  2. Saat mengajukan komplain, Anda wajib melampirkan bukti pendukung, seperti kemasan produk, foto produk dari berbagai sisi, nota pemesanan, dan resi penerimaan.
  3. Penjual nantinya akan menanggapi keluhan, memberikan penjelasan, serta menerima solusi atau menawarkan solusi baru.
  4. Setelah Anda dan penjual menyetujui dan melakukan solusi yang sudah disepakati, komplain akan dianggap selesai. Jika Anda dan penjual tidak kunjung menemukan solusi bersama, Anda dapat meminta bantuan ke Customer Care Tokopedia.



Catatan: Pembeli tidak bisa lagi mengajukan komplain terhadap pesanan yang sama setelah 3 hari sejak status komplain telah selesai atau dibatalkan (finished atau canceled).





selesai

2 Komentar

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

  1. Makasih Info dan Artikelnya yah sangat membantu...kebetulan saya dropsiper di kedua lapak Tersebut dan dapat masalah persis dengan info yg diberikan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama