Bagaimana cara mengukur kapasitor untuk mengetahui apakah kapasitor tersebut masih bagus atau sudah rusak?
Sebenarnya untuk mengetahui apakah kondisi sebuah kapasitor masih bagus atau sudah rusak tidaklah sulit.

Kondisi sebuah Kapasitor dapat diketahui dengan menggunakan alat khusus yang disebut dengan Capasitance Meter, namun jika kita tidak memiliki alat ukur tersebut, dapat juga diukur dengan menggunakan alat ukur multi fungsi yang disebut dengan Multitester atau multimeter.
Cara menggunakan Multitester Analog (Lengkap)

Kapasitor banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, dan biasanya terpasang pada berbagai peralatan listrik yang kita gunakan, seperti pompa air listrik, Kipas angin, mesin cuci, AC dan sebagainya.



Apa fungsi Kapasitor?
Kapasitor adalah suatu komponen elektronik yang dapat berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik sesaat.

Seperti misalnya Kapasitor pada motor pompa air, kapasitor tersebut berfungsi untuk memberikan lonjakan tegangan listrik sesaat yang mengalir pada gulungan bantu, sehingga terjadi perbedaan medan magnet antara gulungan utama dan gulungan bantu, sehingga motor pompa tersebut dapat berputar dengan sendirinya.
Baca juga: Cara Mengukur Dioda
Apakah anda pernah mengalami pompa air yang anda miliki saat dinyalakan tidak mau berputar, namun setelah kita bantu putar pada porosnya maka pompa air tersebut dapat berputar dengan normal, apa penyebabnya?

Jika anda pernah mengalami hal diatas, ini menandakan bahwa kapasitor pada motor pompa air tersebut sudah tidak berfungsi (rusak).

Namun, untuk memastikan apakah Kapasitor tersebut benar-benar rusak atau masik bagus, dapat diukur dengan menggunakan Multitester atau multi meter analog.
Tips memilih Multitester yang bagus

Bagaimana cara mengukur kapasitor untuk mengetahui kondisinya apakah masih bagus atau sudah rusak?

Bagaimana cara mengukur kapasitor untuk mengetahui apakah kapasitor tersebut masih bagus a Cara Mengukur Kapasitor untuk mengetahui kondisinya
Cara Mengukur Kapasitor

Cara mengukur Kapasitor

Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi mengenai bagaimana cara mengukur kapasitor dengan menggunakan Multitester analog, meski sebenarnya pengukuran kapasitor juga dapat dilakukan dengan multitester digital, atau dengan kapasitansi meter, namun karena alat ukur multitester biasanya lebih mudah kita dapatkan dibanding alat ukur lainnya, dan paling banyak digunakan untuk mengukur kapasitor.

Cara mengukur kapasitor dengan multitester analog
  1. Siapkan alat ukur multitester
  2. Atur posisi selektor pada posisi Ohm-meter (untuk mengukur nilai tahanan)
  3. Pastikan kondisi Multitester yang anda pakai masih bagus dan berfungsi dengan baik
  4. Siapkan kapasitor yang akan anda ukur, dan pastikan kapasitor tersebut sudah tidak terhubung lagi dari kabel-kabel.
  5. Hubungkan jarum pengukur pada masing-masing terminal kapasitor
  6. Lihat hasil pengukuran pada jarum penunjuk multitester

Membaca Hasil pengukuran
  • Jika jarum penunjuk multitester bergerak dari kiri ke kanan dan beberapa saat kemudian jarum penunjuk kembali lagi ke posisi semula, ini menandakan bahwa kapasitor tersebut masih bagus.
  • Jika jarum penunjuk multitester bergerak dari kiri ke kanan namun tidak kembali ke posisi semula, ini menandakan bahwa kapasitor tersebut sudah tidak bagus (rusak).
  • Jika jarum penunjuk multitester tidak bergerak sama sekali, coba pindahkan posisi jarum pengukur dari positif ke negatif atau sebaliknya.
  • Jika posisi sudah dibalik namun jarum pengukur tetap juga tidak bergerak, ini menandakan bahwa kapasitor memang sudah rusak
  • Namun jika setelah posisi jarum pengukur dibalik dan jarum penunjuk multitester bergerak dari kiri ke kanan dan beberapa saat kemudian jarum penunjuk kembali lagi ke posisi semula ini menandakan bahwa kapasitor tersebut masih bagus.

Setelah kita mengetahui bagaimana cara mengukur kapasitor untuk mengetahui kondisinya apakah masih bagus atau sudah rusak, diharapkan kita dapat memperbaiki sendiri jika peralatan listrik di rumah kita ada yang rusak.

Jika peralatan listrik yang anda gunakan di rumah, seperti Kipas angin, Pompa air listrik, tidak dapat berputar meski sudah dinyalakan, dan jika dibantu putar sesaat, dapat berputar secara normal kembali ini berarti ada masalah pada kapasitornya, dengan mengganti kapasitor dengan yang bagus maka alat listrik kipas angin atau pompa air tersebut akan berfungsi normal kembali.


Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama