Apa sebenarnya arti kata Mudik dan Lebaran?
Tradisi Mudik atau Pulang Kampung di hari Lebaran, sudah menjadi Tradisi tahunan di setiap hari raya idul fitri bagi umat islam khususnya di Indonesia, namun pernahkah kita bertanya apa sebenarnya arti kata Mudik dan Lebaran tersebut?

Pulang kampung atau Mudik di hari Lebaran adalah suatu hal yang melengkapi kemeriahan hari raya idul fitri, Lalu kenapa Hari raya Idul fitri sering disebut dengan Lebaran?
dan apa sebenarnya arti dari kata Mudik?
Dari mana kata Lebaran berasal?



Hari raya Idul fitri menjadi puncak moment yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh Umat islam, setelah menjalani ibadah puasa sebulan penuh dibulan Ramadhan.

Hari Raya Idul Fitri menjadi hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa sebulan penuh, dan di hari kemenangan ini menjadi momen berkumpul dan saling maaf memaafkan bersama keluarga.

Di Indonesia Tradisi mudik sudah menjadi suatu kewajiban, dan tak lengkap rasanya jika dihari raya idul fitri tidak dapat berkumpul bersama keluarga.

Kenapa Tradisi pulang kampung ini biasa disebut dengan istilah Mudik?
Lalu apa sebenarnya arti kata Mudik, dan darimana asal usul kata Mudik tersebut?
Bagi Umat islam khususnya di Indonesia, Tradisi Mudik sudah menjadi tradisi sejak dulu kala.

Apa sebenarnya arti kata Mudik dan Lebaran Apa sebenarnya arti kata MUDIK dan LEBARAN?
Arti kata Mudik dan Lebaran

Arti kata Mudik dan Lebaran

Arti kata Mudik
Istilah kata Mudik berasal dari Bahasa Jawa, yang terdiri dari 2 kata, yaitu:
  • Mulih, yang berarti Pulang
  • Dilik, yang berarti sebentar
Mudik = Mulih & Dilik
Mudik berasal dari kata "Mulih Dilik" dalam bahasa jawa yang berarti Pulang sebentar.
Mudik digunakan sebagai istilah bagi umat islam dalam melakukan kegiatan Pulang Kampung dalam waktu yang sebentar sambil merayakan Hari raya idul fitri, berkumpul bersama keluarga untuk bersilahturahmi dan saling maaf memaafkan.

Namun menurut Wikipedia, Mudik sendiri berasal dari kata Udik yang berarti Hulu, atau biasa kita sebut juga dengan kembali ke desa/kampung (Udik).
Mudik = Udik

Arti kata Lebaran
Lebaran adalah suatu kata yang sering digunakan untuk menyebutkan hari raya idul fitri.

Belum ada yang dapat menjelaskan secara jelas mengenai darimana sebenarnya kata Lebaran tersebut berasal dan apa hubungannya dengan Hari raya idul fitri.

Namun ada beberapa versi mengenai asal usul kata Lebaran dan apa pengertian dari kata Lebaran tersebut.

Menurut MA.Salmun melalui artikelnya dalam bahasa sunda pada tahun 1954, kata Lebaran berasal dari bahasa Hindu yang berarti Selesai, Habis atau Usai.
Lebaran = Usai, Selesai
Pengertian Kata Lebaran ini dapat dikaitkan dengan hari raya Idul fitri yang ditandai dengan telah selesai atau usainya Bulan ramadhan.

Selain itu, Kata Lebaran juga sering digunakan oleh masyarakat Betawi yang diartikan sebagai suatu Kelapangan (Lebar-An), Kelegaan setelah berpuasa sebulan penuh dibulan Ramadhan, dan kegembiraan menyambut hari raya idul fitri.
Lebaran = Lebar, Lega
Namun, apapun makna kata Lebaran tersebut, kita tentu dapat menggambarkan maksudnya sebagai suatu hari kemenangan dan hari berbahagia, setelah berpuasa.

Lebaran dan Mudik seolah menjadi dua hal yang tak dapat dipisahkan bagi umat islam di Indonesia.

Karena Lebaran identik dengan tradisi Mudik atau pulang kampung, berkumpul dan saling bermaafan dengan keluarga.


Semoga bermanfaat!


Dari berbagai sumber

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama