Konsep dasar pada umumnya merupakan abstraksi atau konseptualisasi karakteristik lingkungan tempat atau wilayah diterapkannya pelaporan keuangan. Berbagai sumber atau penulis mengajukan sehimpunan atau seperangkat konsep dasar yang isinya berbeda – beda. 

Konsep dasar secara implisit melekat pada tiap penalaran dalam merekayasa akuntansi. Konsep dasar bersifat asumsi yang validitasnya tidak selalu dapat diuji tetapi bermanfaat sebagai basis penalaran.

Berbagai sumber manyajikan daftar konsep dasar yang berbeda-beda karena perbedaan persepsi terhadap arti pentingnya suatu konsep untuk disebut sebagai konsep dasar. Konsep dasar yang satu dalam banyak hal merupakan turunan atau konsekuensi dari konsep dasar lainnya. 


Kesatuan usaha harus dianggap sebgai badan atau orang yang berdiri sendiri dan bertindak atas namanya sendiri serta terpisah dari pemilik. Fungsi manajemen terpisah dengan fungsi pemilikan sehingga diperlukan pertanggungjawaban dalam bentuk statemen keuangan.

Kesatuan usaha dianggap akan berlangsung dan beroperasi terus dan tidak ada maksud untuk membubarkan. Statemen laba atau rugi menjadi statemen yang sangat penting untuk menilai kemempuan melaba sementara neraca merupakan sarana untuk menunjukkan sisa potensi jasa. 

Kos atau penghargaan sepakatan merupakan bahan olah akuntansi yang paling objektif setiap objek yang terlibat dalam transaksi atu kejadian harus dinyatakan dalam bahan olah iniagar dapat di proses secara lanjut. Kos merupakan pengukur atau pengkuantifikasian untuk menyatakan berbagai macam objek. Kos  melekat pada  objek kegiatan yang kontinues dalam upaya mendapatkan pendapatan akuntansi menggabungkan berbagai kos yang melekat pada komponen kegiatan tanpa memperhatikan nilai ekonomik baru yang melekat pada barang yang dihasilkan. Penentuan konsep dasar menerut APB dipengaruhi oleh karakteristik lingkungannya dimana akuntansi keuangan beroperasi.

Konsep dasar itu, melandasi prinsip akuntansi yang berlaku umum juga berfungsi sebagai fondasi bagi prinsip akuntansi lain, yang berlandaskan pada karakteristik lingkungan yang sama. Konsep dasar merupakan konsep yang dianut dan dijadikan dasar dalam penalaran dan perekayasaan. Konsep – konsep dasar, elemen – elemen, karakteristik dan keterbatasan akuntansi dan laporan keuangan , sebagaimana dinyatakan APB dalam statemen No 4, berturut- turut sebagai berikut :

1. Entitas akuntansi (accounting entity)

Makna entitas atau kesatuan akuntansi adalah perusahaan dianggap sebagai entitas ekonomi dan entitas hokum yang terpisah dari pihak – pihak yang berkepentingan, oleh karena itu informasi akuntansi hanya berhubungan dengan entitas dimaksud yang membatasi kepenmtingan para pemiliknya.

2. Kesinambungan ( going concern )

Suatu entitas akuntansi dipandang akan berjalan terus apabila tidak terdapat bukti sebaliknya. Hal itu, berarti bahwa perusahaan sebagai suatu kesatuan, dianggap akan melanjutkan usahanya berkesinambungan (going Concern), dimana sejak saat didirikannya tidak pernah ada niatan untuk dibubarkan.

3. Pengukuran sumber-sumber ekonomi dan kewajiban (Measurement of economic resources and obligations)

Akuntansi keuangan, terutama berkepentingan dengan pengukuran (Measurement) atas seluruh sumber-sumber ekonomi dan kewajiban-kewajiban perusahaan.

1. Periode akuntansi (Time Periods)

Proses akuntansi keuangan ini, adalah untuk menyajikan informasi tentang aktivitas ekonomi perusahaan dalam periode waktu tertentu.

2. Pengukuran dalam nilai uang (Measurement in term of money)

Akuntansi keuangan, menggunakan atribut pengukuran terhadap sumber-sumber ekonomi dan kewajiban perusahaan serta seluruh perubahannya dalam satuan ukur uang (Term of money).

3. Dasar akrual (accrual)

Penentuan hasil usaha periodik, dan posisi keuangan perusahaan itu, dipengaruhi oleh metode pengakuan dan pengukuran atas sumber-sumber ekonomi dan kewajiban perusahan, serta seluruh perubahannya pada saat realisasi penerimaan atau pengeluaran uang.

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama