Secara ringkas pengertian pasar meliputi tiga komponen :

  • Sekelompok orang atau lembaga yang mempunyai kebutuhan atau keinginan untuk dipenuhi.
  • Mempunyai kemampuan ntuk membeli atau berdaya beli.
  • Berkeinginan atau bersedia melakukan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Manajemen pemasaran dapat memandang pasar sebagai satu keselurahan ( pasar total ) atau sebagai suatu pasar yang terdiri dari berbagai bagian pasar ( Pangsa pasar ).
Proses Manajemen Pemasaran (PHILIP KOTLER 1994)
Proses Manajemen Pemasaran (PHILIP KOTLER 1994)
Armstead, Colin G & Graham Clark (1996 88)
Armstead, Colin G & Graham Clark (1996 88)
Analisa Pasar. Dimulai dari suatu pertanyaan yang ditujukan pada “ apa yang dibeli pelanggan”, yaitu produk yang bernilai melalui proses penjualan dan prestasi produk, kesetiaan pelanggan yang terbentuk. Selain itu perlu juga diperhatikan faktor-faktor yang melekat pada produk yang menjadikan konsumen tetap menggunakannya.

Segmentasi Pasar. Pelayanan serta pemenuhan akan kebutuhan pelanggan sudah semestinya mendapatkan suatu perhatian yang sangat besar serta terus-menerus dari si pemasar, agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan efisien dan efekfif, maka diperlukan suatu segmentasi pasar yang jelas untuk menempatkan produknya di pasar.  Segmentasi yang di maksud di sini adalah mengelompokan pelanggan berdasarkan hal-hal yang melekat pada diri pelanggan, contohnya : foktor gaya hidup, status sosial, tingkat pendidikan  dan lain sebagainya.

Penempatan Pasar. Untuk menempatkan produk di pasar serta mampu di serap oleh konsumen, pemasar harus jeli dalam melihat hal-hal yang diinginkan oleh pelanggan sesuai dengan persepsi serta harapan-harapannya. Hal ini berguna sekali agar pelanggan mampu mengenali  produk yang dipasarkannya dengan jelas melalui analisa lingkungan yang digunakan untuk mengetahui seberapa baik kinerja perusahaan di pasar segmen serta melalui penelitian pasar sehingga mampu meyimpulkan perbandingan antara kelemahan dan kekuatan (internal perusahaan) di tiap segmen, serta melihat kesempatan dan ancaman dari luar perusahaan (external perusahaan).

Bauran Pemasaran. Merupakan suatu gabungan dari beberapa unsur kombinasi yang saling berkaitan yang memungkinkan kita mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan target. Maksud dari penyusunan bauran pemasaran adalah menerapkan strategi untuk menempatkan produknya sedekat mungkin dengan yang diinginkan pesar di tingkat pasar sasaran.

Kepuasan Pelanggan/Konsumen. Puas atau tidak terhadap prestasi suatu produk sangat tergantung pada prioritas harapan serta pembobotan terhadap unsur-unsur yang dituntut serta di anggap penting bagi konsumen 

MARKET RISET

Aturan Main :

  1. Bentuk Kelompok dengan Anggota Maksimum 10 org
  2. Duduk harus sesuai dg kelompok.
  3. Harus mencium
  4. Menggali informasi
  5. Membuat Laporan
Buatlah 25 daftar kelemahan saudara ( kelompok )
Buatlah 25 daftar keunggulan saudara ( kelompok )

Rangking Masalah
Keuangan ……………….
Personalia/SDM ………..
Produk yg dijual …………….
Pemasaran ……………….

Kegiatan Penelitian tentang Pemasaran yang dilakukan secara sistematis dan bertujuan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan pemasaran.

Kegiatan tersebut meliputi :
Perumusan Masalah dan Tujuan Penelitian
Pengumpulan data
Pengolahan Data dan Interprestasi hasil penelitian

PENELITIAN TENTANG SURAT KABAR 

Tujuan :

  • Meningkatkan pangsa pasar
  • The First in East Java
  • Var.Pemasaran
  • Desain,isi,redaksional,jumlah halaman,Mutu,Retrur,Ukuran dan kemasan,reliability dan kecepatan.
  • Harga,potongan,price psychology,Jangka waktu pembayaran 
  • Promosi,Jenis,media,figur,wiraniaga,teknologi.
  • Saluran,Cakupan,Jenis,Lokasi,Transportasi,Penyimpanan.

Lingkungan :
Tingkat Persaingan
Kondisi Sosial Ekonomi
Pola pengeluaran

Konsumen :
Budaya,sosial,kepribadian,Kejiwaan,
Ideologi,Pendapatan,Kebutuhan,
Pendidikan.


Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama