A. SEGMENTASI DAN POSITIONING 

Alasan utama mempelajari perilaku konsumen adalah: Untuk mengetahui dasar-dasar pensegmentasian yang efektif.

Logika dari segmentasi pasar :
tujuan pembelian, pengetahuan produk, keterlibatan dan perilaku pembelian konsumen sangat berbeda-beda dan pemasar yang berhasil seringkali mengadaptasi strategi pemasarannya agar dapat menarik kelompok konsumen tertentu.  Sebuah produk yang sederhanapun seperti permen karet harus dalam berbagai cita rasa, ukuran kemasan, kandungan gula, kalori, konsistensi dan warna untuk dapat menarik konsumen berbeda-beda.


Segmentasi pasar yaitu : 
Proses memilah suatu pasar menjadigrup-grup yang berisikan konsumen yang sejenis dan memilih grup dan individu yang paling tepat untuk dilayani perushaan.

Tugas yang dilakukan dalam segmentasi pasar

1. Menganalisis hubungan konsumen produk
Kegiatan ini membutuhkan analisis terhadap afeksi dan kognisi, perilaku dan lingkungan yang dilibatkan dalamproses pembelian/pengkonsumsian suatu produk tertentu.
Ada 3 pendekatan :

  1. Para manajer pemasaran melakukan urun rembuk membahas tentang konsep produk,mencari tahu konsumen yang bagaimana yang akan membeli dan menggunakan produk tersebut dan apakah yang membedakan mereka dari orang lainnya yang kurang begitu ingin membeli 
  2. Grup fokus dan jenis-jenis penelitian primer lainnya dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan ciri-ciri, manfaat dan tata nilai dari berbagai pasar potensial yang ada 
  3. Penelitian sekunder dapat digunakan untuk mengetahui lebih jauh lagi perbedaab dari pasar-pasar sasaran potensial,menentukan ukuran relatif pasar tersebut, dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsumen dari produk tersebut atau produk sejenis lainnya. 
Segmentasi



  • Analisis lebih mendalam pada setiap pasar tersebut dapat memberikan masukan tentang peluang-peluang pasar yang dapat digali. 
  • Pasar barang mewah adalah mereka yang mencari produk berkualitas tertinggi (dan sering harga tertinggi) yang tersedia. Produk 2x tertentu bagi konsumen dipasar tersebutr sering kali memiliki makna yang sangat penting sbagi perwujudan cita rasa yang baik, keahlian dan status. 
  • Bagi konsumen dalam pasar demikian, afeksi dan kognisi (perasaan tentang dan makna dari produk), perilaku (kegiatan belanja) dan lingkungan (kontak informasi dan toko) berbeda dengan konsumen untuk pasar massal. 
  • Menganalisis perpebadaan pada konsumen juga sangat dibutuhkan terutama pada saat perusahaan sedang mencari pasar sasaran baru. 
  • Perbedaan kognisi konsumen berkenaan dengan harga produk dapat mengakibatkan perubahan dalam strategi pemasaran dan pada lingkungan yang membawa pada suatu perubahan dalam perilaku konsumen.  

Positioning

Pelajari juga Perilaku Konsumen

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama