RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan:SMP ..................................
Mata Pelajaran:IPA
Kelas/ Semester:VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Alokasi Waktu: 7 x 40 menit


A.   Standar Kompetensi
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup

B.   Kompetensi Dasar
6.3 Mendeskripsikan  keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme


C.  Tujuan Pembelajaran 
Pertemuan 1
  1. Melalui pengamatan dengan mikroskop secara cermat dan disiplin peserta didik dapat mendefinisikan pengertian sel dengan bahasa sendiri
  2. Peserta didik dapat menuliskan persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dengan cermat berdasarkan gambar yang diberikan selama berdiskusi dalam kelompok.
  3. Peserta didik dapat menuliskan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dengan cermat berdasarkan gambar yang diberikan selama berdiskusi dalam kelompok.
  4. Peserta didik dapat mendeskripsikan  organel-organel yang khusus terdapat pada tumbuhan beserta fungsinya dengan cermat berdasarkan gambar yang diberikan selama berdiskusi dalam kelompok.
  5. Peserta didik dapat mendeskripsikan organel-organel yang khusus terdapat pada hewan beserta fungsinya dengan cermat berdasarkan gambar yang diberikan selama berdiskusi dalam kelompok.
  6. Melalui pengamatan mikroskopis yang cermat dan disiplin peserta didik  mampu mengidentifikasi perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang tampak melalui pengamatan mikroskop cahaya.
  7. Peserta didik dapat menggunakan mikroskop dengan benar melalui kegiatan pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan secara berkelompok.
  8. Peserta didik dapat mengembangkan karakter demokratis, disiplin dan mandiri melalui kegiatan pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan secara berkelompok.

Pertemuan 2
1.    Peserta didik mampu mendefinisikan pengertian jaringan melalui data hasil pengamatan menggunakan mikroskop.
2.    Peserta didik mampu mempresentasikan (menyampaikan dengan percaya diri) hasil pengamatan berbagai jaringan hewan dan tumbuhan.
3.    Peserta didik dapat mengembangkan karakter demokratis, disiplin dan mandiri melalui kegiatan pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan secara berkelompok

Pertemuan 3
1.    Peserta didik dapat membedakan dengan cermat antara organ dan sistem organ berdasarkan data yang diperoleh melalui kegiatan pengamatan.
2.    Peserta didik dapat memberi contoh organ dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan berdasarkan data hasil  pengamatan makhluk hidup yang ada di sekitar siswa untuk mengembangkan sikap kepedulian pada lingkungan.
3.    Peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi organ dan sistem organ berdasarkan data hasil  pengamatan makhluk hidup yang ada di sekitar siswa untuk mengembangkan sikap kepedulian pada lingkungan.
4.    Peserta didik dapat mengembangkan karakter demokratis, disiplin dan mandiri melalui kegiatan pengamatan organ dan sistem organ hewan dan tumbuhan secara berkelompok.


D.  Materi Ajar
1.    Sejarah penemuan sel
2.    Pengertian sel.
3.    Bagian-bagian sel (organela sel)
4.    Pengertian jaringan dan contoh jaringan pada hewan dan tumbuhan
5.    Pengertian organ dan contoh organ pada hewan dan tumbuhan.
  1. Sistem organ yang menyusun tubuh makhluk hidup


E.  Model/ Metode Pembelajaran
A.    Model : Pembelajaran Kooperatif
B.    Metode : Pengamatan, Diskusi, Penugasan

F.  Sumber Belajar
-          Buku Sekolah Elektronik Kelas VII
-          Situs internet: ca7.msscience.com
-          Mikroskop
-          Preparat jaringan tumbuhan dan jaringan hewan (segar atau awetan)
-          Gambar sel, jaringan, organ, sistem organ

G. Kegiatan Pembelajaran   
Ø  Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
-   Berdoa
-   Mengecek kehadiran peserta didik
-   Menanyakan alasan ketidakhadiran peserta didik saat pelajaran hari ini atau yang tidak hadir pada pertemuan sebelumnya (mencontohkan kepedulian).
-   Apersepsi:
   Peserta didik diminta untuk mendeskripsikan proses apa saja yang terjadi di suatu pabrik (mencari bahan baku, memproduksi, mengecek hasil produksi, mengelola limbah produksi, dan lain-lain).
-   Motivasi:
   Peserta didik diminta untuk mengelaborasi adakah persamaam proses di dalam pabrik dengan yang ada dalam tubuh makhluk hidup.
-          Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan mengenalkan karakter yang akan dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (65 menit)
-   Peserta didik membaca dan menggarisbawahi konsep penting buku BSE bab Organisasi Kehidupan dan telaah informasi di internet tentang sel.
-   Peserta didik duduk dalam kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
-   Peserta didik mengamati preparat jaringan tumbuhan dan preparat jaringan hewan dengan menggunakan mikroskop secara cermat, teliti dan mandiri.
-   Setelah melakukan pengamatan, berdiskusi tentang pengertian sel, bagian-bagian sel dan membedakan sel hewan dan sel tumbuhan secara berkelompok dengan pembagian tugas yang seimbang (kerja sama).
-   Kelompok menyelesaikan diskusi tepat waktu (kedisiplinan).
-   Kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dalam diskusi kelas dengan suasana demokratis (guru memodelkan dan memfasilitasi kebebasan berpendapat dan menghargai persamaan hak orang lain dalam kegiatan diskusi).
-   Peserta didik mengembalikan alat-alat yang digunakan ke tempatnya semula dengan tertib dan rapi (tanggung jawab).

3. Kegiatan Penutup (5 menit)
-   Membuat resume hasil diskusi dengan bimbingan guru.
-   Penilaian terhadap kemampuan peserta didik menggunakan mikroskop menggunakan panduan penilaian LP 6.3B : Menggunakan mikroskop
-   Refleksi : 
Menyimpulkan bahwa dalam satu sistem/organisasi apapun agar dapat menjalankan fungsinya memerlukan kerja sama yang baik.
-   Membiasakan berpikir kritis dengan meminta untuk membuat 1 pertanyaan tentang materi untuk pertemuan berikutnya (tentang jaringan dan organ)
-   Berdoa


Ø  Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
-   Berdoa
-   Mengecek kehadiran peserta didik
-   Menanyakan alasan ketidakhadiran peserta didik saat pelajaran hari ini atau yang tidak hadir pada pertemuan sebelumnya.
-   Apersepsi:
Peserta didik diminta mendeskripsikan bentuk sel-sel yang mereka amati dengan mikroskop pada pertemuan sebelumnya
-   Motivasi:
   Peserta didik diminta mengamati sehelai kain dengan menggunakan lup, dan diminta menjelaskan bagaimana susunan kain tersebut dan fungsi kain tersebut.
-   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan mengenalkan karakter yang akan dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (65 menit)

-   Peserta didik duduk dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 anak.
-   Kelompok mengamati irisan melintang daun, preparat epitel pipi dengan menggunakan mikroskop secara mandiri (dengan sesedikit mungkin bantuan guru).
-   Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk mendiskusikan pengertian jaringan dan macam-macam jaringan pada hewan dan tumbuhan.  mendeskripsikan satu contoh hubungan antara  fungsi masing-masing jaringan dalam mengerjakan tugas kehidupan tertentu (melatihkan kerjasama dalam aktivitas kelompok dan memahamkan konsep kerjasama melalui contoh macam-macam fungsi jaringan dalam satu organ).
-   Guru membimbing jalannya diskusi agar selesai tepat waktu (kedisiplinan).
-   Kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka, kelompok lain memperhatikan dengan seksama dan memberi tanggapan atau pertanyaan dengan santun.
-   Guru memberi penegasan melalui presentasi konsep tentang jaringan pada hewan dan tumbuhan untuk menyamakan presepsi seluruh peserta didik.
-   Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik.

3. Kegiatan Penutup (5 menit)
-   Peserta didik membuat resume hasil diskusi kelas dengan bimbingan guru.
-   Refleksi :  Peserta didik menyimpulkan tentang perlunya keanekaragaman dalam suatu sistem/organisasi karena setiap unsur yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda dan mendukung satu dengan yang lain.
-   Guru menginformasikan agar peserta didik mempelajari konsep organ, sistem organ, dan organisme dan meminta peserta didik untuk membuat 1 pertanyaan tentang konsep tersebut untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya (melatihkan berpikir kritis).
-   Menutup pelajaran  dengan tertib pada waktunya
-   Berdoa.


Ø  Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
-   Berdoa
-   Mengecek kehadiran peserta didik
-   Menanyakan alasan ketidakhadiran peserta didik saat pelajaran hari ini atau yang tidak hadir pada pertemuan sebelumnya.
-   Apersepsi: Peserta didik diminta mendeskripsikan tentang struktur organisasi yang mereka kenal dan/atau ketahui dalam kehidupan sehari-hari.
-   Motivasi:
   Guru menanyakan manfaat untuk mempelajari konsep sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme bagi peserta didik.
   Peserta didik membacakan pertanyaan-pertanyaan yang sudah dibuat di rumah (tugas pertemuan sebelumnya). Guru meminta kesepakatan bersama untuk memilih pertanyaan-pertanyaan yang layak sebagai bahan diskusi pada kegiatan belajar hari ini. (membiasakan berpikir cerdas dan logis)
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (65 menit))
-   Peserta didik berkelompok 4-5 anak.
-   Peserta didik mendapat penjelasan tentang kegiatan pengamatan mengidentifikasi organ tumbuhan yang akan dilakukan sehingga dapat beraktivitas dengan seminimal mungkin mendapat bimbingan dari guru (kemandirian).
-   Kelompok melakukan aktivitas di luar kelas untuk mencari beberapa tanaman dari halaman sekolah . Peserta didik diminta untuk tidak merusak tanaman (kepedulian pada lingkungan).
-   Kelompok mengidentifikasi organ-organ penyusun tanaman tersebut. Secara individual anggota menjelaskan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan organ-organ tersebut berdasarkan pemahaman sendiri (kemandirian).
-   Kelompok mendiskusikan pengertian organ penyusun organisme, sistem organ dan organisme. Secara bergantian anggota kelompok menyampaikan ide sehingga didapatkan kesepakatan bersama tentang konsep yang didiskusikan.
-   Kelompok menyelesaikan diskusi tepat waktu (kedisiplinan).
-   Kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberi tanggapan untuk memperoleh kesepahaman tentang organ, sistem organ dan organisme
(kegiatan diskusi dalam kelompok atau kelas untuk mengembangkan sikap demokratis -  kebebasan berpendapat dan menghargai hak orang lain untuk berpendapat dan kesantunan).
-   Kelompok yang kinerjanya terbaik mendapat penghargaan.
-   Guru melakukan konfirmasi terhadap pertanyaan-pertanyaan yang menjadi kesepakatan untuk didiskusikan dan memberi penegasan melalui presentasi konsep tentang organ dan sistem organ hewan dan tumbuhan untuk menyamakan presepsi seluruh peserta didik.
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
-   Guru bersama Peserta didik membuat kesimpulan.
-   Penilaian tertulis (1x40 menit)
-   Refleksi  :  Peserta didik diminta menjelaskan apa yang telah mereka pelajari hari ini dengan pemahaman mereka sendiri.
-   Berdoa
-   Menutup pelajaran dengan tertib pada waktunya

Pertemuan keempat
Ulangan harian Bab Organisasi Kehidupan

H.     Penilaian 

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen/ Soal
·    Mendefinisikan pengertian sel.
Tes tulis
Tes kinerja
soal PG
Uji petik kerja
LP 6.3A no. 1
LP 6.3B : Menggunakan mikroskop
·    Menjelaskan perbedaan antara organ dan sistem organ
Tes tulis
soal essay
LP 6.3A no.8
·    Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan
Tes tulis
soal PG
LP 6.3A no. 9
·    Mendeskripsikan organel sel dan fungsinya
·    Membuat model sel
Tes tulis

Penugasan
soal PG

Penilaian Proyek
LP 6.3A no. 10

LP 6.3C : Membuat model sel
·    Menyebutkan contoh jaringan pada hewan dan/atau tumbuhan.
Tes tulis
Tes kinerja
soal PG
Uji petik kerja
LP 6.3B : Menggunakan mikroskop
·    Menjelaskan fungsi jaringan tertentu.
Tes tulis
soal PG
LP 6.3A no. 3, 5
·    Mendefinisikan pengertian jaringan, organ, sistem organ, dan organisme
Tes tulis
soal PG
LP 6.3A no. 4, 6
·    Memberi contoh jaringan, organ, sistem organ, dan organisme pada tumbuhan dan hewan.
Tes tulis
soal PG
LP 6.3A no. 7
·    Mengurutkan tingkatan organisasi kehidupan
Tes tulis
soal PG
LP 6.3A no. 2
·    Kedemokratisan, Kedisiplinan, kemandirian.
Observasi
Lembar observasi
LP 6.3D: Penilaian Karakter *)

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama