Facebook SDK

Oleh : I Putu Artaya

10 LANGKAH PENGGUGAH KEHIDUPAN BER-WIRAUSAHA

1. START WITH A DREAM

Setiap orang memiliki cita-cita, impian, atau sekurang-kurangnya harapan untuk meningkatkan kualitas hidupnya sebagai manusia. Hal ini merupakan semacam "intuisi" yang mendorong manusia normal untuk bekerja dan berusaha. "Intuisi" ini berkaitan dengan salah satu potensi kemanusiaan, yakni daya imajinasi kreatif. Tidak ada salahnya kita memulainya dengan impian, asal dengan impian itu kita berusaha keras untuk dapat mewujudkannya.


2. LOVE THE PRODUCTS OR SERVICES

Dalam kegiatan apapun yang kita lakukan, ada 2 (dua) hal yang dapat membuat kita memahaminya dengan baik, yaitu :

  • Enthusiastism (Antusias)
  • Persistence (Keuletan)

Antusias membuat kita selalu berusaha mencari pemecahan masalah dan tidak berhenti mencoba. Keuletan membuat halangan yang ada di depan dapat ditembus walaupun harus melalui proses yang tidak mudah. Kedua hal yang kita lakukan inilah yang akhirnya membuat kita mencintai dan menjiwai bidang usaha yang kita geluti.


3. LEARN THE BASICS OF BUSINESS

Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya.

Pelajaran paling dasar dalam bisnis adalah:

1.Beyond the buy low (tawarkan dengan harga murah)

2.Sell high (menjual lebih banyak)

3.Pay late (membayar belakangan)

4.Collect early (menagih lebih awal)


4. WILLING TO TAKE CALCULATED RISK

Peter F. Drucker, pernah menulis dalam Innovation and Entrepreneurship bahwa, "Setiap orang yang memiliki keberanian untuk mengambil keputusan dapat belajar menjadi wirausaha, dan berperilaku seperti wirausaha. Sebab (atau maka) kewirausahaan lebih merupakan perilaku daripada gejala kepribadian, yang dasarnya terletak pada konsep dan teori, bukan pada intuisi".

Pendapat dari ahli yang lain mengatakan :

The gain that you will able to achieve is directly proportional to the risks taken”

Seorang wirausaha adalah seorang yang selalu mencoba peruntungannya. Resiko merupakan teman hidup bagi seorang wirausaha. Yang terpenting adalah bagaimana ia mampu mengelola resiko itu dengan baik dan terukur.


5. SEEK ADVICE BUT FOLLOW YOUR BELIEF

Mungkin hanya keberanian yang membuat kita memulai sebuah usaha. Tapi ingat, bahwa sebanyak apapun kita berkonsultasi dengan konsultan, bertanya kepada para pakar, belajar dari buku-buku, yang paling penting adalah ikuti kata hati. Naluri dan instuisi bisa menuntun kita kepada arah yang paling logis dari kegiatan yang akan kita lakukan.


6. SALESMANSHIP & CUSTOMER UNDERSTANDING

Jiwa dari wirausaha adalah bagaimana kita mampu menjual barang atau jasa yang kita hasilkan. Sebaik apapun seorang wirausaha, hanya akan dilihat dari berapa banyak ia mampu menjual produk usahanya. Memahami konsumen adalah cara agar produk yang dihasilkan dapat diserap oleh pasar. Kita tidak bisa menjual produk yang menurut kita baik sementara pasar menilai sebaliknya. Jadi, punyai kemampuan menjual dan pahami konsumen anda.


7. WORKING HARD

Orang yang sukses adalah orang selalu mencurahkan seluruh waktunya untuk mengembangkan usahanya. Usaha yang baru memerlukan banyak perhatian dari si pemilik usaha. Kalau perlu kerja 7 hari seminggu, 18 jam per hari. Kerja keras juga harus diseimbangkan dengan kerja cermat. Artinya jangan bekerja keras tetapi hasilnya tidak ada atau tidak memuaskan.


8.MAKE FRIENDS AS MUCH AS POSSIBLE

Teman merupakan langkah awal membangun jaringan. Semakin banyak seorang wirausaha mempunyai teman di mana saja akan memperbesar peluangnya untuk dapat maju dan berkembang. Teman juga dapat menjadi partner yang baik dan solid, karena kita sudah lebih kenal dengan watak dan perilakunya.


9. DEAL WITH FAILURE

Gagal adalah dinamika dari kehidupan. Seorang wirausaha melihat masalah atau kegagalan sebagai peluang untuk memperbaiki dan mencoba kembali gagasan atau ide yang ada bahkan merumuskan peluang yang baru agar hasil yang dicapai dapat lebih maksimal. Wirausaha yang tangguh adalah mereka yang selalu bangkit dari kegagalan, dan menjadikan kegagalan itu sebagai hasil pembelajaran yang membuat mereka lebih teruji di masa depan.


10. JUST DO IT NOW

Langkah terakhir inilah yang merupakan batu loncatan seorang wirausaha. Apakah ide atau gagasan yang ada dalam benak mereka hanya sebatas angan-angan semata atau mereka akhirnya berkeyakinan bahwa peluang untuk mencapai kesuksesan itu telah ada di depan mata.

LAKUKAN SEKARANG JUGA !


TIGA HAL YANG HARUS DIHADAPI

Menurut Poppy King, wirausaha muda dari Australia yang terjun ke bisnis sejak berusia 18 tahun, ada 3 (tiga) hal yang selalu dihadapi seorang wirausaha di bidang apapun, yakni:

  • Obstacle (hambatan)
  • Hardship (kesulitan)
  • Rewarding Life (hasil atau kejayaan)


Menelusuri sejarah pribadi di masa lalu dapat memberikan gambaran mengenai kekuatan dan kelemahan seseorang. Didalamnya terdapat sejumlah pengalaman hidup : hambatan dan kesulitan yang pernah kita hadapi dan bagaimana kita mengatasinya, kegagalan dan keberhasilan, kesenangan dan keperihan, dan lain sebagainya. Namun, karena semuanya sudah berlalu, maka tidak banyak lagi yang dapat dilakukan untuk mengubah semua itu. Kita harus menerimanya dan memberinya makna yang tepat serta meletakkannya dalam suatu perspektif masa kini dan masa depan.


Masa kini menceritakan situasi nyata dimana kita berada, apa yang telah kita miliki, apa yang belum kita miliki, apa yang kita nikmati dan apa yang belum dapat kita nikmati, apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita dan apa yang menjadi hak asasi kita sebagai manusia, dan lain sebagainya. Dengan menyadari keberadaan kita saat ini, kita dapat bersyukur atau mengeluh, kita dapat berpuas diri atau menentukan sasaran berikutnya, dan seterusnya.

Masa depan memberikan harapan, paling tidak demikianlah seharusnya bagi mereka yang beriman berkepercayaan. Bila kita memiliki masa lalu yang tidak menyenangkan, dan masih berada pada situasi dan kondisi yang belum sesuai dengan cita-cita atau impian kita, maka adalah wajar jika kita mengharapkan masa depan yang lebih baik, lebih cerah, lebih menyenangkan. Sebab selama masih ada hari esok, segala kemungkinan masih tetap terbuka lebar (terlepas dari pesimisme atau optimisme mengenai hal itu).

Jelas bahwa masa lalu, masa kini, dan masa depan bertalian langsung dengan daya imajinasi kita. Dan di dalam masa-masa itulah segala hambatan (obstacle), kesulitan (hardship), dan kesenangan atau suka cita (rewarding life) bercampur baur jadi satu. Jika Poppy King mengatakan bahwa ketiga hal itulah yang dihadapi oleh seorang wirausaha dalam bidang apapun, maka bukankah itu berarti bahwa kewirausahaan adalah baik untuk semua orang? Siapakah manusia di muka bumi ini yang tidak pernah menghadapi hambatan dan kesulitan untuk mencapai cita-cita dan impiannya?

KEMAMPUAN  EKSPLORE
KEMAMPUAN  EKSPLORE

BUDAYA BELAJAR
BUDAYA BELAJAR

BUDAYA BELAJAR

  • SALAH : APA KIAT SUKSES ANDA SELAMA INI HINGGA BISA MENJALANKAN BISNIS DENGAN BAIK DAN MAMPU MENGHASILKAN OMZET BESAR ??
  • BENAR : APA YANG ANDA LAKUKAN DI SAAT GAGAL? APA YANG ANDA LAKUKAN DI SAAT MENEMUI HAMBATAN ??

Untuk Bisa Sukses           Mudah
Untuk Bisa Sukses           Mudah



Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan judul blog ini yah, berbagi ilmu, berbagi kebaikan, kunjungi juga otoriv tempat jual aksesoris motor dan mobil lengkap

Lebih baru Lebih lama